Spinner Icon

Kumpulan Rekomendasi Model Kursi Kayu Unik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 11 November 2022
Table of Contents:
  • Jenis-Jenis Kayu Terbaik untuk Kursi
  • 1. Kayu Jati
  • 2. Kayu Mahoni
  • 3. Kayu Sonokeling
  • Rekomendasi Ragam Model Kursi Kayu untuk Rumah Minimalis
  • 1. Kursi kayu elegan
  • 2. Perpaduan kursi kayu dengan rotan
  • 3. Kursi kayu vintage
  • 4. Kursi kayu sekaligus sofa
  • 5. Kursi kayu khusus outdoor
  • 6. Seperangkat kursi kayu dan meja makan
  • 7. Kursi kayu artistik
  • 8. Kursi kayu fellow
  • 9. Kursi kayu shabby chic
  • 10. Kursi kayu bench
  • 11. Kursi kayu klasik
  • 12. Kursi kayu rustic
  • 13. Kursi kayu japandi
  • 14. Kursi kayu unik dari pohon akasia
  • Kesimpulan

Sedang mencari inspirasi untuk membuat desain interior rumah impianmu? Perlu diketahui bahwa desain interior mencakup furnitur yang kamu gunakan. Salah satu rekomendasi yang dapat kamu lakukan yaitu menggunakan furnitur yang terbuat dari kayu.

Furnitur dari kayu merupakan pilihan yang cocok bagi kamu yang menyukai kesan artistik, estetik, sekaligus minimalis untuk rumah impianmu. Furnitur kayu seperti kursi dan meja juga mudah ditemukan di negara kita. Sebagai negara dengan jenis-jenis kayu yang berkualitas, kayu-kayu di Indonesia bersifat unik untuk dijadikan furnitur rumahmu.

Furnitur kayu tidak akan membuat rumahmu terlihat ketinggalan zaman atau kuno. Justru menciptakan kesan modern dan juga estetik secara bersamaan. Pada artikel ini, akan dibahas beragam jenis kayu dan model kursi kayu unik yang cocok untuk rumah minimalis.


Jenis-Jenis Kayu Terbaik untuk Kursi

Sebagai negara penghasil kayu yang cukup besar, Indonesia mempunyai ragam jenis kayu berkualitas untuk membuat kursi kayu dengan kualitas tinggi. Berikut adalah 3 jenis kayu yang cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan kursi.

1. Kayu Jati

Jenis kayu yang satu ini memang sudah sangat terkenal di dunia furnitur. Meskipun memiliki harga yang terbilang cukup mahal, kayu jati masih menjadi primadona di kalangan pecinta furnitur di seluruh dunia.

Dikenal sebagai kayu dengan berkualitas terbaik, kayu jati mempunyai karakter kayu yang keras dan awet. Selain itu, kayu ini juga memiliki pola serat dan tekstur yang indah, yang membuat furnitur memiliki tampilan yang elegan dan mewah. Di samping itu, kayu jati mengandung minyak yang membuatnya awet dan tahan terhadap jamur, rayap, dan serangga-serangga lainnya.

2. Kayu Mahoni

Selain kayu jati, mahoni juga merupakan jenis kayu yang paling cocok digunakan sebagai bahan furnitur. Jika dibandingkan dengan kayu jati, kayu mahoni bisa dibilang memiliki harga yang lebih terjangkau, sehingga banyak digunakan oleh para pengrajin mebel untuk membuat furnitur dengan kualitas tinggi dengan harga yang lebih murah.

Dengan tekstur yang cukup halus, serat yang indah dengan corak merah muda hingga merah tua, mahoni memberikan kesan elegan pada furnitur. Jenis kayu ini umum digunakan sebagai bahan untuk membuat furnitur, seperti kursi, meja, lemari, pintu, dan sebagainya.

3. Kayu Sonokeling

Dikenal juga sebagai sonobrits, palisander, indian wood, atau sono sungu, kayu sonokeling juga banyak dipakai untuk membuat furnitur. Ada banyak alasan mengapa jenis kayu ini banyak disukai oleh para pengrajin furnitur. Salah satunya adalah warna merah tua atau ungu dengan garis hitam gelap pada kayu sonokeling membuatnya memiliki daya tarik tersendiri sebagai bahan furnitur.

Kayu ini juga termasuk dalam kategori kayu yang sangat keras sehingga dapat menghasilkan furnitur yang kokoh. Serat kayu sonokeling juga sangat halus dengan butiran yang menarik seperti kayu jati, sehingga membuat hasilnya menjadi terlihat lebih elegan.

Baca juga: Kupas Tuntas Kayu Mahoni untuk Bahan Furnitur Rumah


Rekomendasi Ragam Model Kursi Kayu untuk Rumah Minimalis

Berikut beberapa rekomendasi model kursi kayu unik yang bisa menjadi inspirasi kamu:

1. Kursi kayu elegan

Cocok untuk diletakkan di kamar tidur, kursi kayu jenis ini bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menonton televisi di kamar atau bahkan bercengkrama dengan keluargamu.

Dengan lapisan alas duduk yang empuk seperti sofa, kamu akan merasakan kenyamanan saat duduk dengan kursi model ini. Kursi kayu elegan multifungsi untuk dijadikan kursi makan atau kursi di ruang keluarga.

2. Perpaduan kursi kayu dengan rotan

Kursi kayu dengan paduan rotan dapat membuat nuansa baru di rumah. Kesan kokoh, natural, sekaligus berkelas ini dapat kamu letakkan di berbagai ruangan. Kursi rotan dapat diletakkan tidak hanya ruang tamu, ruang keluarga, bahkan ruang santai seperti di taman belakang rumah yang sering digunakan untuk bersantai.

3. Kursi kayu vintage

Supaya terkesan lebih modern ala vintage, kamu bisa mengecat ulang model kursi kayu dengan warna putih pada bagian sandaran dan kaki kursi. Kursi kayu model vintage cocok sekali untuk dijadikan kursi belajar di kamar atau bahkan dijadikan kursi makan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kursi kayu vintage dengan ukuran yang lebih kecil untuk ruangan minimalis.

4. Kursi kayu sekaligus sofa

Mendengar kata kursi kayu, pasti terbesit di dalam pikiranmu bentuk kaku dan terasa pegal jika digunakan untuk duduk yang lama. Kursi santai dari kayu juga bisa dialasi busa dan lapisan bahan yang empuk seperti sofa. Tentunya akan membuat kamu terasa lebih nyaman dan betah. Model lain yang bisa membuat kamu lebih santai yaitu model bantalan yang agak miring pada bagian belakang untuk punggungmu bersandar. Kamu pasti nyaman dengan penggunaan kursi kayu sekaligus sofa ini!

5. Kursi kayu khusus outdoor

Agar terkesan natural, kamu bisa menggunakan kursi kayu yang unfinished di ruang outdoor. Misalnya model kursi kayu tanpa sandaran dengan ukiran kayu yang terlihat natural tentu dapat mempercantik ruang outdoor.

6. Seperangkat kursi kayu dan meja makan

Set kursi kayu untuk meja makan bisa kamu pakai di rumah impianmu. Terkenal awet dan kokoh, set meja makan ini bisa kamu gunakan bertahun-tahun. Tidak hanya irit, Kamu juga bisa menciptakan desain yang unik dan variatif dengan set meja makan ini. Mulai dari desain minimalis, japandi, hingga kontemporer.


Baca juga: Simak Jenis-Jenis Bahan Kayu Terbaik Untuk Interior Rumah!

7. Kursi kayu artistik

Merupakan kursi multifungsi, kursi kayu artistik bisa kamu letakkan di berbagai ruangan. Mulai dari ruang bersantai, kamar, bahkan ruang tamu bisa terlihat estetik menggunakan kursi ini. Walaupun sederhana, kursi kayu artistik juga menimbulkan nuansa minimalis. Ada juga bentuk yang space-saving yang tidak terlalu besar dan cocok bagi kamu yang ingin menghemat ruangan.

8. Kursi kayu fellow

Model kursi kayu ini cocok untuk kamu yang memiliki ruangan bar. Bisa juga untuk rumah bergaya scandinavian, kursi kayu fellow akan menciptakan nuansa minimalis. Dengan pijakan kaki bagian bawah dan diberi lapisan karet, penggunaan kursi kayu ini dalam jangka panjang tentu tidak akan merusak lantai dan membuat kamu bisa duduk dengan nyaman.

9. Kursi kayu shabby chic

Kursi kayu shabby chic memiliki model yang klasik. Jika kamu padukan dengan warna-warna yang unik, tentu akan terlihat semakin elegan serta cocok untuk digunakan pada ruang tamu agar terlihat semakin modern.

10. Kursi kayu bench

Dengan desain yang sederhana, kursi kayu minimalis dan unik yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Tidak hanya memberi nuansa sederhana dan minimalis, tetapi juga modern. Cocok digunakan untuk berbagai ruangan, seperti ruang makan, dapur, dan lain-lain.

11. Kursi kayu klasik

Kata klasik dicerminkan melalui penampilannya, yaitu kursi dengan penuh ukiran dan berwarna gold atau silver. Namun, di zaman modern ini juga terdapat desain kursi kayu minimalis sekaligus klasik dan juga dengan warna-warna unik lainnya seperti abu-abu.

12. Kursi kayu rustic

Konsep rustic bisa diterapkan untuk desain interior dan dapat membuat rumah terkesan natural dan sederhana, sehingga menjadikan desain ini tergolong cukup unik. Dengan sentuhan natural yang tersedia dari warna kayu aslinya, desain ini bisa menciptakan nuansa minimalis dan artistik. Gaya rustic terinspirasi dari struktur bangunan pedesaan yang biasanya suka menggunakan material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, atau logam.

13. Kursi kayu japandi

Disingkat dari kepanjangan Japanese-Scandinavian, desain ini merupakan gabungan dari budaya khas Jepang dan Skandinavia. Desain japandi bisa menciptakan desain minimalis, modern, dan juga bisa menciptakan suasana yang cozy. Akhir-akhir ini, desain japandi kian populer di kalangan masyarakat.

14. Kursi kayu unik dari pohon akasia

Tidak hanya berguna untuk tanaman peneduh pinggir jalan, kayu akasia juga merupakan contoh kayu yang banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan furnitur. Ternyata, kayu akasia memiliki keunikan dan kualitas yang baik. Tidak hanya kuat, kursi kayu akasia dapat menciptakan nuansa minimalis sekaligus modern. Tentu akan sangat cocok jika kamu gunakan dalam desain interior.

Baca juga: Desain Lantai Kayu yang Unik untuk Rumah Kamu!


Kesimpulan

Jenis kursi kayu yang beragam bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah impianmu. Tiap kayu memiliki karakteristik masing-masing dan dapat menciptakan nuansa unik yang berbeda. Pastikan kamu memilih model kursi kayu yang cocok dengan interior rumahmu agar tetap tampak selaras dan indah.

Cek website btnproperti.co.id untuk info lainnya mengenai rumah dan program KPR BTN

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua