(0)


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah menciptakan perubahan begitu besar pada desain interior.

Tak melulu negatif, perubahan tersebut melahirkan inovasi baru dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sebagai contoh, desainer interior berusia 20 tahun Eric Rahardjo Hoputro menghasilkan sebuah konsep desain interior pesawat pribadi dengan menggunakan kaca untuk elemen atap.

Konsep tersebut dibuat berdasarkan pertimbangan khusus mengenai kebersihan dalam kabin pesawat.

"Seperti yang kita tahu, virus (Covid-19) dapat bertahan hidup hingga 9 jam pada permukaan logam," kata Eric yang sekaligus CEO InteriorHAHA kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Eric melanjutkan, peran atap kaca dalam menggantikan logam tersebut untuk meningkatkan intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin pesawat.

Sinar matahari, menurut dia, memperpendek jangka waktu hidup berbagai macam virus.

Selain itu, penggunaan atap kaca tersebut juga menambah fungsi estetika pada interior kabin pesawat.

Desain ini dapat diaplikasikan pada pesawat pribadi maupun komersial. 

Eric menjelaskan, atap kaca tak mengganggu kecepatan angin dari luar, bentuk luar badan pesawat, dan sistem navigasi di dalam kokpit.

"Saya berharap karya-karya ini mampu membuat ruang hidup manusia lebih baik. Kami ingin memotivasi masyarakat semuanya untuk dapat tetap memiliki pengharapan bahwa sehabis gelap pasti terbitlah terang," pungkas Eric.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 12 Agustus 2020
Wabi-sabi, Inspirasi Desain Interior Jepang yang Makin Digandrungi
KOMPAS.com - Anda mungkin punya ide unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa. Ada beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru adalah " Wabi-sabi". Inspirasi desain asal Jepang ini makin digandrungi karena mengakomodasi kepraktisan, kesederhanaan, dan tidak terlalu teratur. Lantas, apa itu "Wabi-sabi"? "Wabi-sabi"Baca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Agustus 2020
Setelah Pandemi, Desain Hunian Sekaligus Ruang Kerja Bakal Ngetren
KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat pemilik rumah mengubah tata letak hunian mereka. Beberapa memanfaatkan sisa ruangan di dalam rumah menjadi ruang kerja pribadi. Bahkan ada yang membuat ruang kerjanya sendiri di ruangan khusus. Pada awalnya orang-orang melihat kebutuhan akan ruang kerja di rumah hanya bersifat sementara sampai pandemi usai. NamunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Agustus 2020
Penting, 7 Tips Renovasi Ruang Kerja di Rumah Biar WFH Makin Nyaman
KOMPAS.com - Keberadaan ruang kerja di rumah mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang karena jarang berada dalam kondisi harus mengerjakan pekerjaan di rumah. Akan tetapi, semenjak kemunculan wabah Covid-19, belakangan ruang kerja berangsur dianggap penting. Bahkan, kebutuhan semakin terasa semenjak diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam rangka mengurangi penyebaranBaca Selengkapnya