(0)

Amankan Rumah Pintar Anda...
Info Terbaru | 11 Desember 2018
KOMPAS.com - Memiliki rumah pintar tentu menjadi impian semua orang. Sebab, segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dapat dikendalikan dengan mudah.

Bahkan, beberapa peralatan rumah tangga telah terpasang fitur pengontrol yang cukup dikendalikan lewat suara atau dari jarak jauh lewat gawai pintar Anda.

Namun, rumah pintar bukan berarti tanpa celah keamanan. Karena terkoneksi dengan jaringan internet, rumah semacam ini justru rentan dengan serangan hacker atau peretas yang ingin mencuri identitas Anda.

Lantas, bagaiman cara mengamankan rumah pintar Anda?

1. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap peralatan

Seorang peretas berpengalaman tentu dapat dengan mudah mencari tahu setiap kata sandi pada perangkat pintar yang Anda miliki.

Karena itu salah satu cara untuk menyulitkannya yakni dengan cara mengatur kunci keamanan yang berbeda-beda untuk setiap alat.

Selain itu, jangan biarkan Anda tetap mempertahankan nama pengguna dan sandi default yang dipasang pabrikan. Sebab, hal itu menjadi salah satu celah keamanan yang paling mudah untuk diretas.

2. Amankan jaringan Wifi

Jaringan wifi dan router juga harus mendapatkan perlindungan dari segala jenis potensi ancaman dari luar.

Anda bisa bekerja sama dengan penyedia jasa internet untuk menyediakan akun dan password tertentu, bila ada tamu yang ingin mengakses jaringan internet di rumah.

Dengan demikian, bila ada pihak-pihak yang mencoba meretas sistem Anda, dapat segera diketahui.

3. Ingat, rumah pintar tak hanya terhubung dengan Anda, tetapi juga memantau Anda setiap saat<

Setiap perangkat pintar pasti akan meminta data diri Anda untuk terhubung dengan database mereka. Sadarilah seberapa amankah data diri yang Anda berikan itu terjaga privasinya.

Anda memang berharap agar semua perangkat di rumah dapat terawasi dengan kan? Tetapi, apakah Anda juga ingin perangkat yang dimiliki mengawasi Anda?

Bijaklah dalam memberikan data diri.

Sumber: properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut
KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan. Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru. Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan. PertimbanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Rumah Pertama Pengantin Baru, Beli atau Sewa?
KOMPAS,com - Banyak riset yang meramalkan milenial tak akan sanggup membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya Rumah123 yang memprediksi hanya ada 5 persen kalangan milenial yang bisa memiliki rumah pada tahun 2022. Ketidakselarasan antara kenaikan harga rumah (17 persen) dengan peningkatan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR) 10 persen per tahunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sedikit Kreativitas, Halaman Rumah Bisa Jadi Bioskop Outdoor
KOMPAS.com - Halaman belakang Anda cukup membosankan? Ubah jadi bioskop outdoor. Alternatif ini bisa Anda pilih jika ingin bersantai dan mengisi waktu bersama keluarga atau teman di rumah. Selain menyenangkan, cara ini juga dianggap dapat mengakrabkan suasana. Tak hanya itu, peralatan yang digunakan pun dapat dengan mudah diangkut ke dalam ruangan saatBaca Selengkapnya