Spinner Icon

BTN Sebut Permintaan Rumah Masih Tinggi

Author Image
Admin BTN Properti
Berita Terkini · 3 Agustus 2020

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, permintaan kebutuhan perumahan tetap ada karena fungsi rumah saat ini bukan hanya sebagai tempat tinggal belaka.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Pahala N. Mansury mengatakan pengaruh pandemi Covid-19 ini berdampak pada menurunnya tingkat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Jumlah dari masyarakat yang terinfeksi terus meningkat, dilaksanakan PSBB bulan Maret sampai akhir Juni lalu mengalami pelandaian. Namun beberapa hari lalu, yang terkena Covid-19 meningkat," ujarnya dalam acara Webinar BTN, Rabu (29/7/2020).

Pandemi Covid-19 berdampak pada menurunnya kegiatan ekonomi, salah satunya sektor perumahan atau real estate dimana pada kuartal I/2020 mengalami perlambatan pertumbuhan yang hanya 3,83 persen dari kuartal I/2019 yang mencapai 5,4 persen.

Sektor perumahan dapat menjadi salah satu andalan untuk bisa menggerakan sektor yang lainnya. Adanya pandemi Covid-19 mengingatkan pentingnya perumahan menjadi penting sebagai tempat bekerja.

Pahala menuturkan bank BTN memiliki kuota sebesar 30.966 unit dan telah terserap seluruhnya pada Maret 2020. Bank BTN menyalurkan kuota SSB sebanyak 346.000 unit.

Bank BTN berkontribusi utama program sejuta rumah pemerintah dimana dari realisasi sejuta rumah nasional 1,2 juta unit, BTN berkontribusi 60 persen atau sebanyak 736.000 unit.

"Market share KPR khususnya segmen BTN mencapai 39 persen, dan KPR subsidi pangsa pasar capai 89 persen," ucapnya.

Pihaknya juga melaksanakan tugas dalam program pemulihan ekonomi nasional melalui stimulus pada sektor perumahan dengan menyalurkan kuota SSB sebanyak 146.000 unit.


Sumber : ekonomi.bisnis.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua