Spinner Icon

Tips Hemat Listrik Supaya Bisa DP KPR Gaeesss

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 6 September 2021
Table of Contents:

Secara tidak disadari, terkadang tagihan listrik bulanan di rumahmu tiba-tiba melonjak tinggi. Semenjak saat itu, kamu sadar untuk perlu berhemat dalam menggunakan daya listrik. Menurut Kata Data, konsumsi listrik di sektor rumah tangga terus meningkat ketika pemberlakuan Work From Home (WFH).

Kebanyakan orang ketika berada di rumah pasti menggunakan alat-alat elektronik, untuk bekerja atau sekedar mencari hiburan. Tidak disadari, banyak hal-hal kecil yang menyebabkan meningkatnya tagihan listrik dan tidak sadar sering kamu lakukan. Berikut beberapa tips untuk menghemat listrik yang harus kamu biasakan mulai dari sekarang.

Maksimalkan Fungsi Jendela dan Ventilasi untuk Lebih Hemat Listrik


(Foto oleh Fransesca Tosolini dari Unsplash)

Setiap bagian dari rumah yang sehat, berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya masing-masing. Fungsi jendela dan ventilasi adalah sebagai jalur pergantian udara di dalam ruangan. Ketika merencanakan pembangunan atau pembelian rumah, kamu harus mempertimbangkan hal ini. 

Kamu bisa memaksimalkan fungsi jendela dan ventilasi, sehingga lebih hemat listrik. Di siang hari, kamu tidak akan memerlukan penerangan tambahan, karena cahaya matahari dapat masuk melalui jendela. Jendela juga akan membuat rumahmu terasa lebih segar dengan masuknya udara dari luar ruangan. Jadi, kamu bisa lebih menghemat penggunaan lampu dan pendingin ruangan. 

Oleh karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis, cahaya matahari akan terasa lebih panas dibandingkan dengan negara bagian lain. Jadi, kalau kamu tetap menginginkan rumah dengan ukuran jendela yang cukup besar, kamu harus memiliki banyak tumbuhan di sekitar rumahmu untuk meredam teriknya matahari.


Hemat Listrik dengan Menggunakan Perangkat Hemat Energi 


(Foto oleh Mac Vakhbovych dari Pexel)

Kebanyakan perusahaan teknologi kini juga berfokus pada dampak global terkait dengan penggunaan energi. Banyak produsen sudah memperbarui produknya menjadi lebih hemat energi. Kamu bisa mengalihkan perangkat rumahmu menjadi perangkat hemat energi, sehingga konsumsi daya listrik yang digunakan dapat berkurang. Contohnya, kamu bisa menggunakan lampu LED dengan sensor suhu pada toilet di rumahmu. Pemilihan lampu ini akan membantumu lebih hemat listrik, kalau kamu biasa lupa mematikan listrik di malam hari usai menggunakannya.


Hemat Listrik dengan Mencabut Stop Kontak Barang Elektronik yang Tak Terpakai


(Foto oleh Clint Patterson dari Unsplash)

Biasakan untuk mematikan alat elektronik yang tidak digunakan. Terkadang, contoh sederhana seperti tidak mematikan televisi karena ketiduran atau lupa mengurangi konsumsi lampu di malam hari merupakan sesuatu yang tak terhindarkan. Meskipun daya yang dikonsumsi tidak banyak, tetapi kalau dibiarkan terus menerus secara tidak disadari dapat menambah tagihan listrik di rumah meningkat. 

Mungkin sebagian dari kamu terbiasa tidak mencabut kabel pengisi daya atau perangkat elektronik lain dari stop kontak ketika tidak digunakan. Kebiasaan ini juga dapat menambah tagihan listrik bulanan. Jadi, jangan lakukan kebiasaan ini lagi supaya kamu tidak membuang daya listrik dengan percuma. 




Referensi:


https://katadata.co.id/febrinaiskana/berita/5f3b8cc71d23c/kenaikan-konsumsi-listrik-didominasi-rumah-tangga-industri-turun


https://money.kompas.com/read/2021/08/06/135315226/9-cara-menghemat-listrik-di-rumah-agar-tagihan-tidak-membengkak?page=all


https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-menghemat-listrik-yang-perlu-anda-ketahui


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua