Spinner Icon

Cara Mengontrol Populasi Cicak Di Rumah

Author Image
Info Terbaru · 25 Februari 2020

Sebelum mulai kasak kusuk untuk mengusir cicak, pastikan terlebih dahulu bahwa rumah Anda telah didiami oleh cicak. Apakah tidak percuma jadinya jika Anda melakukan tindak pengusiran, sementara rumah Anda sebenarnya aman dari cicak ?


Bagaimana cara mengetahui keberadaan cicak di dalam rumah?



  1. Cicak berkomunikasi dengan suara, meskipun saat ini smartphone sudah terjangkau, namun para cicak masih memilih sarana yang lebih konvensional. Maka dengarkan baik-baik jika cicak sedang berbicara.
  2. Suara cicak dapat dikategorikan sebagai: suara derap mereka ketika berlarian, berdecit atau berkicau. Kicauan cicak tidak seindah burung, karena itu mereka jarang berkolaborasi.
  3. Seringkali suara-suara tersebut dianggap sebagai suara tikus yang sedang beraktivitas. Maka perhatikan baik-baik agar menghindari buruk sangka terhadap para tikus.
  4. Anak-anak seringkali lebih sensitif pada suara-suara ini. Maka dari itu, dengarkan keluhan anak Anda jika mereka melaporkan hal tersebut. Jika Anda belum mempunyai anak, mungkin sudah saatnya untuk merencanakan hal tersebut.


Cicak cenderung mendekati area dengan remah-remah makanan yang tercecer atau tempat Anda meletakkan sisa makanan. Kami sarankan agar Anda selalu menghabiskan makanan Anda supaya tidak mubazir. Kecuali Anda memang berniat untuk berbagi dengan cicak yang Anda temui.


Di area-area seperti ini, jika memang ada cicak yang menghampiri maka Anda umumnya akan menemukan jejak-jejak misterius. Dapat dipastikan jika Anda menemukan hal tersebut, maka cicak telah selesai melakukan misinya. 


Untuk memecahkan misteri jejak tersebut, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berpikir bersama. Jika mengalami kebuntuan, silahkan menghubungi pihak yang berwenang sesegera mungkin.


Cara lainnya untuk mengetahui keberadaan cicak di dalam rumah adalah, apabila Anda menemukan potongan buntut cicak di spot-spot tertentu di dalam rumah. Untuk menghindari kepanikan jika salah satu anggota keluarga menemukan buntut tersebut, kami sarankan agar Anda memberikan penyuluhan terlebih dahulu pada keluarga perihal tingkah laku cicak.


Terkadang sangat sulit untuk mengikuti pergerakan cicak di dalam rumah. Hal ini diakibatkan oleh pergerakan mereka yang cepat dan sulit didengar oleh telinga. Untuk melakukan pencarian tanda-tanda kehadiran cicak di dalam rumah, kami sarankan Anda untuk membaca informasi berikut:

  1. Cicak tertarik pada suhu yang hangat, maka perhatikan area paling hangat atau panas di dalam rumah. Bukan, bukan di kompor.

  2. Tumbuhan atau tanaman bisa menjadi tempat persembunyian bagi para cicak. Perhatikan kemunculan mereka di area tersebut, pasang CCTV jika diperlukan.

  3.  Cicak menyukai aktivitas memanjat tembok. Jangan serta merta merubuhkan tembok rumah Anda untuk menghindari hal ini, ingatlah, cicak tidak ikut mencicil angsuran tempat tinggal Anda.

Bagaimana cara agar cicak tidak berdiam di rumah Anda? Silahkan baca informasi selanjutnya dari kami sebagai berikut:


Jangan Biarkan Pintu Rumah Selalu Terbuka




Hal ini mungkin terkesan mudah, namun jika Anda membiarkan hal kecil seperti ini terus terjadi maka kehadiran cicak tidak bisa dicegah. Karena cicak hadir tidak sekedar karena mereka memang berniat, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah, waspadalah.

Pastikan semua anggota keluarga telah mengetahui hal ini. Kebiasaan tidak menutup pintu dapat berujung pada invasi atas privasi Anda dan sekeluarga. Pastikan agar selalu menutup rapat pintu rumah segera setelah dibuka. Pastikan tidak ada celah sedikitpun, jika perlu, kami sarankan agar Anda keluar dari jendela atau langit-langit rumah. Tidak perlu malu dengan pandangan dan opini tetangga, ingatlah, ini semua untuk keamanan rumah Anda.

Perhatikan juga populasi serangga dan kutu di dalam rumah Anda. Karena cicak dikenal sebagai pemakan serangga dan kutu. Jadi jika Anda menemukan serangga dan kutu di dalam rumah, berikan pengertian kepada mereka untuk segera berpindah tempat. Jika perlu sediakan suaka bagi mereka.

Namun kasusnya menjadi berbeda jika rumah Anda justru dihuni oleh serangga dan kutu. Pada kasus seperti ini Anda dapat berkoordinasi selama jangka waktu tertentu dengan cicak. Kami sarankan untuk membuat nota kesepahaman agar masing-masing pihak dapat menjalankan perannya tanpa terganggu.

Jika cara-cara di atas belum terlalu efektif, maka silahkan melakukan hal berikut ini.


Konfrontasi




Usir segera ketika Anda bertemu pandang dengan cicak di dalam rumah Anda. Jika dialog dan diplomasi tidak berhasil, lakukan cara ini. 

Kami sarankan untuk tidak menghabiskan energi Anda dengan mengeluarkan kemampuan bela diri atau baku hantam tanpa arti. Meskipun gigitan cicak tidak mengandung racun namun tindakan agresif Anda bisa meracuni pikiran Anda, tetap berpikir jernih dan pahami masalahnya dengan jelas. 


Gunakan Jasa Kucing




Kucing dikenal menikmati aktivitas mengejar cicak. Dengan imbalan yang sederhana, Anda bisa mencegah cicak untuk berdiam di dalam rumah. Jika Anda masih memiliki empati terhadap cicak, maka berikan instruksi khusus kepada kucing agar tidak melakukan tindakan fatal pada cicak. Selalu cek kondisi jika terjadi perkelahian antara kucing dan cicak, karena cicak yang kalah dan kehilangan nyawanya seringkali menimbulkan bau tidak sedap. Jarang terjadi kondisi dimana kucing menjadi pihak yang kalah, jika hal ini terjadi, kami sarankan untuk melakukan evakuasi.

Cara selanjutnya untuk menakuti cicak adalah dengan menyiramkan air dingin. Mungkin saran ini terdengar aneh, namun baik untuk diingat bahwa cicak tertarik pada tempat yang hangat. Maka dari itu, semakin dingin airnya maka semakin baik. Cukup siramkan dan kemungkinan besar cicak tersebut akan terserang influenza. Selanjutnya berhati-hati terhadap ingus cicak.

Banyak hal bisa dilakukan, namun yang paling fundamental adalah agar Anda selalu menjaga kebersihan rumah. Hindari menumpuk barang-barang tidak berguna di dalam rumah. 

Untuk Anda yang sudah berkeluarga, jadikan kegiatan memburu cicak sebagai acara keluarga. Jadikan hal ini sebagai sebuah kegiatan bersama, berikan hadiah bagi anggota keluarga yang berhasil menangkap cicak. Selain mempererat keakraban juga melatih koordinasi keluarga Anda.

Masih merasa kehabisan ide setelah melakukan hal-hal di atas? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba pendekatan yang lebih hewani. 

Jika saling geser dalam hal teritori kurang berhasil, Anda bisa mencoba jalan yang lebih akomodatif. 

Coba perhatikan lingkungan sekitar rumah, terutama area-area yang basah atau genangan air yang tertinggal dalam sebuah wadah. 

Perhatikan juga area hijau di sekitar rumah. Karena air dengan sari bunga seringkali mengundang serangga.  

Berhati-hati dengan kehadiran kucing karena kaum cicak tidak akan bertahan jika Anda membiarkan mereka berada di satu area terlalu lama. 

Nah semoga setelah membaca tips-tips di atas tentunya Anda sudah bisa bernafas lega bukan? Bernafaslah karena bernafas itu perlu. Praktekkan tips-tips di atas agar keamanan rumah selalu terjaga dari cicak jika Anda sudah merasa terganggu. Sahabat BTN, kalau memang mau cari rumah lagi setelah rumah kamu dihibahkan pada cicak-cicak, ingat selalu bahwa ada BTN Properti ya!  



 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua