Spinner Icon

Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 September 2022
Table of Contents:
  • Konsep Rumah Asri
  • Kriteria Rumah Asri
  • 1. Lingkungan yang Bersih
  • 2. Rumah dengan Taman di Belakang atau Depan Rumah
  • 3. Rumah dengan Ventilasi Udara yang Cukup
  • 4. Rumah dengan Pencahayaan Alami
  • Inspirasi Desain Rumah Asri
  • 1. Earth Tone
  • 2. Tanaman di Ruang Makan
  • 3. Dinding dengan Bahan Bata
  • 4. Taman Mini Indoor
  • 5. Taman Vertikal
  • 6. Kolam Ikan
  • 7. Kanopi di Halaman Belakang
  • 8. Ruang Baca Hijau
  • Kesimpulan


Setiap orang pasti ingin memiliki hunian yang bersih, nyaman, dan sehat. Rumah adalah tempat yang akan kita tinggali hampir setiap harinya. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki rumah yang bersih dan nyaman untuk ditinggali. Untuk menjawab keinginan ini, kini sudah ada konsep rumah asri.

Apa itu konsep rumah asri? Bagaimana penerapan konsep rumah asri? Artikel ini akan membahas apa itu desain rumah asri dan inspirasi desain rumah asri yang dapat kamu terapkan ke hunian idaman kamu.


Konsep Rumah Asri

Perumahan asri sendiri merupakan konsep hunian yang mengintegrasikan konsep hunian hijau dengan memanfaatkan desain rumah yang memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara. Konsep rumah ini memiliki kaitan erat dengan kesehatan. Dengan memperhatikan kesehatan dan kebersihan, konsep ini menggabungkan berbagai aspek dan desain yang dapat menunjang terbentuknya lingkungan hunian yang bersih, sehat, dan nyaman.

Baca juga: Inspirasi Rumah Sederhana Anti Mati Gaya


Kriteria Rumah Asri

Untuk dapat disebut sebagai rumah asri, suatu hunian harus dapat memenuhi empat kriteria di bawah ini, yaitu:

1. Lingkungan yang Bersih

Salah satu syarat dari rumah asri adalah lingkungan yang bersih. Dengan memiliki lingkungan yang bersih pastinya akan nyaman dan enak dipandang. Bayangkan jika rumahmu sudah bersih dan nyaman, tetapi lingkungan sekitar rumahmu kotor. Hal ini tentu tidak diinginkan siapapun. Rumah yang asri hanya dapat diwujudkan dengan lingkungan yang asri juga.

Dengan lingkungan yang bersih, maka para penghuni juga akan memiliki kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik. Untuk memajukan konsep rumah asri, sudah banyak developer yang mengembangkan proyek perumahan dengan konsep lingkungan hijau yang bersih, atau kerap disebut sebagai green living. Lingkungan dengan konsep green living menunjang keasrian hunian yang berada di dalam lingkungan tersebut.

2. Rumah dengan Taman di Belakang atau Depan Rumah

Konsep rumah asri juga dapat ditunjang dengan memiliki taman di rumah. Taman ini dapat berukuran kecil ataupun besar yang dapat kamu letakkan di bagian depan atau belakang rumah. Selain untuk menunjang konsep rumah asri, taman juga pastinya akan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan indah.

Taman ini dapat kamu manfaatkan untuk menanam tanaman-tanaman hijau ataupun bunga-bunga yang kamu sukai. Di samping memperindah hunian, taman ini juga membantu dalam mengatasi polutan di udara, sehingga rumah juga menjadi lebih sehat dan segar.

3. Rumah dengan Ventilasi Udara yang Cukup

Pernahkah kamu membayangkan jika rumah kamu dipenuhi oleh udara kotor? Hal ini tentu akan membuat kamu tidak nyaman berada di rumah tersebut. Untuk mengatasi udara kotor ini, rumah memerlukan sistem ventilasi udara yang baik.

Ventilasi udara sendiri berperan sebagai jalan keluar masuknya udara. Tanpa ventilasi udara yang baik, rumah akan menjadi tidak nyaman dan lembab. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi para penghuni di dalamnya. Oleh karena alasan inilah ventilasi udara yang baik juga menjadi salah satu syarat untuk rumah asri.

Dengan ventilasi udara yang baik, udara kotor dari dalam rumah akan mudah keluar dan udara bersih dari luar juga akan lebih mudah untuk masuk ke rumah. Pertukaran udara yang baik ini kemudian akan membuat rumah yang terasa lebih bersih dan sejuk. Ingatlah untuk selalu memeriksa ventilasi rumah yang ingin kamu beli atau bangun sendiri demi kenyamanan kamu di kemudian hari.

4. Rumah dengan Pencahayaan Alami

Rumah yang tidak memperoleh cahaya yang cukup dari matahari pastinya dapat menyebabkan rumah menjadi lembab. Rumah yang lembab dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit bagi penghuninya. Inilah mengapa pencahayaan alami juga adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan untuk rumah kamu.

Pastikan rumahmu memiliki akses cahaya matahari yang memadai agar dapat mengurangi kemungkinan rumah menjadi lembab. Hal ini dapat kamu dukung dengan memasang jendela kaca yang cukup besar bagi sinar matahari untuk dapat masuk ke dalam rumah. Dengan pencahayaan alami yang cukup dan ventilasi udara yang baik, rumah akan menjadi lebih segar dan terasa alami.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Membangun Halaman Rumah Minimalis


Inspirasi Desain Rumah Asri

Sekarang setelah kamu mengetahui bagaimana konsep rumah asri, berikut adalah beberapa inspirasi-inspirasi desain rumah asri yang dapat kamu tiru.

1. Earth Tone

Desain interior dengan warna bumi, atau kerap disebut dengan earth tone, sedang marak diterapkan oleh banyak rumah dan telah menjadi salah satu tren desain rumah asri modern. Dengan desain interior warna bumi ini, kamu dapat memperoleh nuansa natural dan asri. Selain itu, desain ini juga dapat memberikan kesan rumah yang minimalis dan modern.

Warna bumi sendiri terdiri dari warna-warna netral, misalnya putih, coklat, beige, krem, dan lain-lain. Aplikasikan warna-warna ini pada lantai, dinding, plafon, hingga perabotan yang ada di rumah agar mendapat nuansa rumah yang lebih asri.

2. Tanaman di Ruang Makan

Bosan dengan meja makan yang kosong tanpa dekorasi? Kamu dapat menambahkan tanaman-tanaman kecil di atas meja makan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruang makan. Di samping itu, tanaman-tanaman ini juga dapat membuat ruang makan jadi bernuansa natural dan asri.

Kamu dapat meletakkan vas tanaman hijau ataupun bunga segar, kering, atau imitasi di atas meja makan. Kamu juga dapat menambahkan aksen lain, misalnya lilin untuk meningkatkan nuansa asri modern pada ruang makan.

3. Dinding dengan Bahan Bata


Sumber: arsitag.com

Kamu pasti pernah mengunjungi cafe atau restoran-restoran modern yang menampilkan interior dengan dinding bata. Penerapan dinding bata ini bertujuan untuk menciptakan suasana klasik dan modern secara bersamaan. Selain untuk cafe ataupun restoran, ternyata konsep ini juga cocok untuk diaplikasikan ke hunianmu.

Bagi kamu yang menyukai konsep hunian industrial, tradisional, ataupun rustic, konsep dinding dengan bahan bata sangat cocok untuk hunianmu. Dinding bata dapat memberikan nuansa klasik dan asri. Kamu dapat menerapkan dinding bata pada area tertentu sehingga rumah jadi berkesan minimalis dan asri.

4. Taman Mini Indoor


Sumber: arsitag.com

Tidak memiliki lahan yang cukup untuk taman outdoor atau taman kecil di pekarangan rumah? Kamu tidak perlu khawatir karena kini taman mini indoor juga sedang tren dalam merancang rumah minimalis. Kamu dapat menerapkan taman mini ini di ruang tengah, misalnya di dekat ruang tamu atau ruang keluarga. Kamu dapat menanam berbagai tanaman hidup di tanah, baik secara langsung atau kamu juga dapat menggunakan pot.

5. Taman Vertikal

Selain membuat taman mini indoor, kamu juga dapat membuat taman vertikal. Taman vertikal ini juga memiliki fungsi lain selain sebagai dekorasi. Kamu juga dapat menggunakan taman vertikal untuk menanam tumbuhan herbal untuk keperluan rumah tangga.

Di samping membuat rumah terlihat asri, taman vertikal juga tidak mengambil space yang terlalu besar dari rumah sehingga rumah tidak terkesan sempit. Taman vertikal sendiri dapat kamu beli atau dapat kamu buat sendiri.

6. Kolam Ikan

Rumah asri tidak hanya dapat kamu peroleh dengan tanaman-tanaman hijau saja. Kolam ikan juga dapat memberikan kamu konsep rumah asri. Suasana rumah yang asri dan sejuk juga dapat kamu dapatkan dengan memiliki kolam ikan di rumah. Gerakan kehidupan dari ikan dan bunyi gemericik air akan memberikan nuansa yang asri dan nyaman bagi rumah. Kolam ikan sendiri sudah banyak diterapkan di banyak hunian.

7. Kanopi di Halaman Belakang


Sumber: arsitag.com

Halaman rumah dapat kamu jadikan tempat bersantai yang nyaman dengan membangun kanopi atau teras. Buat halaman kamu menjadi asri dengan menanam berbagai tanaman hijau ataupun tanaman rambat untuk menghiasi rangka kayu kanopi. Kanopi ini akan membuat waktu bersantai kamu menjadi lebih nyaman tanpa perlu khawatir hujan atau terik matahari.

8. Ruang Baca Hijau

Suka membaca? Ingin mengembangkan suasana yang tenang dan asri untuk ruang bacamu? Kamu dapat mengaplikasikan dekorasi alami di ruang baca kamu dengan menempatkan pot-pot berisi tanaman hijau di lantai atau digantung di sejumlah sudut langit-langit ruangan. Jadikan ruang favorit kamu ini menjadi tempat yang nyaman dan asri.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri


Kesimpulan

Desain rumah asri tidak hanya memberikan kesan estetik bagi rumah atau mempercantik rumah saja, tetapi juga mendatangkan suasana rumah yang lebih bersih dan sehat. Pastikan kamu tidak hanya menjaga kebersihan rumahmu sendiri tetapi juga menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan sesama penghuni dalam hunian.

Yuk, wujudkan impianmu untuk memiliki hunian asri yang kamu idamkan bersama BTN. Ajukan KPR online di BTN Properti. Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang program KPR yang ditawarkan oleh BTN.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua