Spinner Icon

Wow! Desain Rumah Panggung Ini Ternyata Cocok untuk Menghindari Banjir!

Author Image
Info Terbaru · 27 Juli 2019

(image from : pinimg)

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau mendesain rumah, banyak hal yang perlu dilakukan. Selain memperhatikan kembali budget atau perencanaan keuangan untuk ke depannya, memutuskan mengasuransikan serta proteksi rumah juga sangat penting. Sebagai manusia, kita tidak bisa mengetahui kapan datangnya bencana atau kecelakaan terjadi. 

Hal tersebut di luar dari kemampuan kita sebagai manusia. Nah, ada pepatah yang mengatakan, “sedia payung sebelum hujan”, pepatah tersebut sepertinya cocok disematkan untuk kamu yang berencana memiliki rumah yang aman dari bencana. Apalagi sekarang ini cuaca tidak menentu bahkan hujan bisa turun tiba-tiba, kalau hujannya deras dan tidak berhenti bisa saja airnya masuk dan masuk ke dalam rumah kamu. Tentunya siapapun tidak ada yang mau mengalami hal tersebut iya kanNah, untuk mengantisipasi bencana seperti banjir, berikut tips desain rumah anti banjir yang bisa kamu tiru.


Rumah Panggung Agar Terhindar dari Genangan Air Saat Banjir


(image from: pinimg)

Berbicara mengenai rumah panggung, pasti kamu sudah familiar dong dengan bentuk rumah yang satu ini. Yap, rumah panggung ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, bahkan di Indonesia yang terkenal akan berbaai macam budaya juga memiliki rumah adat yang berbentuk panggung. Rumah panggung ini dapat kamu jumpai di daerah-daerah seperti Sumatra, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Menurut sejarahnya, rumah adat panggung ini memiliki tujuan agar terhindar dari binatang buas dan bencana alam seperti banjir atau gempa bumi, sekaligus menjadi tempat untuk meletakkan hasil panen. Dan ada pula rumah panggung yang dibangun di pesisir pantai bertujuan untuk menghindari ombak yg datang. Desain rumah panggung ini bisa jadi salah satu inspirasi untuk terhindar dari bahaya banjir. 


Rumah Panggung yang Kokoh Terbuat dari Semen dan Beton


(image from: JorgeFontan)

Selain desain rumah panggung seperti rumah adat di beberapa wilayah Indonesia, kamu juga dapat mengubah rumahmu menjadi rumah panggung yang modern. Dengan berbahan dasar semen dan beton, tentunya akan menjadikan rumahmu lebih kokoh dan kuat. Halaman atau ruang kosong di bawah rumahmu juga dapat dijadikan garasi atau tempat bermain anak. Ketika banjir datang, otomatis ruang kosong tersebut akan terisi air dan kamu tidak perlu repot-repot mengangkut barang-barang ke ruang atas. Praktis bukan?


Rumah Panggung Minimalis


(image from: nonagon)

Mau memiliki rumah panggung dengan kesan minimalis yang cantik? Desain rumah panggung di atas sepertinya cocok untuk kamu yang nggak mau repot untuk angkut barang-barang ke lantai atas ketika banjir datang. Ruangan kosong di bawah bisa kamu jadikan halaman tempat bersantai bersama keluarga. Jika banjir datang, kamu bisa menempati ruangan atas hingga air di ruangan bawah surut.


Rumah Panggung Mewah


(image from: InsinyurBangunan)

Di era modern seperi sekarang ini, hampir semua orang menginginkan desain rumah yang besar, mewah, dan terlihat elegan. Namun nggak ada salahnya untuk memberikan sentuhan unik pada rumah mewah seperti pada gambar di atas. Rumah tersebut berbahan dasar kayu, beton dan juga semen. Lantai atas dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai dengan balkon yang terbuat dari kayu pilihan yang jelas terjaga kualitasnya. Ketika banjir datang, lantai atas dapat menjadi tempat berlindung yang aman.

Itulah beberapa desain rumah yang bisa kamu coba agar bisa terhindar dari masalah banjir. Meskipun begitu, semoga saja bencana alam tidak menimpa kita semua ya! Karena itu marilah kita sepakat untuk menjaga lingkungan dan alam di sekitar kita. Mulailah dari cara yang paling mudah dan sederhana yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Setuju?



 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua