Spinner Icon

Pasti Terkesima! Ini Inspirasi Desain Rumah Gaya Eropa Modern

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 12 Januari 2023
Table of Contents:


Rumah tidak hanya berperan sebagai kebutuhan primer, namun juga menjadi identitas bagi pemiliknya. Identitas ini bisa ditonjolkan dari gaya desain hunian yang dipilih. Rumah ala Eropa memiliki ciri khas tersendiri, berbeda, dan unik dari desain rumah pada umumnya.

Gaya Eropa memberikan kesan kemewahan yang didambakan oleh banyak orang. Permainan ornamen yang memukau dan elegan menjadi nilai tambah bagi desain rumah ala Eropa. Terdapat banyak tipe rumah gaya Eropa seperti gaya klasik, kuno, victorian, country, hingga modern. Gaya Eropa Modern menjadi desain yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Tentu karena sentuhan modern membuat gaya Eropa menjadi semakin menarik dan indah untuk diterapkan.


Komponen Rumah Gaya Eropa

Untuk mewujudkan rumah bergaya Eropa, ada beberapa komponen wajib yang bisa kamu terapkan dalam desain rumah gaya Eropa. Inilah komponen esensial yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi desain yang perlu kamu coba!

1. Pilar

Penggunaan pilar tidak akan pernah lepas dari gaya arsitektur Eropa. Pilar biasanya ditempatkan di bagian depan rumah, mengapit pintu utama. Namun, pilar juga bisa digunakan sebagai desain interior hunian.

Gaya pilar yang sering dipakai adalah yang menjulang dari tanah hingga atap rumah. Hal ini memberikan kesan kokoh dan mewah yang sangat sesuai untuk gaya Eropa. Umumnya, pilar berbentuk hexagonal maupun silinder. Pilar biasanya berwarna cerah seperti putih dan krem, namun bisa pula mengikuti warna dasar hunian.

2. Balkon

Balkon adalah teras di lantai atas. Balkon bisa menambahkan nilai estetika dan fungsional pada rumah kamu. Biasanya, balkon dibatasi oleh pagar agar keamanan lebih terjamin. Pagar pada balkon bisa dibuat dengan menonjolkan desain khas Eropa. Kamu juga bisa menambahkan tanaman hias sebagai pemanis.

3. Atap tinggi

Atap tinggi sedang menjadi tren di masa kini. Atap yang tinggi membuat hunian terkesan lebih luas, sehingga bisa meningkatkan kenyamanan. Selain itu, sirkulasi udara di dalam hunian juga menjadi lebih baik dan berkualitas.

Namun karena atap yang tinggi, tak jarang hunian terasa lebih gelap karena jauhnya jarak antara atap dengan lantai. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan tata letak penempatan lampu agar hunian kamu nyaman dan terang di malam hari.

4. Atap miring

Atap miring adalah ciri khas dari rumah gaya Eropa country yang bisa diterapkan pada rumah gaya Eropa modern. Atap miring bisa membuat desain rumah kamu menjadi lebih unik dan menarik.

Selain karena nilai estetikanya, bentuk atap ini berfungsi agar kotoran dan daun mudah terjatuh ke bawah, sehingga memudahkan pembersihan.

5. Jendela Besar

Ikon dari hunian bergaya Eropa adalah jendelanya yang besar. Jendela besar memberikan kesan klasik yang berkelas pada bangunan. Selain karena pesona elegannya, jendela besar juga membuat ruangan menjadi terkesan lebih luas dan memberikan sirkulasi cahaya dan udara yang baik bagi ruangan.

Terdapat banyak pilihan jenis jendela yang bisa digunakan, contohnya adalah jendela geser vertikal, French window, storm, dan oriel. Di Indonesia sendiri, banyak digunakan jenis storm yang cocok dengan iklim tropis Indonesia. Jendela model ini memiliki dua lapis jendela yang bisa menghalau panas dan mempunyai bentuk yang menarik.

6. Warna cerah

Rumah bergaya Eropa klasik biasanya menggunakan warna-warna gelap yang disesuaikan dengan material yang digunakan, seperti batu bata dan batuan alam. Namun untuk gaya eropa modern minimalis, kebebasan penggunaan material membuat warna-warna cerahlah yang dipilih.

Warna cerah bisa membuat hunian menjadi lebih berkelas tanpa memberikan kesan kuno. Warna cerah memberikan kesan segar bagi hunian. Warna yang biasa digunakan adalah putih, cokelat muda, dan krem

7. Ornamen


Sumber: Arsitag.com

Rumah bergaya Eropa tidak akan lengkap tanpa ornamen detail apik pada bagian interior rumah. Ornamen bisa ditaruh di bagian dalam maupun luar bangunan. Ornamen tersebut biasanya berbentuk ukiran-ukiran detail khas Eropa untuk menambah kesan mewah dan klasik pada hunian.

8. Pintu Melengkung

Pintu melengkung adalah ciri khas hunian gaya eropa yang patut dipertimbangkan. Pintu melengkung memberikan kesan yang tidak monoton dan unik, dengan ukuran pintu yang biasanya lebih besar dari pintu kebanyakan.

9. Pagar Tinggi

Terakhir adalah pagar. Pagar tinggi sudah melekat dengan gaya Eropa modern di Indonesia. Pagar tersebut biasanya terbuat dari besi dengan ukiran-ukiran khas Eropa pada badannya. Pagar adalah komponen yang tidak boleh diremehkan karena pagar terletak di depan rumah dan menjadi hal pertama yang dilirik oleh orang-orang.

Pagar yang tinggi memberikan kesan mewah, anggun, dan kokoh pada hunian. Pagar yang tinggi juga memberikan keamanan ekstra sehingga meningkatkan kenyamanan pemilik hunian.


Rumah Gaya Eropa Modern atau Klasik?

Masih bingung lebih baik menerapkan rumah bergaya Eropa modern atau klasik? Berikut adalah beberapa konsep desain rumah yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membangun rumah, baik dengan gaya Eropa klasik maupun modern.

1. Rumah gaya Eropa klasik

Rumah Eropa klasik mempunyai ciri khas utama, yaitu memiliki balkon dan juga pilar. Hal ini membuat rumah dengan gaya rumah Eropa memiliki kesan klasik terlihat mewah serta megah. Salah satunya bisa dilihat dari ukuran balkon dari kecil hingga besar.

2. Rumah gaya Eropa Modern Kontemporer


Sumber: Arsitag.com

Rumah ini memiliki jendela dan pintu yang besar, namun, umumnya sudah tidak memiliki pilar dan banyak ornamen. Desain yang lebih minimalis ini juga yang biasa diterapkan dalam perumahan Indonesia.

3. Rumah gaya Eropa Old World

Rumah ini memiliki perpaduan desain antara Inggris dan Perancis yang memiliki desain eksterior megah dan mewah. Umumnya untuk diterapkan pada masa sekarang, akan digunakan atap miring dan menggunakan material aksen batu yang memberikan kesan tua namun tetap nyaman dilihat.


Wujudkan Rumah Gaya Eropa

Itu dia pembahasan mengenai ciri yang biasa ada di rumah dengan gaya Eropa. Dari berbagai pilihan rumah gaya eropa di atas, dengan perencanaan yang baik, kamu akan mendapatkan rumah yang memiliki estetika tinggi dan nyaman untuk ditinggali.

Bagi kamu yang sedang mencari rumah, BTN menyediakan solusi untuk untuk merencanakan hunian impian kamu melalui program KPR BTN. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website Bank BTN Properti atau hubungi call center Bank BTN di 1500286.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua