(0)


Amankan Rumah Pintar Anda...
Info Terbaru | 11 Desember 2018
KOMPAS.com - Memiliki rumah pintar tentu menjadi impian semua orang. Sebab, segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dapat dikendalikan dengan mudah.

Bahkan, beberapa peralatan rumah tangga telah terpasang fitur pengontrol yang cukup dikendalikan lewat suara atau dari jarak jauh lewat gawai pintar Anda.

Namun, rumah pintar bukan berarti tanpa celah keamanan. Karena terkoneksi dengan jaringan internet, rumah semacam ini justru rentan dengan serangan hacker atau peretas yang ingin mencuri identitas Anda.

Lantas, bagaiman cara mengamankan rumah pintar Anda?

1. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap peralatan

Seorang peretas berpengalaman tentu dapat dengan mudah mencari tahu setiap kata sandi pada perangkat pintar yang Anda miliki.

Karena itu salah satu cara untuk menyulitkannya yakni dengan cara mengatur kunci keamanan yang berbeda-beda untuk setiap alat.

Selain itu, jangan biarkan Anda tetap mempertahankan nama pengguna dan sandi default yang dipasang pabrikan. Sebab, hal itu menjadi salah satu celah keamanan yang paling mudah untuk diretas.

2. Amankan jaringan Wifi

Jaringan wifi dan router juga harus mendapatkan perlindungan dari segala jenis potensi ancaman dari luar.

Anda bisa bekerja sama dengan penyedia jasa internet untuk menyediakan akun dan password tertentu, bila ada tamu yang ingin mengakses jaringan internet di rumah.

Dengan demikian, bila ada pihak-pihak yang mencoba meretas sistem Anda, dapat segera diketahui.

3. Ingat, rumah pintar tak hanya terhubung dengan Anda, tetapi juga memantau Anda setiap saat<

Setiap perangkat pintar pasti akan meminta data diri Anda untuk terhubung dengan database mereka. Sadarilah seberapa amankah data diri yang Anda berikan itu terjaga privasinya.

Anda memang berharap agar semua perangkat di rumah dapat terawasi dengan kan? Tetapi, apakah Anda juga ingin perangkat yang dimiliki mengawasi Anda?

Bijaklah dalam memberikan data diri.

Sumber: properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Tiga Pilihan Warna Meriahkan Hari Raya
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat Dulux, AkzoNobel Indonesia meluncurkan Dulux Visualizer untuk menemukan inspirasi warna cat dinding yang tepat pada perayaan Idul Fitri 2020. President Director PT ICI Paints Indonesia Indra Laban mengatakan, perusahaan merilis aplikasi tersebut guna memberikan pilihan warna yang cocok untuk diterapkan pada dinding rumah. DenganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
10 Pilihan Tanaman Interior, Cocok Bagi Pemula
KOMPAS.com - Karakternya yang menyegarkan menjadikan tanaman kerap dipilih sebagai  elemen dekorasi. Apalagi, tanaman juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan warna yang mampu memberi nuansa yang berbeda-beda. Namun bagi pemula, memilih tanaman sebagai elemen dekorasi interior tentunya menjadi tantangan tersendiri. Selain karena tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruang, beberapa tanaman indoorBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Intip 4 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Buat Tamu
KOMPAS.com - Semua pemilik rumah tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang menginap di rumah mereka, salah satunya menyediakan kamar tidur nyaman. Dengan menyajikan kamar tidur yang nyaman, tamu tentu merasa dihargai oleh pemilik rumah. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mendesain kamar tidur khususBaca Selengkapnya