Spinner Icon

Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Ala Korea yang Estetik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 Januari 2023
Table of Contents:
  • Apa Itu Ruang Tamu Lesehan
  • Asal Konsep Ruang Tamu Lesehan
  • Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Korea
  • 1. Menggunakan Karpet Bulu Sebagai Alas
  • 2. Sofa Bed atau Matras juga Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sofa
  • 3. Menggunakan Bean Bag bisa Menjadi Opsi yang Menarik
  • 4. Tambahkan Hiasan Dinding agar Lebih Estetik
  • 5. Ruang Tamu dengan Furnitur yang Terbatas
  • Tips Membuat Ruang Tamu Lesehan ala Korea

Siapa sih yang gak suka nonton drama Korea? Selain alur ceritanya menarik, drama Korea juga menyajikan visual yang memberikan warna tersendiri bagi para penontonnya. Salah satunya adalah dengan tampilan rumah maupun ruang minimalis yang estetik.

Salah satu ruangan yang seringkali muncul dalam drama Korea adalah ruang tamu. Desain ruang tamu dalam drama Korea pun juga beragam, mulai dari desain ruang tamu yang mewah, desain ruang tamu minimalis, hingga yang cukup menarik perhatian adalah desain ruang tamu lesehan minimalis ala Korea.

Ternyata, ruang tamu lesehan tidak hanya sekadar ruang tamu yang bentuknya gitu-gitu aja loh. Kamu bisa memadukan banyak hal dalam menata ruang tamu lesehan pribadimu. Terlebih, ruang tamu lesehan sendiri memiliki berbagai model dan desain, mulai dari ruang tamu lesehan minimalis, ruang tamu lesehan tradisional, atau bahkan ruang tamu lesehan yang digabungkan dengan ruang keluarga.

Kamu sedang mencari inspirasi untuk desain ruang tamu lesehan ala Korea? Jangan khawatir! Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa ide tentang bagaimana membuat ruang tamu lesehan ala drakor yang estetik. Kamu bisa temukan gaya unik dan berkelas dalam warna dan furnitur yang akan menjadikan ruang tamu lesehan kamu tampil beda dari yang lain.

Apa Itu Ruang Tamu Lesehan

Ruang tamu lesehan adalah sebuah area di dalam rumah yang biasanya terletak di depan pintu masuk. Pada umumnya, ruang tamu lesehan digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Ruangan ini dapat juga berfungsi sebagai tempat untuk bersantai atau berkumpul.

Seperti namanya, ruang tamu lesehan ini pada umumnya tidak menggunakan sofa maupun kursi sebagai tempat duduk maupun tempat bersandar. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi ruang tamu lesehan untuk tetap memiliki alas duduk dengan menggunakan karpet, bean bag, bahkan bantalan alas duduk.


Asal Konsep Ruang Tamu Lesehan

Ruang tamu lesehan merupakan salah satu bagian dari budaya di Asia, khususnya Asia Timur. Di Jepang, budaya ruang tamu lesehan disebut juga dengan seiza. Budaya lesehan ini dilakukan pada saat masyarakat Jepang zaman dulu menerima tamu dan melakukan perjamuan makan. Budaya tersebut juga masih dilestarikan hingga saat ini.

Tidak beda jauh dengan Jepang, Korea Selatan juga memiliki budaya lesehan juga. Budaya lesehan di Korea Selatan sering ditemui di restoran tradisional Korea. Selain itu, tidak jarang rumah-rumah di Korea menjamu tamunya di ruang tamu lesehan.

Menurut Korea Times, masyarakat Korea Selatan percaya bahwa duduk secara lesehan dapat memberikan rasa damai pada pikiran kita sehingga menjadi lebih tenang. Selain itu, duduk secara lesehan seperti pada ruang tamu lesehan dapat meningkatkan rasa kebersamaan antara penghuni rumah dengan para tamu di sana.


Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Korea

Walau berasal dari tradisi zaman dahulu, tetapi kamu masih bisa mengaplikasikan konsep ruang tamu ala lesehan yang modern loh. Pada saat ini, banyak orang yang mengubah ruang tamunya menjadi ruang tamu lesehan.

Selain merekatkan kebersamaan antara penghuni dengan tamu, konsep ruang tamu lesehan juga dapat menghemat pengeluaran bahkan cocok bagi yang menerapkan gaya hidup minimalis. Yuk simak artikel satu ini agar kamu bisa mendapatkan inspirasi ruang tamu lesehan yang sesuai dengan keinginan. Siapa tahu bisa kamu jadikan ide saat membangun ruang tamu.

1. Menggunakan Karpet Bulu Sebagai Alas

Dengan konsep duduk di lantai, tentu ruang tamu lesehan membutuhkan alas agar bersih dan hangat. Salah satu cara yang dapat digunakan agar ruang tamu lesehan kita terlihat cantik sekaligus terdapat alas duduk adalah dengan menggunakan karpet.

Namun, dibandingkan hanya dengan menggunakan karpet biasa, mungkin kamu bisa menggunakan karpet bulu sebagai alas duduk ruang tamumu. Faktanya, karpet bulu digemari banyak orang karena kenyamanannya. Bulunya yang halus serta ketebalannya membuat para tamu semakin nyaman duduk atau meletakkan kaki di ruang tamu lesehan.

Sebelum menggunakan karpet bulu untuk ruang tamu lesehanmu, pastikan kamu memilih karpet bulu dengan kualitas yang baik dan tebal. Terlebih jika karpet bulu tersebut akan kamu jadikan pengganti kursi sehingga perlu dipilih secara selektif agar tamu merasa nyaman. Jangan lupa untuk memilih warna karpet bulu yang sesuai dengan tema rumahmu serta estetik.


2. Sofa Bed atau Matras juga Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sofa

Ide lain untuk menciptakan ruangan yang indah bagi ruang tamu lesehan kita adalah dengan menambahkan sofa bed yang rendah. Sebagian dari kita mungkin menganggap bahwa sofa bed hanyalah alternatif dari kasur biasa yang bisa diletakkan di kamar tidur.

Namun, ternyata kamu bisa memanfaatkan sofa bed atau matras lipat sebagai tempat duduk untuk desain ruang tamu lesehan ala Korea loh! Selain terlihat minimalis dan estetik, ruang tamu lesehan dengan menggunakan sofa bed maupun matras lipat juga dapat kamu manfaatkan sebagai tempat tidur tambahan.

Dengan menggunakan sofa bed maupun matras lipat, kamu bisa menjadikan ruang tamu lesehan sebagai tempat untuk bersantai. Penting juga untuk memilih warna sofa bed atau matras agar sesuai dengan desain ruang tamu lesehanmu. 

3. Menggunakan Bean Bag bisa Menjadi Opsi yang Menarik

Selain sofa bed atau matras lipat, ternyata ada furnitur lain yang bisa kamu jadikan alternatif alas duduk untuk ruang tamu lesehan. Furnitur tersebut adalah bean bag. Bean bag sendiri merupakan sebuah bantal duduk yang unik, terlebih bean bag juga memiliki desain yang menarik serta warna yang estetik.

Tidak hanya itu, bean bag juga ternyata merupakan salah satu furnitur yang praktis loh. Kamu bisa dengan mudah membawa bean bag dan memposisikannya sesuai desain ruang tamu lesehan keinginanmu. Kemudahan tersebut membuat kamu dapat dengan mudah mengatur desain ruang tamu lesehan sebebas mungkin. Selain membuat desain ruang tamu lesehan menjadi lebih cantik, ternyata bean bag juga sangat nyaman bagi siapapun yang mendudukinya.

4. Tambahkan Hiasan Dinding agar Lebih Estetik

Ruang tamu lesehan bukan hanya tentang alas duduk saja. Namun, dekorasi juga menjadi penting untuk menghidupkan suasana di ruang tamu. Salah satu jenis dekorasi yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membuat ruang tamu lesehan khas Korea menjadi semakin lebih cantik adalah dengan menambahkan hiasan dinding.

Kamu bisa menggantungkan foto keluarga atau lukisan sebagai hiasan dinding untuk ruang tamu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pigura yang minimalis untuk lukisan maupun foto yang kamu gantung di dinding ruang tamu lesehan.Jangan lupa, buat hiasan dindingmu memiliki tema yang sama dengan konsep desain ruang tamu lesehan, agar tetap minimalis dan estetik.


5. Ruang Tamu dengan Furnitur yang Terbatas

Inspirasi ruang tamu lesehan sederhana yang bisa kamu jadikan opsi adalah dengan membuat ruang tamu yang minimalis ala Korea maupun Jepang. Untuk yang satu ini, kamu lebih berfokus untuk menonjolkan kesan yang sederhana dan alami untuk ruang tamu lesehanmu.

Cara untuk membuat ruang tamu lesehan minimalis pun tidak terlalu sulit. Kamu cukup membatasi jumlah furnitur yang ada di ruang tamu. Cukup dengan bantal duduk atau bean bag, meja kecil, dan TV, maka ruang tamu lesehan minimalis ala Jepang pun sudah jadi. Tidak lupa untuk menambahkan ornamen di pojok ruangan seperti tanaman atau lampu gantung agar lebih cantik.

Baca juga: 5 Inspirasi Rumah Korea Seperti di Drakor


Tips Membuat Ruang Tamu Lesehan ala Korea

Setelah mendapatkan inspirasi ruang tamu lesehan ala Korea, mungkin kamu langsung tertarik untuk menerapkannya di rumahmu. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam membangun ruang tamu lesehan Korea.

Pertama, sebaiknya kamu tidak menempatkan banyak furnitur di ruang tamu lesehan ala Korea. Hal ini akan membuat ruangan terlihat penuh dan tidak estetik. Untuk itu, pilihlah hanya beberapa item furnitur yang esensial dan atur peletakannya dengan baik.

Kedua, gunakan motif dan warna yang sesuai untuk menghias ruang tamu lesehan ala Korea ini. Untuk itu, kamu bisa memilih motif ukiran kayu atau hiasan dinding yang setema untuk ditempelkan di dinding atau celah-celah furnitur.

Ketiga, jangan lupa untuk menaruh beberapa hiasan khas Korea di ruang tamu lesehanmu untuk menambah kesan elegan. Misalnya, kamu dapat meletakkan pot bunga minimalis atau kerajinan tangan unik.

Jika kamu tertarik untuk menata rumahmu menjadi estetik ala Korea, kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tips dekorasi rumah. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua