(0)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki keluarga besar, menyediakan ruang keluarga yang luas agar semua orang merasa nyaman mungkin bukan perkara mudah.

Anda harus pintar-pintar memilih perabotan hingga menata seisi ruangan agar tidak terasa penuh dan sesak.

Mendekorasi ruang keluarga modern untuk banyak orang yang berukuran besar, bisa jadi sama sulitnya dengan mendekorasi ruangan kecil.

Namun, siapa yang tidak senang dengan ruangan yang luas?

Saat berhadapan dengan ruang kumpul keluarga yang berukuran luas, Anda mungkin akan merasa sedikit kebingungan menatanya.

Akan tetapi, menata ruangan yang besar bisa jadi jauh lebih menyenangkan karena kita punya tempat lebih untuk berkreasi. Yuk, simak tips dari Arsitag berikut ini:

Perabotan untuk Ruang Keluarga Berukuran Besar

Memilih Perabotan yang Tepat untuk Ruang Keluarga Besarwww.kelleynan.com Memilih Perabotan yang Tepat untuk Ruang Keluarga Besar Ketika mendekorasi sebuah ruangan besar, ada baiknya Anda menata perabotan untuk menciptakan ruang individu, namun tetap selaras.

Contohnya, ketika Anda menginginkan tempat mengobrol, tempat menonton TV, sekaligus tempat membaca atau bermain game. Pastikan semua perabotannya senada dan memiliki alur yang cocok.

Pertimbangkan juga skala ruangan sebelum menentukan perabotan. Jika langit-langit rumah rendah, pilihlah perabotan pendek untuk memberikan kesan tinggi.

Jika ruangan Anda memiliki langit-langit tinggi, perabotan yang terlalu rendah mungkin justru membuatnya ‘hilang’.

Jangan meletakkan semua perabotan langsung menempel ke dinding. Letakkan perabotan dalam jarak satu meter satu sama lain untuk menciptakan area hangat yang nyaman.

Alih-alih menggunakan sofa besar yang berat, Anda bisa memilih kursi empuk tunggal yang mudah dipindahkan.

Desain Dekorasi untuk Ruangan Besar

Dekorasi Ruang Keluarga Besar karya Lex and ArchitectsAXL Dekorasi Ruang Keluarga Besar karya Lex and Architects Hanya karena ruangan luas, bukan berarti Anda bisa memasukkan benda apa pun sesuka hati. Setiap elemen dalam ruangan besar sangat penting dan harus mampu meningkatkan kenyamanan dan keindahan di dalam ruangan.

Untuk menghindari kekacauan, pilihlah elemen yang besar untuk dekorasi Anda seperti lukisan atau sebuah karya seni di sudut ruangan.

Jika Anda punya koleksi benda-benda kecil yang ingin dipajang di ruang keluarga, cobalah untuk menatanya secara berkelompok. Hal ini untuk mencegah dekorasi menjadi ‘hilang’ di tengah luasnya ruang keluarga Anda.

Gunakan dekorasi untuk memisahkan tiap zona di ruang keluarga. Misalnya memasang karpet empuk sebagai area bersantai atau memisahkan tempat baca dengan sebuah rak buku.

Warna dan Pola dalam Desain Ruangan Luas

Memilih Warna dan Pola untuk Ruang Keluarga Besar yang Nyamanwww.hasbook.com Memilih Warna dan Pola untuk Ruang Keluarga Besar yang Nyaman Sama seperti pada ruangan kecil, warna yang terlalu banyak di ruangan besar juga bisa sangat mengganggu.

Usahakan menggunakan warna dasar untuk perabotan dengan beberapa aksen kecil agar ruangan yang luas tetap terasa nyaman, namun tampak lebih hidup.

Dalam ruangan yang besar, warna gelap dan kalem dapat menambahkan perasaan nyaman, sedangkan warna-warna cerah dan berani saat dikombinasikan dengan warna-warna netral akan memberikan kesan hangat.

Pilih warna putih, krem, atau netral hangat seperti abu-abu sebagai warna utama, lalu seimbangkan dengan nuansa cerah dan nada lebih sejuk untuk menciptakan efek keseluruhan yang hangat, namun hidup.

Jika Anda menginginkan corak di dalamnya, cobalah untuk memadukan beberapa jenis pola yang cocok satu sama lain.

Contohnya, memadukan corak kotak-kotak kecil dengan corak bunga besar dan tambahkan tekstur lain seperti sesuatu yang solid dan berkilau. Ini akan menciptakan kontras yang bagus ke seluruh ruangan.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 22 Juli 2019
Ini Solusinya Jika Ingin Membeli Rumah Murah!
(images from : MoneyChraser)Rumah adalah aset impian yang semua orang ingin memilikinya. Bisa dibilang hidup lebih terjamin jika sudah memiliki rumah sendiri. Kenapa bisa seperti itu? Karena rumah bisa digunakan sebagai bentuk investasi atau digunakan sebagai lahan bisnis lainnya seperti kontrak rumah, tempat berjualan, tempat les, dan lain sebagainya. MeskipunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 Juli 2019
Bosan Dengan Gaya Rumahmu? Cobalah Dekorasi Rumah Instagramable Ini!
Zaman sekarang internet dan media sosial merupakan akses utama bagi seseorang untuk mencari sesuatu, membagikan cerita, dan menggunggah foto-foto yang diambil setiap harinya. Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial sangat berpengaruh besar di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yang paling diminati saat ini adalah Instagram. Hampir seluruh manusia di dunia iniBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 Juli 2019
Rumah Kolonial Elegan Berlanggam Klasik Kontemporer
KOMPAS.com - Melewati masa penjajahan yang sangat panjang, masyarakat Indonesia telah terpengaruh warisan kolonial Belanda.Tidak hanya makanan, arsitektur menjadi salah satu bagian yang masih bisa kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari hingga kini.Rumah klasik tradisional Belanda yang khas dan unik membuat banyak orang ingin menerapkan desainnya untuk rumah pribadi.Ciri khas yang paling mudah ditemukan padaBaca Selengkapnya