Spinner Icon

Cara Bikin Tidur Lebih Berkualitas

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 11 Desember 2018
KOMPAS.com — Bagi sebagian orang, mungkin termasuk Anda, tidur menjadi salah satu aktivitas paling dinantikan.

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, atau sepekan penuh menjalani pekerjaan rutin, tidur merupakan satu-satunya kegiatan yang dibutuhkan untuk melepas semua penat.

Rata-rata orang akan menghabiskan sepertiga kehidupannya untuk tidur. Hal ini terjadi bila Anda termasuk ke dalam golongan orang yang ketat dengan aturan tidur minimal 8 jam.

Sains pun mendukung bahwa tidur yang berkualitas akan memberikan dampak positif bagi tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga ingatan, dan menstabilkan tekanan darah.

Namun, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas diperlukan banyak faktor. Salah satunya kamar tidur yang nyaman. Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas?

1. Buatlah zona tanpa teknologi

Tidak peduli apakah sedang ada tayangan favorit Anda di internet, hindari penggunaan gadget di atas kasur.

Bahkan, banyak ahli menyarankan, matikan semua perangkat teknologi minimal 1 jam sebelum Anda menyentuh kasur.

Laptop dan ponsel pintar memancarkan cahaya biru, yang membantu menjaga ritme circadian Anda.

Semakin banyak paparan cahaya yang diterima, terutama saat malam hari, akan menyebabkan Anda semakin sulit untuk tidur.

2. Jagalah ruangan tetap sejuk dan gelap

Suhu dingin dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Sebab, suhu tubuh yang hangat, akan membuat Anda mengerahkan lebih banyak energi.

Cara lain yang cukup mudah yakni membuat ruangan menjadi gelap. Pasalnya, nukleus suprachiasmatic yang terdapat pada jaringan hipotalamus Anda bertugas mengontrol jam internal Anda.

Ketika ia mendeteksi adanya cahaya, melatonin yang tertunda akan dilepaskan. Zat ini menghasilkan kortisol yang mengawali proses bangun tidur.

3. Gunakan selimut berkualitas

Menggunakan selimut berbahan linen dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebab, kain ini memiliki tekstur yang lembut terutama bila Anda memiliki kulit yang sensitif.

Selain itu, pada saat cuaca cukup dingin, selimut ini dapat membuat Anda hangat. Sementara, pada kondisi sejuk, dia tidak akan membuat Anda kepanasan.

4. Minimalisasi kekacauan

Ketika kamar Anda berantakan, segeralah untuk merapihkannya. Masukkan benda-benda yang berserakkan ke dalam kotak penyimpanan.

Bila tidak memilikinya, paling tidak singkirkan benda-benda tersebut ke tampat lain.

5. Pasang pewangi ruangan<

Banyak penelitian menyebutkan bahwa aroma ruangan cukup membantu suasana hati menjadi rileks. Tentu, ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

Beberapa aroma ruangan seperti lavender, chamomile dan melati, dapat dengan mudah ditemukan di sekitar Anda. Bahkan, harga pengharum ruangan ini cukup terjangkau.

Cobalah Anda oleskan cairan pengharum ruangan itu pada tangan atau semprotkan pada bantal dan guling Anda. Dijamin, Anda dapat segera tidur dalam beberapa menit.

Selamat mencoba!


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua