(0)


Bagi Sahabat BTN yang sudah mulai bekerja dari rumah, kebutuhan internet yang cepat tentu sudah semakin penting. Terutama karena saat ini  dengan semakin banyak yang menggunakan jaringan internet untuk bekerja di rumah pada waktu bersamaan. 


Hari-hari Anda kini mungkin lebih sering diisi dengan kegiatan seperti video call baik untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan atau sekedar berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, kebutuhan anak ketika online pun semakin sering, selain untuk hiburan namun juga pendidikan.


Untuk Anda yang semakin sering online, kami kumpulkan beberapa tips untuk membantu Anda agar tetap mendapatkan kecepatan koneksi internet. Pada waktu di mana kebutuhan agar tetap terhubung kini semakin dirasa penting dari sebelumnya.



1. Gunakan Jaringan Telepon Konvensional atau Panggilan Melalui Wifi Jika Diperlukan


Pada jam kerja, pastinya lebih banyak yang menggunakan jaringan telepon. Namun justru karena hal ini, kemungkinan besar Anda justru bisa mendapatkan koneksi lebih stabil untuk penggunaan jaringan konvensional. Jika memang diharuskan menggunakan kuota internet untuk melakukan panggilan, pastikan Anda sudah mengatur panggilan hanya ketika jaringan wifi tersedia. Beberapa paket yang disediakan provider memungkinkan Anda melakukan panggilan melalui jaringan broadband, dengan kualitas suara lebih baik dan mengurangi penggunaan kuota. Cara lain lagi adalah memanfaatkan aplikasi Whatsapp, Facetime atau Skype melalui jaringan internet.



2. Tempatkan Router Jauh Dari Benda-Benda Lainnya


Pastikan bahwa router Anda berada jauh dari benda lainnya atau dari benda-benda yang berfungsi nirkabel. Berikut contoh benda yang akan mempengaruhi jaringan wifimonitor, lampu halogen, telepon nirkabel, speaker, knob lampu, dan sejenisnya. Tempatkan router di atas meja atau rak gantung, hal ini lebih baik dibandingkan meletakkannya di lantai dan biarkan tetap menyala.



3. Kurangi Jumlah Perangkat Yang Terhubung


Kecepatan akan semakin menurun jika semakin banyak perangkat yang terhubung di waktu yang bersamaan. Matikan perangkat tersebut ketika tidak digunakan karena perangkat itu akan tetap bekerja meskipun dalam kondisi tidak digunakan. Jika anda sedang melakukan video call, cukup gunakan fungsi audio saja agar mengurangi penggunaan koneksi internet. Lakukan penyesuaian untuk penggunaan oleh anggota keluarga, sehingga penggunaan yang memberatkan (menonton video HD, permainan atau video call) bisa diatur dengan baik. 



4. Coba Gunakan Jaringan Dengan Kabel Daripada Nirkabel




Sumber: Unsplash/Markus Spiske


Untuk koneksi jaringan broadband yang stabil, Anda bisa mencoba kabel Ethernet yang disambungkan langsung pada router Anda. 


5. Sambungkan Router Langsung Pada Stopkontak Telepon Anda


Untuk mengurangi hambatan pada jaringan, cobalah untuk tidak menggunakan kabel ekstensi dari telepon Anda. Jika memang harus, gunakan kabel dengan kualitas tinggi yang memang baru dibeli. Kabel yang terlilit juga mempengaruhi kecepatan jaringan, begitu juga interupsi ketika ada panggilan masuk, cobalah untuk mengurangi hal ini terjadi. Setiap penyedia jasa tentu memiliki perangkat yang berbeda, jadi pastikan Anda sudah mengetahui kebutuhan dan kelengkapan yang disediakan untuk memaksimalkan hasilnya. 


6. Lakukan Tes Kecepatan Koneksi Broadband Anda


Ketahui seberapa cepat jaringan wifi yang Anda dapatkan. Anda dapat melakukan hal ini melalui aplikasi atau website resmi dari penyedia jaringan yang Anda gunakan. Jika memungkinkan, lakukan tes selama beberapa hari pada waktu yang berbeda-beda. banyak faktor di dalam rumah yang dapat mempengaruhi kecepatan wifi, jadi pastikan Anda sudah memahami panduan yang disediakan oleh penyedia jasa untuk meningkatkan kenyamanan selama penggunaan.


7. Gunakan Saran Dari Penyedia Jasa Internet anda


Jika koneksi yang Anda dapatkan tidak sesuai harapan, cari solusi melalui situs resmi penyedia jasa atau aplikasi melalui smartphone Anda. Jika situasi mengharuskan Anda memanggil pekerja ke rumah, ketahuilah bahwa di masa pandemik Corona saat ini, kemungkinan para penyedia jasa akan mengurangi jumlah pekerja yang bisa melayani Anda.



Sumber:HouseBeautiful

Sumber Gambar Thumbail: Unsplash/John Schnobrich

wha

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Tiga Pilihan Warna Meriahkan Hari Raya
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat Dulux, AkzoNobel Indonesia meluncurkan Dulux Visualizer untuk menemukan inspirasi warna cat dinding yang tepat pada perayaan Idul Fitri 2020. President Director PT ICI Paints Indonesia Indra Laban mengatakan, perusahaan merilis aplikasi tersebut guna memberikan pilihan warna yang cocok untuk diterapkan pada dinding rumah. DenganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
10 Pilihan Tanaman Interior, Cocok Bagi Pemula
KOMPAS.com - Karakternya yang menyegarkan menjadikan tanaman kerap dipilih sebagai  elemen dekorasi. Apalagi, tanaman juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan warna yang mampu memberi nuansa yang berbeda-beda. Namun bagi pemula, memilih tanaman sebagai elemen dekorasi interior tentunya menjadi tantangan tersendiri. Selain karena tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruang, beberapa tanaman indoorBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Intip 4 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Buat Tamu
KOMPAS.com - Semua pemilik rumah tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang menginap di rumah mereka, salah satunya menyediakan kamar tidur nyaman. Dengan menyajikan kamar tidur yang nyaman, tamu tentu merasa dihargai oleh pemilik rumah. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mendesain kamar tidur khususBaca Selengkapnya