Spinner Icon

Dekorasi Kamar Kos Yang Wajib Anda Coba

Author Image
Info Terbaru · 22 April 2020

Kamar kos atau indekos sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Kehidupan kos meskipun dihuni dan dilakukan oleh banyak orang dari berbagai lapisan sosial dan ekonomi, sangat identik dengan keseharian mahasiswa. Ada bermacam tipe kos dan peraturannya, namun privasi adalah hal yang harus di negosiasi dan sangat bergantung pada keadaan dan harga tempat kos tersebut. 


Bahkan tidak jarang, satu tempat kos bahkan bisa dihuni oleh 2 orang atau lebih. Sementara bagi mereka yang menghuninya seorang diri,  maka ruang kos tersebut, tak peduli ukuran dan fasilitasnya, adalah surga pribadi. Maka dari itu, mengapa tidak menatanya sesuai dengan kehendak dan selera masing-masing?


Melalui artikel ini kami akan berbagi sedikit rahasia unik untuk menghias kamar kos menjadi seperti kamar hostel. 


  1. Beri Tempat Duduk Tambahan

Meski ruang kamar kos tak selalu luas dan besar, namun kesempatan untuk menerima kunjungan teman dan keluarga akan selalu ada. Kekurangan tempat duduk menjadi masalah yang akan kamu hadapi setiap waktu. Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyisihkan sedikit uang untuk bantal duduk yang murah. Bisa Anda beli sendiri atau hasil patungan bersama teman dan keluarga. Cara lainnya adalah mendayagunakan barang bekas yang layak untuk dijadikan tempat duduk dan mengubahnya menjadi alas duduk yang layak.


  1. Tempelkan Bingkai Di Dinding


Sumber: Homedit.com

Dinding yang itu-itu saja terkadang bisa membosankan, sementara setiap tempat kos belum tentu mengizinkan Anda menggunakan dinding tersebut lebih jauh. Tanpa palu dan paku pun anda tetap bisa menghias dinding dengan bingkai yang menarik. Keluarkan koleksi foto Anda atau gambar-gambar yang menginspirasi dan sejenisnya. Kemudian tempelkan dengan selotip warna-warni. Anda bisa bebas berkreasi dengan bingkai tempel sesuai keinginan dan selera.


  1. Tetap Green Dengan Sentuhan Tanaman


Sumber: Unsplash/Daiga Ellaby

Bagi Anda yang menyukai alam atau sekedar hobi memelihara tanaman, silahkan saja untuk membawa pot ke dalam ruang kos. Terlebih lagi jika kamar Anda disertai dengan balkon atau jendela yang layak. banyak ragam jenis tumbuhan yang bisa dirawat di dalam ruangan. Carilah jenis tumbuhan yang murah biaya perawatannya, sehingga tidak akan menjadi beban pikiran. Fungsinya pun tak hanya dekorasi, namun ikut membersihkan udara dan menjaganya tetap segar.


  1. Hiasi Ruang Belajar


Jika Anda memiliki meja belajar dan rak buku, maka benda-benda ini pun dapat digunakan untuk meramaikan suasana kamar. Ubah tampilannya yang biasa saja  menjadi inspiratif dan menimbulkan semangat. Cari lampu gantung atau lampu belajar yang terang dengan warna dan fitur menarik. Gunakan kaleng kosong sebagai tempat alat tulis atau hiasi rak buku dengan pita berwarna.


  1. Buat Galeri Foto Untuk Bernostalgia

Sumber: Unsplash/Bench Accounting


Di era serba fotografi ini, Anda tidak perlu menjadi fotografer untuk memiliki gambar momen-momen yang seru dalam hidup Anda. Jika Anda memang menyukai atau mendalami fotografi pun Anda bisa membuat galeri sendiri. Ubah dinding kosong menjadi galeri pribadi. Buatlah dalam bentuk kumpulan atau kolase foto, baik foto teman, keluarga atau apapun yang Anda suka. Kumpulkan foto-foto terbaik , tempelkan, kemudian hiasi dengan lampu-lampu kecil agar kamar pun terasa lebih hidup.


  1. Lukisan Dinding Yang Nyala dalam Terang


Beri nuansa baru dalam kamar Anda, jika memungkinkan untuk mengecat dinding kamar kos, maka jangan ragu untuk melakukan hal ini. Anda bisa melukisnya dengan gambar yang Anda suka dengan cat khusus yang menyala dalam gelap. Cat khusus yang nyala dalam gelap ini pun bisa anda temukan secara online atau di toko yang menjual alat kesenian. Rasakan nuansa yang berbeda ketika lampu kamar Anda dimatikan. Untuk mengatasi masalah izin cat, Anda juga bisa mencari stiker yang menyala dalam gelap.


Via: Jagranjosh.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua