(0)


7 Trik Ciptakan Taman Tanpa Lahan
Info Terbaru | 8 Juli 2019

KOMPAS.com - Apakah luas rumah Anda terbatas atau Anda tinggal di apartemen sehingga sulit untuk membuat taman? Tidak usah khawatir.

Ukuran bukan hal yang mutlak untuk membuat taman yang indah. Taman tanpa lahan bisa Anda buat di lahan terbatas.

Taman modern yang hemat ruang ini pun cukup membutuhkan perawatan yang minim sehingga memberikan penghematan ekstra untuk Anda.

Selain itu, hijaunya tanaman dapat membuat suasana hunian menjadi lebih sejuk dan segar, serta memperbaiki sirkulasi udara.

Langsung saja, yuk lihat trik cerdas membuat taman tanpa lahan yang bisa Anda tiru berikut ini.

1. Tanaman Gantung

Garden displays of Monrovia plants at a Metrolina facility in Huntersville, NC. March 28-30, 2017. Garden displays of Monrovia plants at a Metrolina facility in Huntersville, NC. March 28-30, 2017.(Roger Foley)Jangan berkecil hati dulu jika Anda tidak mempunyai banyak lahan untuk membuat taman. Ciptakan saja taman kecil dengan pot gantung yang bisa jadi solusi atraktif sekaligus dekoratif pada hunian.

Untuk menambah keceriaan, pilih pot-pot lucu dalam berbagai bentuk unik dan menarik, lalu isi dengan tanaman hijau segar.

2. Pot Bertingkat

Pot bertingkat solusi taman tanpa lahan Pot bertingkat solusi taman tanpa lahan (www.costco.com)Mau membuat taman vertikal yang tampil beda dibandingkan yang lain? Coba pilih raised bed planter atau pot tanaman bertingkat yang bisa menjadi cara menghadirkan ruang ekstra untuk taman kecil yang indah.

Desain taman kecil bertingkat ini bisa diletakkan di berbagai tempat misalnya di undakan tangga, disandarkan pada dinding, atau bahkan digantung di dinding. Praktis bukan?

3. Taman Kecil Mobile

Taman mobile sebagai solusi taman tanpa lahan Taman mobile sebagai solusi taman tanpa lahan(www.organizeit.com)Taman yang bisa berjalan? Untuk solusi lahan yang kurang memadai, Anda dituntut ekstra kreatif dalam menciptakan taman yang indah.

Taman kecil dengan konsep mobile yang bisa berjalan dapat menjadi salah satu tren baru yang praktis.

Menggunakan pot khusus dengan tambahan roda, Anda pun bisa bebas mengatur posisi taman kecil, seperti mengeluarkannya untuk mendapatkan sinar matahari pada pagi hari.

Solusi cerdas ini pun akan membuat Anda mempunyai taman kecil kekinian yang anti mainstream.

4. Taman Dalam Hunian

Taman dalam hunian sebagai solusi taman tanpa lahan Taman dalam hunian sebagai solusi taman tanpa lahan (www.mydomaine.com)Jika ternyata hunian Anda sama sekali tidak punya ruang terbuka, taman minimalis di dalam ruangan ini bisa Anda coba.

Untuk membuat taman di dalam ruangan, berikan tampilan taman kecil dengan konsep desain yang menyerupai interior rumah.

Sesuaikan juga warna-warna furnitur yang digunakan dengan palet warna senada di dalam rumah.

Hindari pemakaian furnitur yang terlalu banyak karena taman akan terasa sesak. Pastikan tanaman di dalam rumah mendapatkan pencahayaan alami dari void atau jendela.

5. Taman Vertikal

Taman vertikal di proyek Ravelle karya Matheuss Adriano Bintoro Taman vertikal di proyek Ravelle karya Matheuss Adriano Bintoro(www.arsitag.com)Untuk menciptakan taman vertikal bisa diaplikasikan dalam tiga cara yaitu menggunakan pot gantung dengan tali, mejajarkan pot di dinding, atau menanam tanaman rambat.

Untuk menjajarkan pot pada bagian dinding, Anda bisa meletakkannya pada papan kayu atau menggantung pot pada dinding dengan pola zig-zag.

Pilih ukuran pot yang kecil untuk memaksimalkan ruang. Isi pot dengan tanaman yang memiliki daun dan bunga yang cerah.

6. Taman di Railing Tangga atau Balkon

Pot di railing balkon hunian sebagai solusi taman tanpa lahan Pot di railing balkon hunian sebagai solusi taman tanpa lahan(www.gardeners.com)Bagaimanapun kondisi rumah atau apartemen Anda, taman tetap bisa dihadirkan dengan trik-trik cerdas.

Jika Anda punya banyak pot tetapi tidak punya lahan untuk taman khusus, jajarkan saja pot tersebut pada anak tangga atau balkon hunian.

Ikat pot dengan kawat atau tali untuk memaksimalkan tempat pada railing tangga atau balkon.

7. Taman Dari Pot Daur Ulang

Taman pot gantung dari bahan daur ulang Taman pot gantung dari bahan daur ulang (www.youtube.com)Mencari wadah untuk tanaman tidak harus membeli barang baru. Anda juga bisa memaksimalkan barang yang sudah ada dan mengubah fungsinya sebagai pot seperti botol plastik bekas.

Selain ramah lingkungan, cara ini juga bisa memberikan tampilan unik dan berbeda pada hunian.

Siapa bilang Anda tak bisa membuat taman tanpa lahan? Dengan trik dan kreativitas, hunian tetap bisa memiliki taman yang indah sekaligus menyejukkan. Yuk, dicoba!


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 16 September 2019
4 Prioritas Sebelum Mendesain Ruang Kerja di Rumah
KOMPAS.com - Dapat melakukan pekerjaan kantor di rumah tentu menjadi impian para pekerja kantoran. Ada berbagai alasan mengapa hal tersebut dapat menyenangkan. Pertama, Anda tidak perlu harus menghabiskan waktu 15-20 menit untuk bersiap-siap dan berpakaian rapi. Sebab, dengan menggunakan celana pendek atau piyama sekali pun, Anda tetap dapat mengerjakan setiap pekerjaan yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 16 September 2019
5 Bahaya yang Mengintai Rumah Bertingkat
KOMPAS.com - Untuk sebagian besar orang, punya rumah bertingkat adalah perpanjangan tangan dan pengaruh keinginan dari kebutuhan tempat tinggal. Saat punya dana yang memadai, rumah bertingkat kerap jadi pilihan. Ukurannya yang luas membuat ketersediaan ruang lebih banyak. Dengan begitu, rumah bertingkat bisa ditinggali lebih dari tiga anggota keluarga. Dalam keadaan yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 16 September 2019
5 Langkah Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah
KOMPAS.com - Untuk Anda para profesional yang masih harus mengurus pekerjaan kantor di rumah, punya ruang kerja sendiri akan lebih memudahkan dalam meningkatkan produktivitas. Daripada bekerja di ruangan lain yang membuat tidak fokus, membuat ruang kerja khusus bisa menjadi pilihan. Di ruang kerja pribadi, Anda bisa menyimpan segala berkas yang berhubungan denganBaca Selengkapnya