Spinner Icon

Cara Terbaik Membersihkan Sofa Berbahan Kulit Yang Harus Anda Coba

Author Image
Info Terbaru · 18 April 2020

Noda pada sofa berbahan kulit memang seringkali luput dari pandangan mata. Ternyata membersihkan sofa ini pun tidak sesulit yang dibayangkan. Pastikan sofa dengan bahan ini selalu jauh dari pancaran sinar matahari dan benda-benda tajam setiap hari. Dengan mengikuti tips di dalam artikel ini, anda akan dengan mudah membersihkan noda dan debu di sofa kesayangan Anda.


Cara Membersihkan Sofa Berbahan Kulit


Agar bersih dari kotoran dan debu , Anda harus menyeka sofa dengan kain mikrofiber. Ikuti cara-cara berikut dengan rutin setiap hari ketika Anda melihat noda yang mencolok.


  1. Bersihkan perlahan pada area tertentu, mulai dari bidang yang kecil hingga besar. Gunakan produk pembersih bahan kulit yang bisa anda beli atau gunakan sabun pada kain lembut dan usapkan.

  2. Basuh dengan kain lembab hingga seluruh sabun atau produk pembersih benar-benar hilang. Gosok dengan kain kering. Bersihkan hingga bagian penyangga lengan dan sandaran kepala beberapa kali, jika perlu. 

  3. Gunakan produk pelindung untuk menjaga kulit tetap awet, sehingga mempermudah Anda membersihkan noda di waktu berikutnya.



Sumber: DIYnetwork


Cara Menghilangkan Noda Tinta


Selalu ingat, hindari menggunakan alat tulis seperti pena di atas sofa berbahan kulit, peringatkan juga anak-anak Anda. Namun jika sofa Anda sudah terlanjur menjadi tempat bermain bagi anak atau tempat mereka belajar, persiapkan diri dengan langkah-langkah berikut.


  • Untuk jenis kulit yang sudah di proses (menggunakan finishing tertentu). seka perlahan dengan kain atau kapas yang sudah diberikan alkohol dan bersihkan noda dengan kain bersih.

  • Untuk jenis kulit tanpa proses (tanpa finishing tertentu), hubungi tenaga profesional untuk menyelesaikan hal tersebut. 


Cara Membersihkan Noda Minyak


Sama halnya dengan tinta, noda minyak sudah sulit untuk dibersihkan. Jika Anda sudah merawatnya secara rutin dengan produk pelindung, maka kemungkinan untuk dibersihkan lebih tinggi. Meskipun tidak ada jaminan, cara berikut bisa Anda coba.


  • Gunakan produk pembersih khusus yang bisa Anda beli di area yang sudah menjadi gelap karena bersentuhan dengan minyak dari tangan dan rambut.

  • Untuk membersihkan noda makanan, gunakan kertas isap sesegera mungkin dan taburi area tersebut dengan bedak, tepung jagung,  atau tepung biasa untuk menarik minyak keluar. Biarkan selama beberapa jam (jika memungkinkan dalam satu malam) hingga bedak terlihat jenuh kemudian lap hingga bersih. 


Kami sarankan bagi Anda untuk menyimpan produk-produk pembersih bahan kulit secara khusus di rumah untuk memudahkan proses pembersihan.


Sumber: GoodHouseKeeping

Sumber Gambar Thumbnail: Unsplash/Allie Smith



 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua