Spinner Icon

Ide Fasad Rumah Minimalis untuk Hunian Estetik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 September 2022
Table of Contents:

  • Apa Itu Fasad Rumah Minimalis?
  • Fungsi Fasad Rumah Minimalis
  • 1. Elemen Visual Pertama yang Diperhatikan
  • 2. Menunjukkan Konsep Arsitektur yang Diterapkan
  • 3. Meningkatkan Nilai Jual Hunian
  • Inspirasi Desain Fasad Rumah Minimalis
  • 1. Fasad Rumah Minimalis Sederhana
  • 2. Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai
  • 3. Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai
  • 4. Fasad Rumah Minimalis Modern
  • 5. Fasad Rumah Minimalis Tipe Hook
  • 6. Fasad Rumah Minimalis Warna Monokrom
  • 7. Fasad Rumah Toko Minimalis


Desain fasad rumah atau bagian depan rumah merupakan hal terpenting pada tampilan fisik sebuah hunian, karena bagian inilah yang nantinya akan menentukan kesan pertama dari orang yang melihat properti tersebut.

Seiring waktu, desain fasad rumah semakin berkembang dari aspek material maupun variasi tema. Beberapa di antara fasad rumah yang umum ditemukan adalah rustic, industrial, kontemporer, klasik, bohemian, dan shabby chic.

Selain variasi desain fasad yang telah disebutkan, gaya minimalis menjadi salah satu bentuk fasad yang banyak dipilih oleh masyarakat. Melalui elemen yang sederhana dan pengoptimalan seluruh aspek tempat tinggal, fasad minimalis dapat menghadirkan kesan modern dan menarik pada berbagai jenis dan luas ukuran rumah.


Apa Itu Fasad Rumah Minimalis?

Sebelum mengenal lebih jauh ragam variasi fasad rumah minimalis, terlebih dahulu kita akan memahami apa itu fasad.

Secara harfiah, fasad berasal dari bahasa Prancis facade dan bahasa Italia faccia yang artinya adalah wajah. Dalam lingkup arsitektur, fasad didefinisikan sebagai wajah dari bangunan atau kumpulan unsur yang tampak pada eksterior bangunan.

Fasad dibentuk dengan memperhatikan komposisi bangunan dan terdiri atas garis, sisi, sudut, bidang, tekstur, serta void. Pada bagian fasad, kamu juga akan menemukan elemen fungsional seperti pintu, jendela, tangga, dan atap. Selain itu, teras, taman, serta pagar juga dapat melengkapi tampilan fasad sebuah rumah.

Umumnya, fasad hadir sebagai tampilan depan sebuah hunian. Meski begitu, tak jarang fasad ditemukan pada bagian samping maupun belakang sebuah bangunan.

Di kawasan yang kerap mengalami persoalan lahan terbatas seperti kebanyakan kota besar di Indonesia, gaya minimalis cocok diterapkan pada fasad dan interior rumah berukuran mungil. Desain fasad minimalis yang cenderung sederhana serta menghindari penggunaan material dan ornamen yang berlebihan menjadikan rumah berukuran mungil terlihat elegan dan jauh dari kesan kumuh.

Desain fasad rumah minimalis umumnya mengandalkan tekstur dan bentuk geometri yang tegas untuk menghadirkan nuansa modern yang unik. Lebih lanjut, gaya minimalis umumnya menerapkan perpaduan warna natural seperti putih dan abu-abu untuk membuat tampak depan rumah terlihat bersih dan terang.

Sebagai variasi aksen untuk menambah nilai estetika, fasad rumah minimalis kerap memanfaatkan permainan unsur alami seperti batu dan kayu. Meski begitu, pemilihan material tambahan ini biasanya juga dilakukan secara berhati-hati agar setiap komponen penyusun fasad tetap sesuai dengan konsep minimalis dan memenuhi unsur fungsionalitas.

Baca juga: Modern dan Minimalis, Kenali Rumah Kotak Minimalis!


Fungsi Fasad Rumah Minimalis

Selain menjadi wajah yang mencerminkan estetika sebuah tempat tinggal, fasad juga memiliki fungsi lain sebagai berikut:

1. Elemen Visual Pertama yang Diperhatikan

Sebagai wajah dari sebuah bangunan, fasad merupakan elemen pertama yang akan dilihat dan dinilai oleh orang-orang yang tinggal di luar bangunan tersebut. Nantinya, bentuk yang disajikan oleh fasad rumah menjadi bagaimana pandangan orang terhadap keseluruhan isi rumah.

Lebih lanjut, fasad juga dapat digunakan sebagai patokan untuk menggambarkan tampilan rumah kepada orang lain, untuk membantu mereka mengenali dan mengetahui lokasi dari bangunan yang dimaksud.

2. Menunjukkan Konsep Arsitektur yang Diterapkan

Fasad sebuah rumah umumnya dirancang sesuai dengan identitas tema yang dimiliki oleh rumah tersebut, seperti fasad bergaya rustic untuk rumah rustic dan fasad bergaya Skandinavia untuk rumah bergaya Nordik. Dalam hal ini, seseorang dapat melihat point of interest yang ingin ditunjukkan oleh sebuah rumah hanya dengan melihat fasad dari rumah tersebut.

Demikian halnya dengan fasad rumah minimalis. Melalui penggunaan elemen geometris pada bingkai jendela atau dominasi warna netral pada dinding tampak depan rumah, orang lain akan segera mengetahui bahwa konsep yang diusung pada properti tersebut terinspirasi dari aliran minimalism.

3. Meningkatkan Nilai Jual Hunian

Selain menunjukkan nilai estetika dan kekhasan sebuah rumah, fasad juga merupakan elemen signifikan yang mempengaruhi nilai komersial. Dalam hal ini, kamu dapat membayangkan situasi saat akan membeli rumah yang sudah jadi.

Sebelum memasuki properti, hal pertama yang menjadi sorotan kamu pastilah bagaimana bangunan tersebut dilihat dari tampak luar. Selanjutnya, kamu juga akan memperhatikan fitur apa saja yang membedakan bangunan tersebut dari rumah-rumah di sekitarnya.

Umumnya, properti dengan tampilan yang menarik dan unik akan lebih banyak diminati dan bernilai jual tinggi, sehingga tak sedikit developer maupun pemilik rumah mengerahkan begitu banyak waktu dan kreativitas untuk menghasilkan fasad yang memikat.

Baca juga: Yuk, Intip Desain Interior Rumah yang Bikin Betah!


Inspirasi Desain Fasad Rumah Minimalis

Setelah memahami definisi dan kegunaan fasad pada rumah minimalis, artikel ini akan menampilkan contoh model fasad rumah minimalis yang dapat kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah yang memiliki gaya minimalis.

1. Fasad Rumah Minimalis Sederhana

Bagi kamu yang memiliki hunian mungil di lahan terbatas, desain fasad rumah minimalis bisa menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan rumah. Pemanfaatan warna netral dan elemen geometris menjadikan rumah sederhana tampak hangat dan menarik.

Jika ingin menambahkan variasi pada fasad rumah minimalis sederhana, kamu dapat mengandalkan kombinasi material batu bata pada dinding atau menggunakan atap dengan model split level.

2. Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai

Banyak orang berpendapat rumah satu lantai tidak bisa memiliki desain fasad yang memukau. Kenyataannya, begitu banyak ruang yang dapat dikreasikan dengan memilih gaya minimalis.

Untuk memulainya, kamu bisa memilih warna putih sebagai dasar. Pemanfaatan warna putih pada dinding dapat menampilkan kesan hunian yang bersih dan lebar.

Selanjutnya, gunakan roster dengan bentuk geometris dan langit-langit berbahan dasar kayu sebagai variasi aksen muka rumah. Jika ingin menghadirkan nuansa asri, kamu dapat membuat taman kecil di halaman depan dengan memilih tanaman hias jenis semak untuk mempercantik taman.

3. Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai


Sumber: Arsitag.com

Bagi kamu yang memiliki hunian berukuran besar, penggunaan fasad minimalis dapat menjadikan rumah terkesan praktis dan tidak berlebihan.

Untuk meminimalisasi variasi bahan yang digunakan untuk merancang fasad, kamu dapat meletakkan jendela kaca berukuran besar pada lantai bawah maupun atas. Tidak hanya membuat rumah terlihat elegan dari luar, kamu juga mendapatkan sumber masuk sinar matahari yang dapat membuat ruangan di dalamnya terlihat lebih cerah.

4. Fasad Rumah Minimalis Modern

Bangunan bergaya minimalis modern memiliki karakteristik tegas yang didominasi warna netral. Berbeda dengan rumah minimalis biasa yang banyak mengandalkan bahan kayu dan batu alam, fasad rumah minimalis modern umumnya mengandalkan bahan logam dan warna abu-abu sebagai variasi aksen pada tampilan depan rumah.

Lebih lanjut, gaya minimalis modern kerap mengandalkan sebagian atap datar untuk menonjolkan sisi geometris yang mempertegas tampak depan bangunan.

5. Fasad Rumah Minimalis Tipe Hook


Sumber: Arsitag.com

Rumah hook merupakan tipe hunian yang berada di sisi pojok sebuah lingkungan tempat tinggal. Berbeda dengan rumah pada umumnya yang hanya memiliki sisi depan, Rumah hook memiliki dua 'wajah' yang memungkinkan pemiliknya untuk lebih bebas merancang fasad.

Pada rumah hook yang menerapkan fasad minimalis, sebaiknya gunakan bentuk geometris dengan sudut seperti kubus. Untuk memberi kesan hunian yang padu, kamu juga dapat mengaplikasikan kaca siku atau tembok dengan garis horizontal yang menyambung pada dua muka rumah.

Sementara itu, area hook yang tidak dimanfaatkan sebagai bangunan dapat disulap menjadi taman minimalis dengan pot dan hiasan lampu berbentuk geometris.

6. Fasad Rumah Minimalis Warna Monokrom

Jika kamu menyukai hal yang praktis dan kesederhanaan, fasad rumah minimalis dengan warna monokrom bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mulailah dengan tembok warna putih. Selanjutnya, kamu dapat melakukan permainan aksen dengan memanfaatkan tekstur batu alam dan kayu sebagai variasi pada material penyusun tembok depan. Jika menginginkan adanya tambahan warna pada fasad rumah, alokasikan sedikit lahan untuk membuat taman kecil yang ditumbuhi oleh tanaman hijau.

Pada bagian kanopi dan pagar, gunakan besi hollow berwarna hitam. Untuk membuatnya terlihat elegan, gunakan pula perpaduan garis vertikal dan horizontal pada tampak depan rumah.

7. Fasad Rumah Toko Minimalis

Sumber: Arsitag.com

Desain fasad rumah ala ruko bergaya minimalis juga semakin banyak dikembangkan. Bagi kamu yang memiliki hunian 1 lantai, dapat mengambil inspirasi dari desain fasad ruko di atas. Fasad ruko tampak sederhana dengan memanfaatkan seluruh sisi depan rumah.

Sementara itu, kesan sederhana ditonjolkan dengan penggunaan garis vertikal dan dominasi warna putih pada tampak depan bangunan. Perpaduan dari kesederhanaan dan optimalisasi fungsi ruang adalah karakteristik dasar dari bangunan minimalis.

Baca juga: Ide Tata Letak dan Desain Rumah 1 Lantai

----

Jadi fasad rumah minimalis mana yang kamu sukai? Temukan rumah dengan fasad minimalis idamanmu di BTN Properti.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua