Spinner Icon

Tips Cari Rumah Murah di Pameran Properti

Author Image
Info Terbaru · 20 Februari 2017
Bagi Anda yang sedang bingung mencari rumah dengan harga yang terjangkau, mungkin Anda dapat mengunjungi Indonesia Property Expo (IPEX 2017), dan menemukan sebuah rumah yang cocok untuk Anda, dan tentu saja memilikinya lewat program KPR rumah.
Untuk menemukan rumah murah impian Anda, berikut beberapa tips dari kami.


Giat menelusuri pameran


Untuk menemukan rumah yang cocok untuk Anda di pameran properti, tentunya Anda pun harus giat mencarinya. Anda harus mau menelusuri booth demi booth, dan melawan keramaian di pameran properti tadi, hingga menemukan pengembang yang menawarkan rumah dengan harga terjangkau.
Biasanya pengembang-pengembang yang menawarkan produk rumah terjangkau akan memiliki booth yang berada di area yang jauh dari akses masuk dan keluar. Biasanya juga, booth yang menawarkan rumah berharga terjangkau juga akan memiliki booth yang kurang menarik.


Menyedihkan memang, namun begitulah keadaan nyatanya ketika Anda berkunjung ke sebuah pameran properti. 


Namun jangan salah, meskipun sulit ditemukan, meskipun berada di area yang kurang menarik, booth dan produk rumah yang mereka tawarkan bisa jadi merupakan sebuah mutiara terpendam, yang sangat baik untuk Anda.


Jangan terbuai iklan brosur


Namanya iklan, pasti akan dibuat semenarik mungkin. Oleh karena itu, jangan mudah terbuai dan percaya oleh iklan tersebut, karena bisa saja walaupun sangat menggiurkan di brosur, produk nyatanya ternyata mahal dan dan kualitasnya mengecewakan. 


Agar terhindar dari keadaan ini, Anda harus cermat menggali informasi mengenai rumah yang ditawarkan dengan bertanya kepada pihak pengembang. Kalau perlu, tak ada salahnya Anda langsung berkunjung ke lokasi rumah yang ditawarkan, agar Anda dapat menilai secara langsung, apakah rumah tersebut tepat untuk Anda.


Jangan terbuai dengan “DP 0%


KPR rumah dengan DP 0%? Siapa yang tak tertarik dengan istilah ini, apalagi jika Anda hendak mencari rumah dengan dana yang minim. Namun pada kenyataannya, Anda sebaiknya tak mudah terpengaruh akan janji ini. Karena selain sulit untuk dipercaya, seandainya pun terbukti pihak pengembang benar-benar berani dan tepercaya dapat memberikan Anda kesempatan memiliki rumah tanpa uang muka, maka hal ini hanya akan memberatkan Anda untuk jangka waktu panjang ke depannya.


Karena tanpa uang muka, maka besar kredit yang Anda pinjam juga akan semakin besar pula. Semakin besar jumlah pinjaman, maka semakin besar pula bunga yang harus Anda bayar, sehingga pada akhirnya total uang yang akan Anda keluarkan menjadi semakin menggunung.


Pikirkan dengan matang


Pada akhirnya memiliki sebuah tempat hunian di zaman sekarang bukan hanya sekedar rumahnya berharga murah. Ada banyak hal lain yang layak dipertimbangkan. Misalnya lokasi, Anda harus mempertimbangkan apakah jaraknya cukup dekat dengan tempat kerja Anda, jangan karena hendak memiliki rumah murah, Anda akhirnya memilih rumah di lokasi antah berantah, yang ongkos transportasi ke tempat kerja Anda saja menghabiskan uang yang terlalu banyak.


Anda juga harus mempertimbangkan keadaan kawasan rumah tadi. Sebaiknya Anda tidak mengambil rumah murah, yang membuat Anda harus mengungsi setiap tahunnya karena masalah banjir. Anda harus berpikir lebih luas lagi, karena rumah di kawasan yang rawan banjir, maka akan membutuhkan biaya perawatan yang tak sedikit pula ke depannya.


Bukan hanya keadaan alam, Anda juga sebaiknya memperhatikan keadaan sosial kawasan rumah tadi. Cari tahu apakah rumah tadi aman dan baik untuk keluarga Anda. Terutama bagi si kecil, carilah rumah dengan kawasan yang baik untuk tumbuh kembangnya.
Pada akhirnya, pikirkanlah dengan matang sebelum mengambil rumah yang dilabeli dengan harga murah, bila Anda tak mau buntung nantinya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua