(0)


KOMPAS.com - Untuk mendapatkan rasa nyaman, Anda harus mengetahui berbagai macam kebutuhan rumah, terutama pemilihan desain interior.

Pemilihan desain interior rumah yang tepat berupa pola pembentukan ruang, desain setiap sudut ruang, hingga pemilihan warna cat yang cocok untuk diaplikasikan di setiap sudut rumah.

Mungkin bagi sebagian orang, memilih warna cat rumah merupakan hal yang tak perlu.

Namun perlu diingat, warna dapat memberikan energi bagi setiap pasang mata yang melihat. Maka dari itu, Anda perlu tahu seperti apa warna cat yang tepat untuk rumah Anda.


Melansir dari Rocket Homes, berikut tiga warna yang tepat untuk diaplikasikan di rumah beserta alasannya.

1. Biru

Interior rumah warna biru. Interior rumah warna biru.(simdreamhomes.com)

Warna biru mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk kamar tidur. Karena, warna tersebut dapat membangkitkan suasana hati yang menenangkan bagi pemiliknya.

"Biru adalah warna yang biasanya identik dengan relaksasi dan ketenangan, dan karena itu merupakan pilihan warna yang ideal untuk kamar tidur atau ruang tamu Anda," tutur Desainer Interior Falchi.

Falchi melanjutkan, hal tersebut berlaku untuk setiap jenis warna biru, baik biru muda maupun tua.

Warna biru muda diyakini dapat membangkitkan perasaan yang lebih dingin dan tajam. Sementara, biru tua cenderung memberikan perasaan lebih hangat dan mengundang.

Menurut Falchi, hindari warna ungu untuk diaplikasikan pada kamar tidur, karena dapat mengurangi cahaya dan terasa menyesakkan ruang.

Rona yang lebih terang akan memiliki lebih banyak efek menenangkan dan memberikan cahaya alami.

2. Hijau

Untuk ruang tamu, Anda mungkin menginginkan warna-warna yang segar namun tak berlebihan.

Karena, ruang tamu merupakan tempat yang tepat untuk bersantai setelah melewati hari yang panjang.

Jika Anda juga menghabiskan waktu bekerja di ruang tamu atau ingin bersantai di lingkungan yang lebih alami, warna hijau merupakan pilihan yang tepat.

Warna hijau tak hanya bagus diaplikasikan pada dinding di rumah namun juga pada ruang kerja Anda.

"Hijau dapat mengurangi kecemasan dan identik dengan alam serta memberikan efek layaknya berada di luar ruangan," terang Falchi.

Ruang tamu juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk bereksperimen dengan warna yang lebih energik.

Falchi mengatakan bahwa warna yang harus dihindari adalah merah karena berkaitan dengan perasaan marah walaupun di sisi lain dapat memunculkan gairah.

"Namun, merah juga dikaitkan dengan perasaan marah dan meningkatkan emosi lebih tajam," terang Falchi.

Falchi menyarankan agar pikirkan matang-matang untuk menggunakan warna merah sebagai warna dasar pada ruang tamu.

3. Kuning

Interior rumah warna kuning. Interior rumah warna kuning.(thespruce.com)
Selanjutnya, warna yang tepat untuk desain interior rumah khususnya di dapur adalah warna kuning.

Warna-warna cerah seperti kuning akan mengangkat suasana hati lebih positif saat Anda berada di dapur. Dimana akan ada banyak kegiatan yang akan terjadi di dalamnya,

Namun, dapur bisa terlihat bagus dengan berbagai skema warna. Jadi, jangan takut untuk menggunakan warna yang lebih redup atau netral jika itu yang Anda inginkan.

Falchi merekomendasikan kuning untuk dapur karena kemampuannya untuk mengangkat suasana hati Anda dan mencerahkan ruang.

Kombinasikan dengan warna putih yang dapat memberikan kesan cerah sekaligus sederhana.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 23 September 2020
Rumah Subsidi yang Cocok untuk Milenial
Rumah Subsidi adalah rumah dengan pembeliannya tidak dikenakan pajak dan suku bunga rendah sehingga akan terjangkau bagi kaum Milenial yang ingin memiliki hunian sendiri. Hunian idaman kamu nantinya dapat dicicil dengan KPR bersubsidi atau Kredit Pemilikan Rumah. Rumah subsidi sendiri bisa didapat dengan harga yang terjangkau berkat adanya program dari Pemerintah karena tidak dikenakan PPN.Rumah SubsidiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 September 2020
Mau Rumah Anti Maling? Gunakan Sistem Keamanan Ini
Rumah Anti Maling merupakan rumah yang menjadi tempat berlindung serta aman dan jauh akan kejahatan. Saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong kamu pasti pernah merasa was-was iya bukan? Apalagi jika harus bepergian ke luar kota untuk hal penting seperti masalah pekerjaan atau berkunjung ke rumah kerabat.Belum lagi modus pencurian yang semakin beragam akan membuat kamuBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 21 September 2020
Jenis Shower Kamar Mandi yang Patut Kamu Coba
Jenis Shower Kamar Mandi sangat beragam mulai dari Jenis Shower Kamar Mandi tempel biasa maupun Jenis Shower Kamar Mandi electrik hingga berjenis eco-friendly. Belakangan ini, Jenis Shower Kamar Mandi yang sedang populer yaitu wall shower dan hand shower. Wall shower atau yang biasanya disebut dengan built in shower merupakan Jenis Shower Kamar Mandi yang di pasangBaca Selengkapnya