(0)


4 Ruangan Bisa Dicat Dengan Warna Ini...
Info Terbaru | 19 Agustus 2019

KOMPAS.com - Mengecat ulang dinding ruangan bukan perkara mudah. Ini karena pemilihan warna yang tepat mampu meningkatkan kesehatan mental penghuninya.

Selain itu, ilmu psikologi warna modern juga mengungkapkan, bahwa pemilihan warna yang sesuai mampu memengaruhi pandangan hingga selera makan.

Dengan demikian, warna yang tepat harus disesuaikan pula dengan fungsi ruangan. Lalu bagaimana, kiat menentukan warna yang tepat untuk tiap ruangan di rumah?

1. Kamar tidur

Dilansir dari Urdesignmag, Minggu (18/8/2019), kamar tidur memiliki fungsi utama sebagai tempat istirahat. Untuk itu, warna terbaiik yang bisa Anda gunakan adalah cat dengan nuansa biru yang lebih gelap.

Tak banyak orang yang tahu, bahwa kamar berwarna biru mampu memberikan kualitas tidur terbaik pada malam hari.

Warna ini mampu merelaksasi tubuh dan pikiran serta memberikan rasa nyaman. Bahkan beberapa desainer interior sering mengklaim bahwa nuansa biru mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Warna biru yang lembut bisa dihadirkan di setiap sudut kamar, mulai dari warna dinding, langit-langit, bedcover hingga dengan meletakkan lukisan yang didominasi warna biru di dalam kamar.

2. Dapur

Ruangan ini memiliki kaitan erat dengan makanan. Sehingga, jika ingin mewarnai kembali apur Anda, terapkan warna kuning hangat, oranye, atau merah terang.

Warna-warna ini telah digunakan oleh industri restoran selama beberapa dekade karena dianggap mampu membangkitkan nafsu makan.

Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan pilihan warna lain, misalnya oranye dan silver. Kehadiran warna silver dapat membantu membuat ruangan yang satu ini terasa lebih seimbang.

Mood dan suasana yang diciptakan di sini pun menjadi lebih nyaman dan akrab. Apalagi kalau kebetulan dapur disatukan dengan ruang makan.

Warna oranye pun dipercaya dapat meningkatkan selera makan. Benar-benar pilihan tepat, bukan?

3. Ruang tamu

Untuk ruangan ini, Anda bisa menerapkan cat warna putih atau warna terang lainnya. Sebab perubahan warna tersebut akan terasa menyegarkan. Selain itu, warna putih membuat ruangan yang kecil tampak lebih luas, bersih, serta terang.

Dominasi warna putih untuk ruang tamu juga akan membuat dekorasi tampak menonjol, misalnya saja bantal warna-warni, karpet berwarna cerah, ataupun sebuah lukisan seperti yang ada dalam kamar tidur minimalis di atas.

4. Perpustakaan atau ruang kerja

Jika Anda melakukan bisnis dari rumah, tentu Anda tidak ingin menerapkan warna yang bisa memicu rasa kantuk atau lapar.

Jika Anda memiliki ruang kerja khusus atau perpustakaan pribadi di rumah, ada baiknya mengecatnya dengan warna hijau.

Warna hijau yang tepat, secara alami dapat menenangkan Anda. Penerapan warna ini juga dipercaya membuat Anda tetap fokus sekaligus menurangi stress.

Agar kesan alami semakin terlihat, tempatkan pula beberapa tanaman dan perabotan kayu.

Anda juga bisa menempatkan meja kerja di dekat jendela guna mendapatkan pencahayaan alami secara langsung.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 16 September 2019
4 Prioritas Sebelum Mendesain Ruang Kerja di Rumah
KOMPAS.com - Dapat melakukan pekerjaan kantor di rumah tentu menjadi impian para pekerja kantoran. Ada berbagai alasan mengapa hal tersebut dapat menyenangkan. Pertama, Anda tidak perlu harus menghabiskan waktu 15-20 menit untuk bersiap-siap dan berpakaian rapi. Sebab, dengan menggunakan celana pendek atau piyama sekali pun, Anda tetap dapat mengerjakan setiap pekerjaan yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 16 September 2019
5 Bahaya yang Mengintai Rumah Bertingkat
KOMPAS.com - Untuk sebagian besar orang, punya rumah bertingkat adalah perpanjangan tangan dan pengaruh keinginan dari kebutuhan tempat tinggal. Saat punya dana yang memadai, rumah bertingkat kerap jadi pilihan. Ukurannya yang luas membuat ketersediaan ruang lebih banyak. Dengan begitu, rumah bertingkat bisa ditinggali lebih dari tiga anggota keluarga. Dalam keadaan yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 16 September 2019
5 Langkah Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah
KOMPAS.com - Untuk Anda para profesional yang masih harus mengurus pekerjaan kantor di rumah, punya ruang kerja sendiri akan lebih memudahkan dalam meningkatkan produktivitas. Daripada bekerja di ruangan lain yang membuat tidak fokus, membuat ruang kerja khusus bisa menjadi pilihan. Di ruang kerja pribadi, Anda bisa menyimpan segala berkas yang berhubungan denganBaca Selengkapnya