Spinner Icon

BTN House Price Index Triwulan I Tahun 2019

Author Image
Fauzan Zamahsyarie
BTN Housing Index · 8 Agustus 2019

        Housing Finance Center Bank BTN kembali melakukan rilis BTN House Price Index Triwulan I tahun 2019. Pada rilis kali ini, tidak banyak perubahan yang terjadi baik untuk indeks wilayah, provinsi, kabupaten/kota maupun tipe rumah. Jawa Tengah dan Jawa Timur masih merupakan wilayah dengan kenaikan indeks tertinggi. Hal ini merupakan indikasi  bahwa harga properti tumbuh sangat cepat di wilayah ini. Indeks 178,63 sekaligus memiliki pertumbuhan (yoy) terbesar yang tercatat 8,28 persen dibandingkan dengan wilayah lain. Artinya harga rumah di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam satu tahun terakhir naik sebesar 8,28 persen.

    Kep. Riau masih merupakan provinsi dengan indeks tertinggi dengan indeks sebesar 223,39 dengan rata-rata pertumbuhan indeks tahunan sebesar 16,12 persen sejak Januari 2014. Sedangkan pertumbuhan (yoy) pada Maret 2019 sebesar 4,64 persen. Beberapa provinsi seperti Sulawesi Barat, Sumatera Barat dan Riau mengalami pertumbuhan tahunan (yoy) yang negatif. Kondisi ini bukan berarti tidak ada kenaikan harga rumah di wilayah tersebut, hanya pertumbuhan kenaikan harga dari waktu ke waktu cenderung turun.

        Kabupaten Batang memiliki BTN HPI tertinggi pada bulan Maret 2019 dengan indeks 253,29 dan pertumbuhan tahunan (yoy) sebesar 20,44 persen. Besaran indeks ini mengindikasikan bahwa kenaikan harga rumah di Batang mencapai 1,53 kali lipat dalam 3,5 tahun. Kabupaten/kota yang memiliki indeks terbesar didominasi oleh kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kondisi ini sejalan dengan posisi Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai provinsi dengan BTN HPI tertinggi nomor 3 dan nomor 11 dari provinsi seluruh Indonesia. Kenaikan harga rumah di sejumlah Kabupaten / Kota di Wilayah Jawa Timur dipicu oleh pembangunan infrastruktur, antara lain : tol laut dimana 11 dari 13 route tol laut melewati Surabaya sehingga berdampak pada pengembangan daerah disekitarnya. Demikian juga pembangunan rel kereta api ganda untuk jalur Madiun - Surabaya dan Surabaya - Banyuwangi via Jember yang akan meningkatkan aktivitas ekonomi wilayah sekitarnya. Kondisi tumbuhnya indeks harga perumahan di kabupaten/kota yang bukan merupakan kota besar, merupakan indikasi dari bergeraknya aktivitas ekonomi tidak hanya di kota-kota besar, namun juga di kabupaten/kota lainnya. (fzn)

https://drive.google.com/open?id=1Ps75IQfqE-XDhrQX3WWJhWjuyUNv71fh

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua