BTN House Price Index Triwulan III 2018

03 December 2018 08:00:00
Bank BTN kembali merilis BTN House Price Index Triwulan III tahun 2018 sebagai salah satu acuan stakeholder di bidang properti dalam pengambilan keputusan. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan sektor properti, pengambilan keputusan baik untuk tujuan membangun, pembiayaan atau investasi di bidang properti semakin membutuhkan data yang akurat dan terpercaya.

Dengan metode matched sales, data harga realisasi pembiayaan perumahan di setiap kantor cabang Bank BTN untuk perumahan non subsidi diolah oleh tim riset Housing Finance Center Bank BTN menjadi BTN House Price Index Triwulan III tahun 2018. Hasil dari perhitungan tersebut memaparkan bahwa HPI secara nasional terus menanjak yang menunjukkan bahwa secara nasional harga perumahan terus naik. Data per September 2018 menunjukkan bahwa BTN House Price Index tercatat mencapai 157,89 dengan pertumbuhan 7,26% (yoy).


Jawa Tengah dan Jawa Timur masih merupakan wilayah dengan indeks tertinggi secara nasional sebesar 171,52 dengan pertumbuhan terbesar 8,64%. Kondisi ini merupakan indikasi bahwa pembangunan masih banyak terjadi di Pulau Jawa sedangkan wilayah lain walaupun mengalami kenaikan indeks, tapi pertumbuhannya tidak secepat di Pulau Jawa. Provinsi yang memiliki BTN House Price Index tertinggi masih di Kepulauan Riau dengan indeks 217,22 dengan rata-rata pertumbuhan indeks tahunan sebesar 5,50% (yoy). Pertumbuhan harga rumah di Kepulauan Riau merupakan indikasi bahwa pembangunan mulai bergerak di wilayah luar Pulau Jawa. Permintaan rumah yang tinggi di Kota Batam sebagi dampak tumbuhnya industri di kota tersebut menjadi salah satu penyebab meningkatnya harga properti di wilayah tersebut. Hal ini berkait dengan posisi Kota Batam yang masih masuk ke dalam 5 besar kota dengan BTN House Price Index tertinggi di Indonesia pada Triwulan III tahun 2918.

Jawa Timur masih merupakan provinsi yang paling banyak menyumbang kota dengan BTN House Price Index tertinggi. Jember, Sidoarjo, Surabaya, dan Mojokerto masih masuk ke dalam 10 besar kota dengan BTN House Price Index tertinggi di Indonesia. Keempat kota ini masih bertahan ke dalam 10 besar kota dengan BTN House Price Index tertinggi sejak Triwulan II 2018. Secara lebih lengkap tentang rilis BTN House Price Index Triwulan III 2018 bisa dibaca pada dokumen yang terlampir. 


      Download File PDF BTN Housing Index Q3 2018
Tags

Artikel Terkait

BTN House Price Index Triwulan III 2018

Bank BTN kembali merilis BTN House Price Index Triwulan III tahun 2018 sebagai salah satu acuan stakeholder di bidang properti dalam pengambilan keputusan. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan sektor properti, pengambilan keputusan baik untuk tujuan membangun, pembiayaan atau investasi di bidang properti semakin membutuhkan data yang akurat dan terpercaya.Dengan metode matched sales, data harga realisasi pembiayaan perumahan di setiap kantor cabang Bank BTN untuk perumahan non subsidi diolah oleh tim riset Housing Finance Center Bank BTN menjadi BTN House Price Index Triwulan III tahun 2018. Hasil dari perhitungan tersebut memaparkan bahwa HPI secara nasional terus menanjak yang menunjukkan bahwa secara nasional harga perumahan terus naik. Data per September 2018 menunjukkan bahwa BTN House Price Index