(0)


KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang sering dihadapi para pemilik rumah adalah memudarnya warna cat dinding.

Fenomena ini sangatlah wajar, terutama jika pengaplikasian cat sudah lama dilakukan atau berlangsung bertahun-tahun lalu.

Umumnya, memudarnya warna cat paling sering terjadi pada dinding luar rumah (eksterior) yang paling sering terkena imbas dari perubahan cuaca.

Jika masalah ini terjadi, apa yang harus dilakukan oleh pemilik rumah?

Berikut ini cara mengatasinya:

1.Mengikis lapisan cat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah memudarnya cat adalah mengikis atau mengerik lapisan cat hingga seluruh permukaan jadi bersih.

Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda harus menggunakan sekrup atau peralatan tajam lainnya.

Setelahmengikis lapisan cat, usahakan untuk mengamplas dinding agar lapisannya tampak halus dan kandungan air di dalamnya dapat menguap.

2. Lapisi denganwall sealer(cat berbahan dasar air)

Menggunakan wall sealer. Menggunakan wall sealer.(www.youtube.com/howtopaintinfo)

Setelah mengamplas, Anda perlu melapisi cat dinding yang pudar tersebut dengan cat berbahan dasar air (wall sealer).

Anda perlu mengetahui kalau bahan dasar cat air ini tahan terhadap kandungan kimia tertentu agar tahan lama. 

3. Pilih cat warna dengan kualitas terbaik

Belum berhenti sampai mengecat dinding dengan dasar air, Anda perlu melapisi cat dinding dengan pilihan warna yang Anda sukai.

Namun, pilihlah warna cat tersebut dengan merek dan kualitas terbaik agar cat bisa tahan lama.

Tambahan: Ketika hendak melapisi cat utama, Anda perlu menunggunya hingga benar-benar kering untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, Anda perlu mengatur untuk menutup jendela ketika memasuki musim kemarau. Sebab, intensitas sinar matahari yang cukup banyak menjadi faktor memudarnya cat di rumah.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 23 September 2020
Rumah Subsidi yang Cocok untuk Milenial
Rumah Subsidi adalah rumah dengan pembeliannya tidak dikenakan pajak dan suku bunga rendah sehingga akan terjangkau bagi kaum Milenial yang ingin memiliki hunian sendiri. Hunian idaman kamu nantinya dapat dicicil dengan KPR bersubsidi atau Kredit Pemilikan Rumah. Rumah subsidi sendiri bisa didapat dengan harga yang terjangkau berkat adanya program dari Pemerintah karena tidak dikenakan PPN.Rumah SubsidiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 September 2020
Mau Rumah Anti Maling? Gunakan Sistem Keamanan Ini
Rumah Anti Maling merupakan rumah yang menjadi tempat berlindung serta aman dan jauh akan kejahatan. Saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong kamu pasti pernah merasa was-was iya bukan? Apalagi jika harus bepergian ke luar kota untuk hal penting seperti masalah pekerjaan atau berkunjung ke rumah kerabat.Belum lagi modus pencurian yang semakin beragam akan membuat kamuBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 21 September 2020
Jenis Shower Kamar Mandi yang Patut Kamu Coba
Jenis Shower Kamar Mandi sangat beragam mulai dari Jenis Shower Kamar Mandi tempel biasa maupun Jenis Shower Kamar Mandi electrik hingga berjenis eco-friendly. Belakangan ini, Jenis Shower Kamar Mandi yang sedang populer yaitu wall shower dan hand shower. Wall shower atau yang biasanya disebut dengan built in shower merupakan Jenis Shower Kamar Mandi yang di pasangBaca Selengkapnya