(0)

KOMPAS.com - Jika Anda kerap menerima tamu di rumah, penataan ruang tamu menjadi penting. Ini karena ruang tamu biasanya memberikan karakter penghuni rumah.

Jika ruang tamu Anda nyaman, maka mereka yang berrkunjung akan merasa disambut baik.

Namun bagaimana jika ruang tamu di rumah berukuran kecil dan terasa sempit? Anda dapat menerapkan cara mudah di bawah ini:

Kurangi atau ganti perabot

Ruangan kecil tidak membutuhkan banyak perabot. Pilih satu atau dua jenis furnitur seperti meja atau kursi untuk ruang tamu. Anda dapat pula menambahkan karpet agar suasana semakin hangat.

Ilustrasi Ilustrasi(dezeen)Selain mengurangi perbot yang tidak berguna, Anda bisa mengganti model dengan perabot yang hanya memiliki rangka saja, seperti meja kopi.

Sehingga tidak terlihat sesak di dalam ruangan. Perabot semacam ini bisa menjadi tumpuan kaki untuk meregangkan otot.

Jika ruang tamu membutuhkan tempat penyimpanan, maka gunakan lemari yang tidak memiliki pintu untuk memberikan kesan luas.

Warna netral dan cerah<

Mengecat dinding dengan warna putih atau warna cerah lain mampu membuat ruangan terlihat lebih luas. Tetapi Anda juga bisa menerapkan prinsip ini untuk perabot di ruang tamu.

Untuk perabot, pakailah permainan warna yang tidak begitu mencolok seperti krem, atau kuning gading.

Sedikit warna gelap

Ruang tamu Ruang tamu(PIXABAY/ErikaWittlieb)Meski warna cerah mampu membuat ruangan terlihat lebih besar, namun jangan takut untuk memberikan sentuhan warna gelap. Sedikit warna gelap malah akan memberikan suasana baru agar ruang tamu tidak terlihat monoton.

Warna gelap seperti hitam atau biru tua bisa menjadi daya tarik ruangan jika ruang tamu tidak banyak memiliki perabot.

Perabot berpola

Tekstur pada karpet atau bantal dengan pola dapat membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Meski ruangan memiliki warna netral dan cerah yang terlihat sedikit monoton, namun penggunaan sedikit pola, akan menambah kesan ramai pada ruang tamu.

Jendela tanpa tirai

Jika privasi bukan menjadi masalah serius di ruang tamu, maka pertimbangkan untuk tidak menggunakan tirai sebagai penutup jendela.

Biarkan pemandangan luar ruangan masuk ke dalam, sehingga ruang tamu akan tampak lebih lega dari biasanya.

Pencahayaan

Cahaya alami bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Namun jika ruangan Anda tidak memiliki cukup pasokan cahaya matahari, lampu juga bisa digunakan untuk membuat ruang tamu terlihat cerah.

Jika memungkinkan tambahkan lampu dengan dimmer untuk membuat suasana terasa lebih nyaman.

Tambahkan cermin

Cermin yang akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terang. Cermin yang akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terang.(House Beautiful)Cermin dapat memberikan tipuan pada mata agar ruang tamu terlihat dua kali lebih lapang. Tempatkan cermin pada dinding yang lapang sehingga bisa membiaskan bayangan ruangan lain.

Agar memberikan efek maksimal, gunakan cermin dengan ukuran besar.

Sumber : properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 22 April 2019
Mulai Sekarang, Tinggalkan Kertas Koran untuk Bersihkan Jendela
KompasProperti - Membersihkan jendela bisa menjadi tantangan tersendiri, jika Anda tidak mengetahui trik-triknya. Beberapa peralatan yang bisa Anda siapkan adalah vakum, squeegee atau alat dengan pelat datar dari karet, dan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. 1. Hisap debu Tahap pertama membersihkan jendela Anda adalah dengan menggunakan vakum bersama sapuan upholstery tool. VakumBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 April 2019
Hindari Sembilan Hal Ini Saat Menggelar Pesta di Rumah
KompasProperti - Berkumpul bersama rekan sejawat di rumah pada saat liburan akhir tahun, mungkin dapat menjadi pilihan menyenangkan. Tentu, Anda berharap agar waktu bersama rekan-rekan Anda di rumah dapat berjalan sempurna. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, cobalah Anda hindari sembilan kesalahan yang terkadang tak sadar dilakukan ketika menjadi tuan rumah, seperti dikutipBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 15 April 2019
Generasi Milenial, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Rumah
KompasProperti - Sulit dipungkiri bila harga properti dari waktu ke waktu terus merangkak naik. Bagi generasi milenial dengan penghasilan pas-pasan, tentu harus berpikir ekstra keras saat hendak membeli rumah pertama. Ada beberap tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Seperti yang dirangkum KompasProperti dari Appartmenttherapy berikut: 1. Gambarkan di manaBaca Selengkapnya