(0)


Ada banyak hal yang harus dilakukan daripada sekedar memelihara tanaman-tanaman ini di luar rumah.


Jika Anda menyukai tanaman, kami yakin Anda mengetahui tentang beberapa jenis tanaman yang bisa membantu membersihkan udara dan tumbuhan-tumbuhan yang bisa membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Apakah Anda pernah mendengar tentang tanaman yang bisa mengusir nyamuk?


Memang tidak diragukan bahwa ada tanaman yang memiliki senyawa yang bisa mengusir nyamuk, namun seringkali senyawa tersebut harus disarikan agar lebih efektif. Kehadiran tanaman-tanaman ini semata, meskipun diletakkan dekat dengan tempat-tempat di mana nyamuk berkeliaran, tidak akan sepenuhnya berhasil. 


Pada beberapa kasus, ada tindakan yang dibutuhkan agar hasil ekstrak dari tanaman tersebut bisa bekerja dengan lebih baik. Hal ini semudah meremas/menumbuk daun, namun membuatnya menjadi larutan atau minyak bahkan membakar bagian tertentu dari tanaman tersebut (seperti membakar dupa) juga bisa efektif.


Berikut 7 tanaman yang dipercaya memiliki komponen yang mampu mengusir nyamuk:


1. Peppermint



(sumber:https://asia.clickandgrow.com/products/grow-peppermint-indoors)


Tanaman ini memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan dengan aroma menyegarkan dan minyak yang dapat menangkal hama.


2. Marigold atau Bunga Gemitir



(sumber:http://dagangcanang.blogspot.com/2016/07/menanam-dan-budidaya-bunga-marigold.html)


Cerah dan menawan, marigold atau bunga gemitir mengandung senyawa yang sering digunakan sebagai penolak serangga.


3. Lemongrass atau Rumput Serai



(sumber:https://mikalaaromatica.files.wordpress.com/2017/02/img_20170210_092901.jpg?w=620)


Minyak serai mengandung citral, geraniol, myrcene, limonene, dan citronellal, minyak alami yang ditemukan dalam lilin yang dapat mengusir serangga.


4. Catnip atau Kucingan


Meskipun dipuja oleh para kucing, tanaman catnip mengandung unsur kimia nepetalactone yang dapat mengusir serangga.


5. Bunga Lavender



(sumber:http://bungaliarcantik.blogspot.com/2015/12/bagaimana-ya-menanam-bunga-lavender-di.html)


Kebanyakan orang menggunakan bunga lavender untuk membantu tidur agar lebih nyenyak, tapi banyak juga yang bergantung pada bunga ini untuk mengusir hama. Varietas bunga lavender ternyata memiliki kandungan campor atau kamper yang tinggi, sehingga membantu mengusir lalat dan ngengat.


6. Basil atau Kemangi



(sumber:https://id.wikihow.com/Menyimpan-Daun-Basil-Segar)


Kita biasa menggunakan kemangi untuk membuat hidangan lebih beraroma, tetapi Anda dapat mengandalkan tanaman terpercaya ini untuk mencegah serangga mendekat. Lebih baik lagi, tanaman ini memiliki aroma kuat yang mengusir hama bahkan jika Anda tidak menghancurkan daunnya.


7. Daun Sage



(sumber:https://doktersehat.com/manfaat-daun-sage/)


Jauhkan hal-hal tidak baik dan hama yang mengganggu dengan membakar sedikit daun sage di piring dan membiarkan aromanya menyebar di dalam rumah Anda.


Nyamuk adalah serangga yang mengganggu dan menyerang kenyamanan rumah, menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan demam kuning. Meskipun tanaman-tanaman di atas dapat membantu, tetap saja yang terbaik adalah menggunakan lotion dan krim untuk menghindari gigitan nyamuk yang jahat.



Pastikan tidak ada tempat berkembang biak di sekitar rumah, dari sudut gelap hingga genangan air dalam vas dan wadah. Sebagai bagian dari rutinitas pembersihan Anda, jangan lupa mengganti air dalam vas dan wadah penyimpanan. Mencegah lebih baik daripada mengobati - itu adalah keharusan untuk menyingkirkan potensi tempat berkembang biak serangga sesegera mungkin.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 2 April 2020
Tips Membangun Kebiasaan Yang Sehat Di Rumah
Kebutuhan akan kesehatan di dalam rumah saat ini lebih penting dari apapun, terutama melihat situasi dan kondisi yang tengah kita hadapi saat ini. Kesehatan Anda dan keluarga akan sangat terpengaruh oleh kebiasaan hidup sehat yang dibangun dengan baik. Diterpa kesibukan harian yang memakan waktu dan tenaga, terkadang kita justru mengorbankanBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 April 2020
7 Tips Maksimalkan Jaringan Internet Di Rumah Selama Masa WFH
Bagi Sahabat BTN yang sudah mulai bekerja dari rumah, kebutuhan internet yang cepat tentu sudah semakin penting. Terutama karena saat ini  dengan semakin banyak yang menggunakan jaringan internet untuk bekerja di rumah pada waktu bersamaan. Hari-hari Anda kini mungkin lebih sering diisi dengan kegiatan seperti video call baik untuk memenuhi kebutuhanBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 31 Maret 2020
5 Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Ketika Masuk Rumah Di Masa Pandemik Corona
Kewaspadaan menjadi sesuatu yang harus diingat dan semakin penting saat ini. Kemungkinannya saat ini Anda tentu akan jarang bepergian keluar rumah. Hal ini juga terjadi untuk beberapa alasan. Meskipun meninggalkan rumah sangat beresiko saat ini, ada perjalanan yang tentunya bagi sebagian orang tidak bisa dihindari. Pada tahap ini, tips berikut menjadiBaca Selengkapnya