Tips Bagi yang Pertama Kali Mengajukan KPR

20 February 2017 09:30:00
Selalu ada yang pertama untuk semua hal, termasuk membeli rumah lewat program KPR rumah. Rasa bimbang dan bingung adalah hal yang wajar untuk dialami dalam situasi ini. Namun jangan biarkan rasa bimbang dan bingung ini berlarut-larut, hingga menghalangi Anda untuk memiliki rumah idaman sendiri. Cari informasi yang lengkap untuk menghapus perasaan tersebut!

Berikut salah satu bentuk bantuan kami, yang berupa tips, agar Anda tak lagi bimbang dan bingung dalam mengajukan KPR rumah untuk kali pertama. 

Ukur kemampuan

Meskipun meringankan proses pembelian rumah, program KPR rumah tidak serta merta membuat Anda dapat membeli rumah dengan lebih murah. Sebaliknya untuk dapat melakukan pembayaran angsuran cicilan tiap bulannya, Anda diharuskan memiliki kemampuan keuangan yang baik dan stabil, yang jika tidak dipenuhi, besar kemungkinan Anda akan kesusahan dalam pembayaran angsuran nantinya.

Oleh karena itu, ukurlah kemampuan keuangan Anda terlebih dahulu sebelum memilih rumah atau rencana angsuran Anda. Pastikan bahwa kemampuan keuangan Anda cukup baik untuk menanggung beban angsuran kredit nantinya.


Simulasi KPR adalah solusi yang dapat Anda pakai untuk membantu mengukur kemampuan Anda. Karena  dengan simulasi ini, Anda dapat mengetahui perkiraan angsuran yang harus Anda bayarkan tiap bulan.Sediakan dana cadangan selama proses kredit

Berhubungan dengan poin sebelumnya, Selama proses pembayaran kredit pun Anda seharusnya tetap memiliki tabungan cadangan atau uang jaga-jaga setiap bulannya. Jangan sampai pemasukan Anda tiap bulannya benar-benar habis karena harus membayar angsuran.

Hal ini penting, karena ketika Anda mengambil KPR dengan suku bunga anuitas, maka besarnya angsuran yang harus Anda bayar bisa berubah-ubah setiap tahunnya, mengikuti suku bunga. Jika selama proses pembayaran angsuran di awal-awal Anda sudah benar-benar mepet dan tidak menyiapkan dana jaga-jaga, maka ketika suku bunga tiba-tiba naik, sudah dapat dipastikan Anda akan kesulitan atau gagal membayarnya nanti.

Oleh karena itu, selalu siapkan dana yang lebih selama proses pembayaran kredit. Sehingga jika suku bunga naik, Anda tetap bisa membayar angsuran Anda. Agar Anda tetap bisa menyiapkan dana yang berlebihberhemat dan ukurlah kemampuan ekonomi Anda!

Lengkapi dokumen resmi Anda

Tidak sedikit masyarakat kita yang masih lalai dalam mengurus dokumen-dokumen resmi dirinya. Ada saja masyarakat kita yang tidak mengurus KK, KTP, slip gaji, NPWP, dan dokumen-dokumen lain secara baik dan benar (terutama NPWP). Jika Anda benar-benar ingin memiliki rumah dengan program KPR rumah, maka semua dokumen resmi Anda harus benar-benar lengkap, sehingga pihak bank dapat yakin untuk mengabulkan pengajuan KPR Anda.

Jangan ragu untuk bertanya

Pada dasarnya, setiap orang tentu punya pertanyaan masing-masing mengenai proses KPR rumah. Dan terkadang, bahkan dengan kemampuan internet yang “serba tahu” pun, pertanyaan Anda tadi tidak bisa terjawab.

Jika Anda memang memiliki pertanyaan yang membuat Anda bimbang dan bingung, maka Anda dapat bertanya langsung dengan orang-orang yang lebih paham. Bahkan bukannya sesuatu yang tidak mungkin bagi Anda untuk langsung berkonsultasi kepada pihak bank, yang hendak Anda ajukan permohonan KPR Anda. Seperti yang disediakan di situs BTN Properti.

Oh iya, jika Anda tidak tahu, sekarang Anda juga sudah bisa mengajukan permohonan KPR secara online, sehingga prosesnya pengajuannya menjadi sangatlah mudah.
Tags

Artikel Terkait

Tips Bagi yang Pertama Kali Mengajukan KPR

Selalu ada yang pertama untuk semua hal, termasuk membeli rumah lewat program KPR rumah. Rasa bimbang dan bingung adalah hal yang wajar untuk dialami dalam situasi ini. Namun jangan biarkan rasa bimbang dan bingung ini berlarut-larut, hingga menghalangi Anda untuk memiliki rumah idaman sendiri. Cari informasi yang lengkap untuk menghapus perasaan tersebut!Berikut salah satu bentuk bantuan kami, yang berupa tips, agar Anda tak lagi bimbang dan bingung dalam mengajukan KPR rumah untuk kali pertama. Ukur kemampuanMeskipun meringankan proses pembelian rumah, program KPR rumah tidak serta merta membuat Anda dapat membeli rumah dengan lebih murah. Sebaliknya untuk dapat melakukan pembayaran angsuran cicilan tiap bulannya, Anda diharuskan memiliki kemampuan keuangan yang baik dan stabil, yang jika tidak dipenuhi, besar kemungkinan Anda akan kesusahan dalam pembayaran angsuran nantinya.Oleh karena itu, ukurlah kemampuan keuangan Anda terlebih dahulu sebelum memilih rumah atau rencana angsuran Anda. Pastikan bahwa kemampuan keuangan Anda cukup baik untuk menanggung beban angsuran