Frequently Asked Questions (FAQ)

Jika Anda ingin menyampaikan pertanyaan, usulan, dan pertanyaan lainnya, silakan mengisi form di bawah ini dan Customer Service kami akan segera menindaklanjuti. Atau Anda dapat menghubungi Contact Center kami di 1500286.



  1. Terkait developer / pengembang :
( T ) = Tanya ; ( J ) = Jawab
1.
( T )
:
Apakah jenis pengguna (user) yang dapat mengakses website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User yang dapat mengakses website BTNPROPERTI adalah user secara umum termasuk pengembang yang belum bekerjasama dengan BTN, user debitur atau nasabah BTN, pengembang yang kerjasama (PKS) dengan BTN, admin Kantor Cabang dan admin Kantor Pusat.
 
 
 
 
2.
( T )
:
Apakah persyaratan pengembang yang akan menampilkan unit rumahnya pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang yang dapat menampilkan unit rumahnya pada website BTNPROPERTI adalah pengembang yang telah bekerjasama (PKS) dengan Bank BTN.
 
 
 
 
3.
( T )
:
Apakah pengembang yang belum bekerjasama dengan BTN dapat menampilkan unit rumahnya pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang yang belum bekerjasama (PKS) dengan BTN tidak dapat menampilkan unit rumahnya pada website BTNPROPERTI dan pengembang tersebut dapat mengajukan kerjasama dengan BTN melalui website BTNPROPERTI atau melalui tahapan pada umumnya yaitu menghubungi Kantor Cabang BTN untuk pengajuan kerjasama.
 
 
 
 
4.
( T )
:
Bagaimana tahapan awal pengembang yang bekerjasama dengan BTN saat akan akses (Login) pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Untuk mengakses menu khusus pengembang pada website BTNPROPERTI, pengembang terlebih dahulu wajib menghubungi Kantor Cabang (dengan PIC.LA, RM, atau LA ) untuk informasi Developer ID ybs. Hal ini disebabkan saat pengembang Login pada website BTNPROPERTI, sistem/aplikasi mengenali pengembang tersebut berdasarkan Developer ID dari pengembang yang bersangkutan. 
 
 
 
 
5.
( T )
:
Bagaimana sistem/aplikasi pada website BTNPROPERTI dapat mengenali bahwa pengembang bekerjasama dengan Kantor Cabang BTN tertentu ?
 
( J )
:
Website BTNPROPERTI mengenali pengembang yang bekerjasama dengan Kantor Cabang berdasarkan pada Developer ID dan Proper ID pengembang ybs. Dengan demikian pengembang di satu Kantor Cabang memiliki 1 (satu) Developer ID dan 1 (satu) Proper ID untuk membedakan pengembang yang bekerjasama dengan Kantor Cabang lainnya.
 
Apabila terdapat Proper ID yang berbeda pada lebih dari satu Kantor Cabang, maka aplikasi permohonan yang masuk ke iLoan Kantor Cabang yaitu berdasarkan pada data stok unit pengembang khususnya kolom Proper ID dan Kode Cabang pada stok unit rumah yang di-upload di website BTNPROPERTI (Upload File Properti.xls).
 
 
 
 
6.
( T )
:
Apakah pengembang umum (yang tidak bekerjasama dengan BTN) saat mengakses website BTNPROPERTI perlu dilakukan Login terlebih dahulu ?
 
( J )
:
Pengguna (user) dalam mengakses website BTNPROPERTI ditentukan kewenangannya berdasarkan parameter pada sistem. Pengembang umum dapat dikategorikan sebagai user pada umumnya yang dapat mengakses menu umum pada website BTNPROPERTI seperti menu pencarian unit rumah, konsultasi, interaksi, komunikasi dan sebagainya tanpa diwajibkan menginput User ID atau Login terlebih dahulu.
 
Dengan demikian yang membedakan pengembang yang bekerjasama dengan BTN adalah menu-menu khusus bagi pengembang BTN antara lain menu pemantauan unit stok rumah, update data stok, pemantauan pembayaran dan sebagainya. 
 
 
 
 
7.
( T )
:
Bagaimana mekanisme pengembang saat akan mengakses (Login) pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Untuk pengembang yang akan memonitor unit stok rumah, update unit stok dan sebagainya diwajibkan melakukan Login terlebih dahulu dengan menggunakan User ID yaitu kode developer (Developer ID) pengembang yang bersangkutan.
 
Secara default, password di-set sama dengan kode developer (Developer ID) dan dapat dilakukan perubahan password setelah Login berhasil dilakukan. 
 
 
 
 
8.
( T )
:
Bagaimana tahapan pengembang saat melakukan penambahan data unit stok rumah pada suatu proyek perumahan (proper) pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Untuk mengakses menu penambahan data unit stok rumah, pengembang diwajibkan Login terlebih dahulu pada website BTNPROPERTI.
Setelah Login berhasil, pengembang dapat memilih metode penambahan unit stok rumah, antara lain :
  1. Melakukan input unit stok rumah satu per satu.
  2. Melakukan upload unit stok rumah secara kolektif dengan mengisi form excel – upload file properti.xls.
 
Data yang telah di-upload maupun telah diinput oleh pengembang harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu oleh admin Kantor Cabang. Dalam hal ini admin Kantor Cabang adalah Loan Administration atau PIC.lain yang diberi tanggung jawab oleh BM Kantor Cabang sebagai verifikator unit stok rumah pengembang pada website BTNPROPERTI.
 
Kantor Cabang pemroses (Kantor Cabang yang PKS dengan pengembang) diinput pada excel - upload file properti - kolom Kantor Cabang (Lihat cara pengisian data upload file properti.xls).
 
Pengembang dapat melihat status verifikasi unit rumah yang telah di-upload / di-input pada website BTNPROPERTI. Data unit stok rumah otomatis tercantum (publish) pada website BTNPROPERTI dan tercantum pada iLoan – Management Stock apabila telah di-verifikasi oleh Admin Kantor Cabang. 
 
 
 
 
9.
( T )
:
Bagaimana tahapan pengembang saat melakukan pengkinian (update) data unit stok rumah pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang wajib melakukan pengkinian (update) status data unit stok rumahnya pada website BTNPROPERTI apabila terjadi kondisi-kondisi sebagai berikut :
  1. Unit stok rumah tersebut terjual kepada konsumen baik melalui pembayaran tunai, tunai bertahap atau diproses oleh Bank lain.
  2. Unit stok rumah tersebut tidak pada kondisi siap dijual / diproses oleh Bank BTN.
 
 
Untuk mengakses menu pengkinian (update) data, pengembang wajib melakukan Login terlebih dahulu pada website BTNPROPERTI dan mengisi deskripsi / penjelasan maksud dari pengkinian data yang dilakukan.
 
Pengkinian data oleh pengembang wajib dilakukan apabila telah terjadi kondisi tersebut di atas. Hal ini juga dicantumkan dalam Syarat dan Ketentuan (terms and conditions) pada website BTNPROPERTI dan pada email konfirmasi saat pengembang melakukan registrasi / login pertama kali.
 
 
 
 
10.
( T )
:
Apakah pengembang dapat mengetahui konsumen yang tertarik dengan unit rumahnya dan apakah konsumen dapat berhubungan dengan pengembang dalam website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang dapat memonitor jumlah user yang melihat unit stok rumah yang dicantumkan pada website BTNPROPERTI. Adapun data user yang hanya melihat-lihat unit rumah tidak terinput dalam database dan hal ini dikelola oleh Web Content Development BTNPROPERTI dalam rangka penerapan strategi digital marketing yang dilakukan khususnya pemantauan lalu lintas pengunjung (traffic) pada website BTNPROPERTI.
 
User yang berminat serius terhadap unit rumah pada website BTNPROPERTI ditandai melalui pengisian form aplikasi permohonan yang lengkap dan transaksi pembayaran unit rumah (booking).
 
Tahap selanjutnya apabila user memilih ‘KIRIM’ atau ‘SUBMIT’ setelah pengisian form aplikasi permohonan selesai, maka sesuai parameter yang di-set pada website BTNPROPERTI, user dapat menerima surat persetujuan prinsip (pre-approval).
Data yang diinput oleh user selanjutnya terkirim ke aplikasi iLoan Kantor Cabang – Menu Initial Data Entry (IDE) Prospect – Pending Application pada user Consumer Loan Marketing (CLM) atau Consumer Loan Service (CLS) dengan channel website BTNPROPERTI.
 
Dengan demikian data-data peminat rumah dari website BTNPROPERTI dapat dikoordinasikan antara pengembang dengan CLM atau CLS Kantor Cabang.
 
Adapun data pengembang (nama, alamat, telp, contact person dan email) tercantum pada website BTNPROPERTI pada menu info pengembang sehingga apabila user ingin berkomunikasi langsung dengan pengembang, maka user dapat menghubungi pengembang berdasarkan data yang tercantum dalam menu detail pengembang.
 
 
 
 
11.
( T )
:
Apakah pengembang dapat melakukan pengkinian (update) data profil pengembang ? Misal terjadi perubahan nama contact person, telepon, alamat dan sebagainya ?
 
( J )
:
Pengembang dapat melakukan pengkinian (update) data profil pengembang melalui menu pemeliharaan (maintenance) pada website BTNPROPERTI dan untuk mengakses menu tersebut maka diperlukan Login terlebih dahulu.
 
 
 
 
12.
( T )
:
Apakah pengembang dapat melakukan pengkinian (update) data unit rumah pada website BTNPROPERTI ? Seperti terjadi perubahan harga dan sebagainya ?
 
( J )
:
Pengembang dapat melakukan pengkinian (update) data unit rumah pada website BTNPROPERTI melalui menu data maintenance dan perubahan tersebut memerlukan verifikasi oleh Admin Kantor Cabang (Loan Administration). Dengan demikian apabila pengembang melakukan perubahan data unit rumah, maka setelah dilakukan perubahan diwajibkan menghubungi Admin Kantor Cabang sehingga perubahan yang dilakukan dapat tercantum (publish) pada website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
13.
( T )
:
Apabila pengguna (user) berminat terhadap unit rumah pengembang, apakah ada pemberitahuan bagi pengembang yang bersangkutan ?
 
( J )
:
User yang berminat terhadap unit rumah pengembang dapat melakukan pemesanan (booking) pada website BTNPROPERTI.
 
Untuk meminimalisir user yang coba-coba dalam melakukan pemesanan unit rumah, maka user diwajibkan mengisi form aplikasi permohonan kredit yang diinput dalam 4 (empat) langkah mudah pada website BTNPROPERTI.
 
Setelah user mengisi form aplikasi permohonan kredit dan memilih ‘KIRIM’ atau submit, user secara otomatis melakukan pemesanan unit rumah dan selanjutnya user diberikan pilihan jenis pembayaran dalam pemesanan unit rumah antara lain :
  1. Pembayaran melalui Internet Banking Individual user ke rekening virtual account pengembang (apabila user merupakan nasabah BTN dan memiliki ID Internet Banking Individual).
  2. Pembayaran melalui media lainnya, seperti melalui ATM, Transfer Bank Lain, dsb (apabila user bukan nasabah BTN atau tidak memiliki ID Internet Banking Individual BTN).
 
Selanjutnya BTNPROPERTI menampilkan menu pemberitahuan bahwa user diwajibkan melakukan pembayaran selambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari ke rekening pengembang dan user diwajibkan untuk menghubungi pengembang yang bersangkutan apabila pembayaran telah dilakukan.
 
Batas waktu 3 (tiga) hari tersebut di atas dapat berubah sesuai kebijakan Bank BTN dan apabila terjadi perubahan, maka Admin Kantor Pusat akan mencantumkannya pada syarat dan ketentuan website BTNPROPERTI serta setting dalam email sistem.
 
Dengan demikian apabila dalam waktu 3 (tiga) hari user tidak melakukan pembayaran, maka unit stok rumah yang sudah dipesan sebelumnya, statusnya kembali tersedia (available).
 
Adapun data yang diinput oleh user selanjutnya akan terkirim ke aplikasi iLoan Kantor Cabang – Menu Initial Data Entry (IDE) Prospect – Pending Application pada user Consumer Loan Marketing (CLM) atau Consumer Loan Service (CLS) dengan channel website BTNPROPERTI. Dengan demikian data-data peminat rumah dari website BTNPROPERTI dapat dikoordinasikan dengan CLM atau CLS Kantor Cabang.
 
 
 
 
14.
( T )
:
Bagaimana mekanisme apabila pengembang lupa dengan User ID atau password saat akan Login pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang yang lupa User ID dan password untuk Login pada website BTNPROPERTI dapat menghubungi Admin Kantor Cabang atau Admin Kantor Pusat untuk meminta kembali User ID (Developer ID) ybs.
 
Selanjutnya Admin Kantor Cabang atau Admin Kantor Pusat melakukan verifikasi kepada pengembang antara lain konfirmasi no.rekening pengembang di BTN. 
 
Apabila telah sesuai, selanjutnya Admin Kantor Cabang atau Admin Kantor Pusat me-reset password pengembang ybs dan pengembang dapat Login dengan User ID (Developer ID) yang disampaikan dengan password default sama dengan User ID
 
Selanjutnya perubahan password dapat dilakukan setelah Login berhasil pada website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
15.
( T )
:
Apakah pengembang dapat mencantumkan iklan pada website BTNPROPERTI dan bagaimana mekanismenya ?
 
( J )
:
Pada saat masa percobaan website BTNPROPERTI, pengembang belum dapat mencantumkan iklan untuk lokasi perumahannya. Selanjutnya sesuai dengan keputusan Manajemen Bank BTN, Admin Kantor Pusat akan menyampaikan pemberitahuan kepada KC dan pengembang bahwa pengembang mulai dapat mencantumkan iklan/banner pada website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
16.
( T )
:
Apakah pengembang dapat berkomunikasi dengan Admin BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang dapat berinteraksi dengan Admin BTNPROPERTI melalui fasilitas email atau melakukan komunikasi melalui layanan customer service chatdan sosial media (twitter, facebook) pada website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
17.
( T )
:
Apakah pengembang yang memutuskan kerjasama dengan BTN tetap dapat mencantumkan unit rumahnya pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengembang yang telah memutuskan kerjasama dengan BTN secara otomatis tidak dapat mencantumkan unit rumahnya disebabkan Developer ID pengembang yang bersangkutan telah tidak aktif pada sistem.
 
 
 
 
18.
( T )
:
Apakah pengembang yang memutuskan kerjasama dengan BTN perlu dilakukan update pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Apabila menurut manajemen Kantor Cabang pengembang tidak dapat melanjutkan kerjasama dengan BTN, maka Admin Kantor Cabang (Loan Administration) wajib melakukan update data pengembang pada website BTNPROPERTI.
 
Update data yang dilakukan adalah menandai (flag) pengembang ybs pada tabel pengembang menjadi tidak aktif (inactive). Update data ini memerlukan approval oleh Loan Administration Head dan apabila disetujui maka pengembang tersebut tidak aktif atau tidak tercantum pada website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
19.
( T )
:
Bagaimana alur proses dokumen pendukung dalam permohonan aplikasi kredit yang telah dikirim oleh user atas unit rumah pengembang pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User yang mengajukan permohonan aplikasi kredit pada website BTNPROPERTI (user telah mengisi lengkap form aplikasi permohonan), saat pengisian form terakhir (langkah 4), user ditawarkan untuk menyampaikan dokumen pendukung (default dokumen antara lain Data Identitas / KTP yang masih berlaku dan Dokumen Penghasilan) melalui metode sebagai berikut :
  1. User melakukan upload file hasil scan dokumen pendukung tersebut (identitas dan dokumen penghasilan) pada website BTNPROPERTI. Hal ini apabila user memiliki perangkat scanner.
  2. User memilih dokumen pendukung dikirimkan ke BTN. Hal ini apabila user tidak memiliki perangkat scanner dan mengirimkan dokumen secara manual (dokumen dalam bentuk fisik / copy).
 
Selanjutnya apabila user yang memilih dokumen dikirim ke BTN, maka website BTNPROPERTI secara otomatis mengirimkan email kepada Consumer Loan Marketing, RM atau Consumer Loan Service Kantor Cabang dimana pengembang tersebut bekerjasama.
 
Email dari website BTNPROPERTI juga terkirim ke pengembang dan selanjutnya CLM, RM dan CLS Kantor Cabang dapat berkoordinasi dengan pengembang untuk menghubungi user dan mengambil dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengajuan aplikasi kredit.
 
 
 
 
20.
( T )
:
Bagaimana alur proses selanjutnya setelah permohonan aplikasi kredit dikirim oleh user pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Alur proses selanjutnya setelah user mengirimkan permohonan aplikasi kredit pada website BTNPROPERTI adalah sebagai berikut :
  1. Aplikasi permohonan user masuk pada aplikasi iLoan Consumer Kantor Cabang dimana pengembang melakukan kerjasama.
  2. Aplikasi permohonan user ditandai dengan channel website BTNPROPERTI pada inbox user Consumer Loan Marketing (Menu IDE Prospect – Pending Application) atau pada user Consumer Loan Service (Menu IDE – Pending Application).
  3. Apabila pemohon telah mencantumkan file dokumen hasil scan, Consumer Loan Marketing atau Consumer Loan Service dapat melanjutkan proses dari IDE Prospect ke tahap Document Checking, Duplicate Review dan seterusnya sesuai dengan bisnis proses kredit konsumer di Kantor Cabang.
  4. Apabila pemohon belum mencantumkan file dokumen hasil scan, Consumer Loan Marketing, RM maupun Consumer Loan Service dapat menindaklanjuti dengan menghubungi user berdasarkan email yang terkirim secara otomatis dari website BTNPROPERTI.
  1. Apabila dokumen pendukung telah lengkap, Consumer Loan Service dapat melanjutkan proses iLoan – Document Checking dan Duplicate Review serta tahapan berikutnya sesuai dengan bisnis proses kredit konsumer di Kantor Cabang.
 
 
 
 
21.
( T )
:
Apakah manfaat bagi pengembang dengan bergabung pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Manfaat bagi pengembang yang bergabung pada website BTNPROPERTI antara lain :
  1. Meningkatkan pemasaran melalui pencantuman unit stok rumah pengembang pada website BTNPROPERTI yang dapat diakses secara global dalam berbagai kondisi (anytime, anywhere).
  2. Meningkatkan pendapatan pengembang melalui pengurangan biaya promosi, penurunan pembayaran fee marketing dsb.
  3. Kemudahan dalam monitoring / pemantauan stok unit rumah secara online.
  4. Kemudahan dalam monitoring pembayaran booking fee / downpayment yang dilakukan oleh user.
  5. Kemudahan berinteraksi / komunikasi dengan pengelola (admin) BTNPROPERTI baik di Kantor Cabang maupun di Kantor Pusat.
 
 
 
 
22.
( T )
:
Data apakah yang harus diinput pengembang saat akan melakukan upload unit stok rumah pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Data-data yang diperlukan untuk pengisian unit stok rumah dapat dikomunikasikan dengan RM atau LA Kantor Cabang.
Berikut penjelasan data unit stok antara lain :
 
Data Proper :
  1. Kolom ID Proper                           : Input berdasarkan ID Proper (koord.dgn RM atau
                                                        LA KC)
  1. Kolom Nama Proyek Perumahan : Input nama proper
  2. Kolom Alamat Lokasi                    : Input lokasi proper
  3. Kolom RT/RW                                : Input RT /RW (bila ada)
  4. Kolom KodePos                             : Input KodePos (bila ada)
  5. Kolom Kelurahan                          : Input Kelurahan
  6. Kolom Kecamatan                         : Input Kecamatan
  7. Kolom Kota / Kabupaten              : Input Kota / Kabupaten
  8. Kolom Propinsi                              : Input Propinsi
  9. Kolom Kantor Cabang                                  : Input dengan format : AAAAA-NAMA CABANG
                                                       Contoh : 00121-KEBON JERUK
                                                       (koord.dgn RM atau LA KC)
 
Data Type Rumah :
  1. Kolom ID Proper                          : Input berdasarkan ID Proper pada SHEET PROPER
  2. Kolom Cluster                              : Input nama cluster, contoh cluster Mawar dsb
  3. Kolom Blok                                   : Input blok rumah
  4. Kolom Tipe                                   : Input tipe rumah (berdasarkanluasbangunan)
  5. Kolom No. Rumah                       : Input nomor rumah
  6. Kolom Alamat                               : Input alamat rumah
  7. Kolom Kelurahan                        : Input kelurahan
  8. Kolom Kode Pos                          : Input kodepos
  9. Kolom Jumlah Kamar                 : Input jumlahkamar
  10. Kolom Jumlah Kamar Mandi     : Input jumlahkamar mandi
  11. Kolom Garasi                               : Input ADA atau TIDAK ADA
  12. Kolom Phone Line                      : Input ADA atau TIDAK ADA
  13. Kolom Daya Listrik                      : Input besar daya listrik
  14. Kolom PDAM                                : Input ADA atau TIDAK ADA
  15. Kolom Luas Tanah                     : Input Luas Tanah
  16. Kolom Luas Bangunan              : Input Luas Bangunan
  17. Kolom Harga Jual                       : Input HargaJual
  18. Kolom Sertifikat                            : Input status sertifikat
  19. Kolom Propinsi                            : Input Propinsi
  20. Kolom Kota / Kabupaten            : Input Kota / Kabupaten
  21. Kolom Kecamatan                       : Input Kecamatan
 
Data Kavling :
  1. Kolom Cluster                              : Input sesuai nama cluster pada SHEET TYPE
                                                    RUMAH
  1. Kolom Type Rumah                    :Input sesuai type pada SHEET TYPE RUMAH
  2. Kolom Blok                                   : Input sesuai blok pada SHEET TYPE RUMAH
  3. Kolom No. Rumah                       : Input sesuai nomor rumahpada SHEET TYPE
                                                    RUMAH
  1. Kolom Status                                                : Input AVAILABLE atau TERSEDIA
  2. Kolom Kategor iRumah              : Input RUMAH BARU
Bila rumah masuk kategori Subsidi,   input : RUMAH BARU – SUBSIDI
Bila rumah masuk kategori Non Subsidi, input : RUMAH BARU – NON SUBSIDI
  1. Kolom Nama Rumah                  : Kosongkan
  2. Kolom Alamat 1                           : Input alamat rumah
  3. Kolom Alamat 2                           : Input alamat rumah
  4. Kolom Alamat 3                           : Input alamat rumah
  5. Kolom KodePos                           : Input sesuai kodepos pada SHEET TYPE RUMAH
  6. Kolom Luas Tanah                     : Input sesuai luas tanah pada SHEET TYPE RUMAH
  7. Kolom LuasBangunan                             : Input sesuai luas bangunan pada SHEET TYPE
                                                     RUMAH
  • Kolom lantai                                 : Input jumlahlantai
  • Kolom Phone Line                      : Input ADA atau TIDAK ADA
  • Kolom Daya Listrik                      : Input sesuai daya listrik pada SHEET TYPE RUMAH
  • Kolom PDAM                                : Input ADA atau TIDAK ADA
  • Kolom Harga                                                : Input sesuai harga jual pada SHEET TYPE RUMAH
  • Kolom Tahun Bangunan           : Input tahun pembuatan bangunan
  • Kolom Sertifikat                            : Input sesuai status sertifikat pada SHEET TYPE
                                                     RUMAH
  1. Kolom Foto1                                 : Input alamat file foto rumah, contoh :
                                                    C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\Tulips.jpg
  1. Kolom Foto2                                 : sda
  2. Kolom Foto3                                 : sda
  3. Kolom Foto4                                 : sda
  4. Kolom Foto5                                 : sda
  5. Kolom kondisi                              : Input kondisi rumah (BAGUS, TERAWAT dsb)
  6. Kolom Description                       : Input keterangan mengenai rumah, contoh : Lokasi
                                                    strategis, akses mudah, rumah indent dsb.
 
 
 
 
 
  1. Terkait user / pengguna :
( T ) = Tanya ; ( J ) = Jawab
1.
( T )
:
Apakah jenis pengguna (user) yang dapat mengakses website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User yang dapat mengakses website BTNPROPERTI adalah user umum dan useryang memiliki rekening di BTN atau disebut juga user debitur / nasabah BTN.
 
 
 
 
2.
( T )
:
Apakah perbedaan antara user umum dengan user debitur / nasabah BTN ?
 
( J )
:
Yang membedakan user umum dengan user debitur / nasabah BTN adalah dikenalinya user tersebut oleh sistem/aplikasi website BTNPROPERTI.
User umum dan user debitur BTN dapat mengakses menu umum pada website BTNPROPERTI seperti menu pencarian properti, pengajuan, komunikasi, konsultasi dan sebagainya. Namun user debitur BTN dapat mengakses menu khusus seperti menu pemantauan rekening kredit yang berupa informasi outstanding kredit, jangka waktu, suku bunga, angsuran dan sebagainya dengan melakukan registrasi atau Login terlebih dahulu. User debitur BTN juga dapat mengajukan kredit tambahan melalui website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
3.
( T )
:
Apakah manfaat website BTNPROPERTI bagi user?
 
( J )
:
Manfaat website BTNPROPERTI bagi user antara lain :
  1. Kemudahan dalam melakukan pencarian dan pemesanan unit rumah di berbagai wilayah KC Bank BTN di seluruh Indonesia.
  2. Kemudahan dalam melakukan simulasi kredit serta pengajuan aplikasi permohonan kredit.
  3. Kemudahan berinteraksi / komunikasi terkait kredit dan informasi properti melalui fasilitas customer service chat, surat elektronik dan layanan pesan singkat.
  4. Kepastian proses melalui pemantauan proses kredit secara online.
  5. Kemudahan dalam informasi kredit eksisting serta pengajuan kredit lainnya (tambahan).
  6. Informasi yang lengkap terkait properti (berita, info, peraturan, ketentuan properti dsb).
  7. Penggunaan forum konsultasi mengenai properti.
  8. Kemudahan dalam melakukan pencarian dan pengajuan penawaran rumah lelang Bank BTN.
 
 
 
 
4.
( T )
:
Bagaimana mekanisme user melakukan pemesanan unit rumah yang diminati pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User dapat melakukan pemesanan unit rumah melalui pengisian form pengajuan aplikasi kredit pada website BTNPROPERTI. Apabila form telah terisi, user dipandu untuk memilih metode pembayaran pemesanan (booking). Metode tsb antara lain :
  1. Pembayaran melalui Internet Banking Individual user ke rekening virtual account pengembang (apabila user merupakan nasabah BTN dan memiliki ID Internet Banking Individual).
  2. Pembayaran melalui media lainnya, seperti melalui ATM, Transfer Bank Lain, dsb (apabila user bukan nasabah BTN atau tidak memiliki ID Internet Banking Individual BTN).
 
Selanjutnya BTNPROPERTI menampilkan menu pemberitahuan bahwa user diwajibkan melakukan pembayaran selambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari bersamaan dengan pengiriman email pemberitahuan kepada user.
 
Selanjutnya user diwajibkan untuk menghubungi pengembang yang bersangkutan setelah pembayaran selesai dilakukan.
Batas waktu 3 (tiga) hari tersebut di atas dapat berubah sesuai kebijakan Bank BTN.
Apabila dalam waktu 3 (tiga) hari user tidak melakukan pembayaran, maka unit stok rumah yang sudah dipesan sebelumnya, statusnya kembali tersedia (available).
 
 
 
 
5.
( T )
:
Apakah user umum maupun user debitur/nasabah BTN dapat berkomunikasi langsung dengan pengembang pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User tidak dapat langsung berkomunikasi langsung dengan pengembang pada website BTNPROPERTI. Apabila user ingin menghubungi pengembang maka user dapat melihat data profil pengembang tersebut dan melakukan komunikasi melalui email pengembang atau menghubungi nomor telpon yang tercantum pada data profil pengembang yang bersangkutan.
 
 
 
 
6.
( T )
:
Apakah user umum maupun user debitur/nasabah BTN dapat berkomunikasi dengan pengelola (admin) pada website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User dapat melakukan komunikasi langsung dengan pengelola (admin) BTNPROPERTI melalui email dan layanan sosial media (twitter, facebook) yang tercantum pada website BTNPROPERTI.
 
 
 
 
7.
( T )
:
Apakah keuntungan user apabila mengajukan aplikasi kredit melalui website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
User yang mengajukan aplikasi kredit pada website BTNPROPERTI memliki kentungan antara lain :
  1. User tidak perlu datang ke outlet Bank BTN untuk keperluan pengisian form aplikasi permohonan.
  2. User dapat menerima persetujuan prinsip (pre approval) secara langsung dari website BTNPROPERTI apabila user telah mengisi form aplikasi permohonan secara lengkap dan berdasarkan parameter pada sistem, data yang diinput user pada form permohonan termasuk dalam kategori yang dipersyaratkan.
  3. User dapat melakukan pemantauan proses kreditnya di Bank BTN secara online dengan melakukan Login terlebih dahulu pada website BTNPROPERTI.
  4. User secara langsung menerima email Surat Penegasan Persetujuan Pemberian Kredit (SP3K) apabila proses kredit telah disetujui.
  5. User dapat mengajukan rencana tanggal pelaksanaan realisasi kredit.
  6. User secara otomatis ter-registrasi pada website BTNPROPERTI dan secara rutin dapat menerima pemberitahuan berupa email mengenai informasi properti, promosi dan event-event lainnya yang diselenggarakan oleh Bank BTN.
 
 
 
 
8.
( T )
:
Apakah unit rumah yang dipesan oleh user pada website BTNPROPERTI dapat dipesan oleh user lainnya?
 
( J )
:
Unit rumah yang telah dipesan oleh user ditandai dengan pencantuman status unit rumah yang dapat dilihat pada website BTNPROPERTI. Pada unit rumah tersebut tercantum status‘booking’ atau ‘diproses’.
 
Apabila status unit rumah berada pada kondisi ‘booking atau ‘diproses’, unit rumah tersebut tidak dapat dipesan oleh user lain. Namun apabila user yang memesan unit rumah tersebut dalam batas waktu yang ditentukan belum melakukan pembayaran pemesanan, maka status unit rumah kembali menjadi ‘available’ atau ‘tersedia’.
 
Demikian pula apabila aplikasi permohonan kredit ybs ditolak oleh BTN, maka status unit rumah kembali menjadi ‘available’ atau ‘tersedia’.
 
 
 
 
9.
( T )
:
Apakah ada pemberitahuan dari website BTNPROPERTI apabila Bank BTN melakukan promosi atau event-event seperti pameran dan sebagainya ?
 
( J )
:
User yang ter-registrasi atau user yang pernah mengajukan aplikasi pada website BTNPROPERTI secara otomatis memiliki User ID dan password pada database BTNPROPERTI. Melalui database ini Bank BTN menyampaikan pemberitahuan apabila ada program promosi, event-event pameran dan sebagainya.
 
 
 
 
10.
( T )
:
Bagaimana mekanisme user untuk membeli rumah lelang BTN ?
 
( J )
:
User umum dapat melihat unit rumah lelang BTN pada website BTNPROPERTI. Apabila user berminat terhadap unit rumah lelang, user dapat mengajukan penawaran dengan mengisi data-data antara lain : Nama, No. Contact ( Telp/HP ), alamat email dan nominal penawaran kepada pengelola (admin) website BTNPROPERTI.
 
Selanjutnya data penawaran yang masuk kepada admin BTNPROPERTI dilakukan pengecekan dan apabila nominal penawaran user telah masuk dalam batas harga yang ditetapkan, maka admin BTNPROPERTI melakukan update status unit rumah telah terpesan atau diproses.
 
Selanjutnya apabila user telah menyelesaikan persyaratan yang ditetapkan untuk penjualan unit rumah lelang, admin BTNPROPERTI melakukan update status unit rumah lelang tersebut menjadi ‘terjual’ atau ‘sold’.
 
11.
( T )
:
Apakah user dapat melakukan konsultasi berkaitan dengan properti?
 
( J )
:
User dapat melakukan konsultasi melalui menu “forum” yang ada di home page website BTN Properti. Di dalam menu tersebut terdapat kategori konsultasi KPR, konsultasi design, konsultasi perencanaan keuangan keluarga dan konsultasi lainnya. User dapat melakukan konsultasi sesuai dengan kategori yang ada.
Melalui forum tersebut, baik admin maupun user lain dapat menjawab atau menanggapi pertanyaan yang ada.
 
12.
( T )
:
Bagaimanakah cara user mendapatkan informasi peraturan properti di website BTN Properti?
 
 
( J )
:
User dapat mengakses melalui menu “edukasi masyarakat” yang ada di home page website BTN Properti. Di dalam menu tersebut terdapat menu peraturan pemerintah, peraturan bank Indonesia dan peraturan bank. User dapat mendownload peraturan tersebut sesuai dengan kebutuhan.
 
  1. Terkait admin / pengelola :
( T ) = Tanya ; ( J ) = Jawab
1.
( T )
:
Apakah jenis pengelola (admin) padawebsite BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Pengelola (admin) website BTNPROPERTI terdiri dari Admin Kantor Cabang dan Admin Kantor Pusat.
 
 
 
 
2.
( T )
:
Apakah perbedaan Admin Kantor Cabang dan Admin Kantor Pusat dalam pengelolaan website BTNPROPERTI ?
 
( J )
:
Perbedaan Admin Kantor Cabang dan Admin Kantor Pusat dapat dijelaskan sebagai berikut :
Admin Kantor Cabang :
  1. Merupakan PIC. Kantor Cabang yang melakukan pengelolaan stok unit pengembang. Adapun data unit stok yang ada pada website BTNPROPERTI terintegrasi dengan manajemen stok pada iLoan Consumer.
  2. PIC Kantor Cabang adalah contact person yang terkait kerjasama KC denganPengembang terutamaterkait penyaluran kredit pada proyek perumahan pengembang yang di dalamnya terdapat unit stok rumah yang akan dijual atau diproses KPR-nya.
  3. PIC. Kantor Cabang adalah Loan Administration (LA) atau Relationship Manager (RM).
  4. Tugas Admin Kantor Cabang adalah melakukan verifikasi data unit stok yang di-uploadoleh pengembang pada website BTNPROPERTI.
  5. Verifikasi oleh Admin Kantor Cabang adalah melakukan pengecekan dan memastikan bahwa unit stok yang di-upload oleh pengembang adalah unit stok pada wilayah/area sesuai dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) pengembang dengan Bank BTN.
  6. Selain unit stok masuk pada wilayah/area sesuai dengan PKS, Admin Kantor Cabang juga diwajibkan melakukan pengecekan dan memastikan bahwa unit stok belum terjual atau tidak dalam proses kredit di Bank.
 
Admin Kantor Pusat :
  1. Merupakan PIC. Kantor Pusat yang bertugas melakukan pengelolaan website BTNPROPERTI. Terdapat 2 (dua) admin Kantor Pusat antara lain dari Divisi Pengelola Website (NSLD) yang merupakan bagian dari Web Content Operation dan dari Divisi Pengelolaan Asset (Asset Management Division / AMD) yang mengelola data unit stok rumah lelang.
  2. Admin dari Divisi Pengelola Website (NSLD) memiliki tanggung jawab pengelolaan website seperti pengelolaan traffic, availability web, pemantauan proses permohonan kredit dan sebagainya. Salah satu tugas web content operation adalah melakukan koordinasi dengan Kantor Cabang untuk menindaklanjuti permohonan aplikasi yang berasal dari website BTNPROPERTI.
  3. Admin dari Divisi Pengelola Website (NSLD) juga memiliki tugas pengelolaan website secara keseluruhan yang mencakup menu-menu website BTNPROPERTI sesuai site map yang dibangun termasuk pengelolaan customer service chat, sosial media, email dan sebagainya.
  4. Admin dari Divisi Pengelola Asset (AMD) memiliki tanggung jawab pengelolaan unit stok rumah lelang yang diantaranya adalah melakukan upload, verifikasi dan menindaklanjuti penawaran unit rumah lelang oleh user pada website BTNPROPERTI.