Spinner Icon

Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana dengan Maksimal dan Cantik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 September 2022
Table of Contents:
  • Tips agar Rumah Minimalis Sederhana menjadi Maksimal dan Cantik
  • 1. Jauhkan tanaman hias bunga
  • 2. Tanamkan mindset bahwa rumah bersih adalah rumah mewah
  • 3. Meminimalisir sekat dalam rumah
  • 4. Gunakan cat atau wallpaper yang sesuai
  • 5. Mengatur penyimpanan barang-barang
  • 7. Menggunakan perabotan multifungsi
  • 8. Gunakan pintu sebagai tempat penyimpanan
  • 9. Jendela memegang peranan penting
  • 10. Penerangan yang baik
  • 12. Menggunakan Teknik Crown Molding
  • 13. Menggunakan klem kabel
  • 14. Menyimpan barang dengan efisien
  • 15. Menggunakan bantal empuk
  • 16. Menerapkan penyimpanan vertikal dengan maksimal
  • Kesimpulan

Kini konsep rumah minimalis menjadi tren yang disukai oleh berbagai kalangan. Rumah minimalis umumnya memiliki ruangan berukuran kecil dan mengedepankan konsep kesederhanaan, efisien, dan efektif.

Namun, menata rumah minimalis sering terdapat kendala, terlebih lagi jika kamu memiliki dana yang terbatas. Dengan area yang terbatas, para pemilik rumah minimalis kerap mengalami kesulitan dalam mengatur tata letak ruangan serta perabotan di dalamnya. Apabila salah menatanya, rumah minimalis justru akan terlihat sempit, berantakan, dan tidak menarik.

Dalam mewujudkan konsep rumah minimalis yang modern, maksimal, dan cantik diperlukan komitmen yang kuat. Cek tips di bawah ini untuk menata rumah minimalis sederhana impianmu!


Tips agar Rumah Minimalis Sederhana menjadi Maksimal dan Cantik

Menciptakan rumah minimalis tentu tidak mudah. Jika kamu melakukannya dengan cara yang salah, maka konsep minimalis dapat hilang dan justru tidak elegan. Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan jika ingin mewujudkan rumah minimalis:

1. Jauhkan tanaman hias bunga

Dikarenakan tanaman hias bunga terdiri dari berbagai macam dan warna, sehingga kamu tidak boleh sampai salah pilih. Mungkin kamu bisa menyesuaikan penempatan tanaman hias bunga seperti diletakkan di ruang outdoor saja dan gunakan tanaman seperti sukulen sehingga terkesan lebih minimalis.

2. Tanamkan mindset bahwa rumah bersih adalah rumah mewah

Salah satu tips yang tidak hanya menghemat uang tetapi juga menghemat tenaga dan bermanfaat bagi kesehatan seluruh penghuni rumah yaitu rutin membersihkan dan merapikan rumah. Dengan bersih dan tertata rapi, rumah akan terlihat lebih elegan, mewah, dan menarik.

3. Meminimalisir sekat dalam rumah

Rumah minimalis dengan banyak sekat dapat membuat ruangan terasa semakin kecil dan sempit. Oleh sebab itu, biarkan saja ruangan tersebut terlihat terbuka. Selain terlihat lebih luas, ruangan tanpa sekat juga terlihat lebih lega dan luas.

Jika memang tetap ingin menambahkan sekat, kamu bisa menggunakan furnitur seperti lemari atau rak buku dan ditata dengan baik agar terlihat rapi. Kamu juga bisa menggunakan gorden atau pintu lipat agar lebih leluasa saat dibuka maupun ditutup.

4. Gunakan cat atau wallpaper yang sesuai

Pemilihan warna cat dan motif wallpaper memegang peran penting dalam konsep rumah minimalis. Jika kamu salah memilih warna, maka akan terlihat semakin sempit.

Kamu dapat memilih warna-warna minimalis seperti putih, abu-abu, pastel, dan krem yang dapat menciptakan kesan ruangan terlihat lebih luas. Selain itu,kamu juga bisa memadukan warna minimalis dengan perabotan kayu sehingga terkesan lebih hangat dan nyaman.

Perlu diingat, kamu harus menghindari penggunaan wallpaper dengan motif besar dan aneka warna yang terlalu mencolok. Warna yang mencolok akan terkesan berantakan dan sempit, hal ini berlawanan dengan konsep rumah minimalis. Kamu bisa menggunakan motif sederhana seperti garis vertikal atau horizontal sebagai solusinya.

5. Mengatur penyimpanan barang-barang

Barang-barang kecil seperti mainan, alat tulis, alat makan, dan lain-lain dapat membuat rumah terkesan berantakan jika tidak ditata dengan rapi. Terlebih lagi, kamu akan kesulitan mencarinya ketika dibutuhkan jika tidak tertata dengan rapi.

Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan kotak penyimpanan atau box. Letakkan barang-barang dan pisahkan sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Metode serupa juga dapat kamu terapkan untuk pakaian-pakaian kecil seperti kaos kaki, dasi, pakaian dalam, gesper, dan lain-lain. Selain lemari terlihat lebih rapi, waktu yang digunakan untuk mencarinya juga akan lebih singkat.

6. Furniture yang tepat

Dengan pemilihan perabotan yang tepat, rumah akan terlihat lebih rapi dan fungsional. Perabotan yang terlalu besar dapat mengganggu pemandangan rumah minimalis. Untuk itu, perlu pertimbangan yang baik mengenai ukuran ruangan dan furniture.

Misalnya, jika rumahmu memiliki ruang tamu yang tidak terlalu besar, maka kamu tidak perlu membeli sofa dengan tiga dudukan. Kamu cukup membeli sofa berukuran kecil. Sisa ruangan tersebut bisa kamu gunakan untuk meletakkan meja. Kamu juga dapat menghindari meja atau lemari ukir kuno yang cenderung berukuran besar.

7. Menggunakan perabotan multifungsi

Selain pemilihan furniture tersebut, kamu juga bisa menggunakan perabotan multifungsi. Contohnya seperti meja makan lipat yang menghemat ruang, tempat tidur dengan banyak laci, dan masih banyak lagi. Laci tersebut bisa kamu gunakan untuk menyimpan pakaian dan perlengkapannya untuk menghemat ruangan.

8. Gunakan pintu sebagai tempat penyimpanan

Apabila kamu memiliki banyak perabotan atau barang, maka dibutuhkan ruang yang lebih untuk menyimpannya. Agar rumah dapat tertata rapi dan dapat menyimpan banyak peralatan, kamu bisa memasang gantungan atau rak kecil di belakang pintu kamar, pintu kamar mandi atau di ruang cuci.

9. Jendela memegang peranan penting

Jendela rumah perlu diperhatikan dalam menciptakan rumah minimalis sekaligus elegan dan menarik. Kamu bisa memilih bahan jendela yang bermutu tinggi dan berkualitas sehingga awet, kokoh, dan aman sekaligus terlihat elegan. Kamu juga perlu membersihkannya secara rutin agar tidak terlihat usang.

Aksesoris seperti gorden sutra, linen, dan katun dapat kamu tambahkan untuk menciptakan kesan yang lebih elegan.


Baca juga: Alasan Memilih Rumah Idaman Sederhana Sebagai Hunian Ideal Kaum Muda 

10. Penerangan yang baik

Sentuhan elegan untuk rumah minimalis membutuhkan lampu yang tepat. Kamu bisa memasang berbagai macam lampu hias, seperti lampu gantung atau lampu lantai. Hal itu dapat menciptakan kesan elegan serta suasana rumah menjadi lebih hangat dan nyaman.

11. Pemilihan jenis lantai yang tepat

Apabila ingin rumahmu terlihat lebih mewah, maka kamu bisa menggunakan karpet. Tetapi jika ingin tetap menampilkan kesan minimalis sekaligus elegan, kamu bisa menggunakan lantai kayu yang klasik, elegan, dan juga terjangkau. Lantai kayu juga terdiri dari banyak pilihan seperti lantai kayu solid, laminate, dan lainnya.

12. Menggunakan Teknik Crown Molding

Detail-detail khusus juga berperan penting untuk memberikan sentuhan elegan. Salah satu cara untuk melakukannya yaitu dengan mengaplikasikan teknik crown molding (sulur mewah).

Crown molding merupakan salah satu jenis teknik pengecoran bingkai yang biasa kamu temukan di sudut langit-langit dan dinding. Dengan teknik ini, transisi antara dinding ke langit-langit terlihat halus dengan biaya terjangkau.

13. Menggunakan klem kabel

Kabel-kabel yang berjuntaian yang dibiarkan begitu saja sangat tidak enak dilihat. Selain itu, kabel yang berserakan juga bisa berbahaya bagi anak-anak ketika bermain. Anak-anak bisa saja tersandung kabel tersebut dan terluka.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan klem kabel (kabel ties) untuk merapikannya. Warna klem kabel dapat kamu samakan dengan warna dinding rumah agar terlihat lebih estetik.

14. Menyimpan barang dengan efisien

Penyimpanan juga dapat kamu akali agar rumah terlihat lega dan rapi. Seringkali perabotan-perabotan rumah menyita tempat. Misalnya, panci-panci besar bisa menampung panci-panci kecil atau peralatan dapur lainnya.

15. Menggunakan bantal empuk

Menciptakan rumah sederhana tetapi elegan dapat dilaksanakan dengan memakai bantal-bantal berbagai ukuran. Namun harus memperhatikan dan memilih motif, ukuran, dan bahan bantal-bantal tersebut dengan seksama. Pilih bantal dengan motif yang sederhana dan berukuran kecil.

16. Menerapkan penyimpanan vertikal dengan maksimal

Terkadang terdapat banyak peralatan yang menghabiskan ruang di dalam rumah. Namun sayangnya barang tersebut tidak mungkin dibuang karena kamu membutuhkannya untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya, dapur. Banyak sekali peralatan masak yang boros tempat tetapi tetap dibutuhkan.

Kamu bisa menggunakan rak tinggi dengan banyak sekat atau laci. Gunakan dan susun berbagai bumbu dapur, peralatan dapur, atau peralatan makan sesuai jenis dan urutan yang paling sering digunakan.

Dengan penyimpanan vertikal, kamu juga bisa lebih mudah ketika mencari barang.

Baca juga: Inspirasi Rumah Sederhana Anti Mati Gaya


Kesimpulan

Rumah minimalis tidak selalu berarti ruangan yang sempit, kamu juga bisa mengubahnya agar terlihat lebih luas dan terkesan modern. Kamu bisa memilih dan memadukan pemilihan warna cat yang simpel, memilih interior dan perabotan yang multifungsi dan berukuran kecil, bahkan mendekorasi sudut ruangan dengan metode crown molding.

Tertarik memiliki rumah minimalis? Atau rumah minimalis telah menjadi impianmu sejak dulu? Tenang, jangan khawatir! Kini, BTN hadir sebagai bank untuk pengajuan kredit kepemilikan rumah. BTN juga merupakan inisiator program KPR di Indonesia dan telah menjadi pilihan masyarakat selama bertahun-tahun.

Kunjungi BTN Properti yang menyediakan fitur simulasi KPR untuk mempermudah kamu menghitung dan merencanakan KPR sendiri. Kamu juga bisa mengajukan KPR secara online di BTN Properti.

Yuk, wujudkan impian untuk memiliki rumah minimalis bersama BTN. Kunjungi link ini untuk informasi lebih lanjut terkait program KPR yang kami tawarkan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua