Spinner Icon

Ciri-Ciri Rumah Kontemporer Modern yang Sedang Populer Saat Ini

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 11 Oktober 2022
Table of Contents:
  • Definisi Desain Kontemporer Modern
  • Ciri-ciri Rumah Kontemporer Modern
  • 1. Pencahayaan alami yang maksimal
  • 2. Pengaplikasian warna-warna netral metalik dan sedikit kontras
  • 3. Pengaplikasian material yang natural dan bergaya minimalis
  • 4. Menggunakan furniture minimalis dan ringan
  • 5. Pemasangan lantai polos
  • 6. Menggunakan elemen berbentuk geometris
  • 7. Pengaplikasian teknologi canggih
  • 8. Tata ruangan dengan sekat yang minim
  • Ide Desain Rumah Kontemporer Modern
  • 1. Rumah kontemporer 2 lantai
  • 2. Rumah kontemporer tropis
  • 3. Rumah kontemporer modern
  • 4. Rumah kontemporer 1 lantai
  • 5. Rumah kontemporer dengan dek lantai 2
  • 6. Rumah kontemporer klasik Yunani
  • 7. Rumah kontemporer menghadap pemandangan indah
  • Kesimpulan

Kini, berbagai desain rumah dapat kita temui dan lihat. Salah satunya yaitu desain rumah kontemporer modern. Desain ini menjadi salah satu jenis desain yang sedang tren dan diminati oleh banyak masyarakat akhir-akhir ini. Gaya kontemporer modern merupakan gabungan dari berbagai gaya kontemporer dan modern. Desain kontemporer kini lebih diminati dibanding yang lain karena memiliki ciri yang khas. Ingin tahu lebih lanjut mengenai design kontemporer modern? Yuk, simak artikel berikut!


Definisi Desain Kontemporer Modern

Desain rumah kontemporer modern merupakan desain yang sederhana, minimalis, sekaligus modern. Desain sederhana di sini tidak terikat oleh aturan apapun sehingga kamu bisa memodifikasinya menggunakan motif-motif seperti garis, lingkaran, dan kombinasi bentuk-bentuk sederhana lainnya. Rumah kontemporer modern cenderung bebas dari aturan dan batasan apapun dengan syarat tetap mempertahankan nilai estetika dan fungsi rumah tersebut.

 

Ciri-ciri Rumah Kontemporer Modern

Perbedaan antara rumah kontemporer modern dibanding dengan desain lainnya terletak pada penataan interior, eksterior, pencahayaan, bahkan hingga warna cat dinding. Namun dikarenakan perkembangan desain yang sangat dinamis dan bebas, banyak orang yang kebingungan dalam menentukan desain kontemporer. Berikut ciri-ciri dari desain kontemporer modern:

1. Pencahayaan alami yang maksimal

Dalam desain kontemporer modern, jarang digunakan jendela kecil dan dekorasi. Jendela-jendela berukuran besar dan lebar sering digunakan agar sinar matahari dari luar menerangi rumah dengan baik. Selain itu, tujuan adanya jendela tersebut yaitu supaya tercipta suasana yang nyaman dan efektif untuk menghemat listrik.

2. Pengaplikasian warna-warna netral, metalik, dan sedikit kontras

Penggunaan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam memang sering digunakan dalam desain kontemporer. Dengan menggunakan warna-warna tersebut, suasana ruangan akan terasa lebih luas. Uniknya, terkadang warna-warna tersebut dicampurkan dengan warna kontras lainnya seperti merah dan biru. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan kesan lebih artistik dan dinamis.

3. Pengaplikasian material yang natural dan bergaya minimalis

Desain kontemporer modern pada umumnya menggunakan material-material seperti kayu asli, kayu hasil daur ulang, bebatuan alam, besi, dan beton. Namun, perlu diingat biasanya material tersebut digunakan tanpa proses akhir agar terkesan lebih alami. Gaya ini merupakan karakter umum dari rumah kontemporer modern. Gaya kontemporer juga akan muncul jika Anda menggunakan materi berkualitas. Selain itu, material tersebut juga bertahan lama walaupun tidak melewati proses akhir.

4. Menggunakan furniture minimalis dan ringan

Berbeda dengan desain lainnya, desain kontemporer modern sudah tidak menggunakan perabotan besar. Furniture yang digunakan biasanya desain yang terkesan ringan dan simpel. Suasana nyaman dan modern dapat timbul dari penggabungan desain interior kontemporer dan furniture minimalis.


5. Pemasangan lantai polos

Desain interior kontemporer modern umumnya bermotif polos. Bahan lantai dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Bahan lantai terdiri dari beragam jenis seperti bahan kayu, porselen, hingga keramik. Lantai polos juga sering digunakan dalam interior kontemporer. Tidak hanya itu, ada juga pengaplikasian karpet sebagai penanda batas antar ruangan. Namun, pemilihan lantai, karpet, keramik, dan lain-lain harus dilakukan dengan cermat dan seksama agar tampak serasi dan membuat interior rumah semakin nyaman.

6. Menggunakan elemen berbentuk geometris

Agar terkesan tidak kaku, kamu bisa menambahkan elemen-elemen geometris pada desain interior kontemporer seperti meja berbentuk bundar agar interior rumah berkesan dinamis. Perpaduan elemen ruangan yang tepat dapat menciptakan gaya kontemporer modern yang unik sekaligus baru. Misalnya, elemen garis sering digunakan untuk eksterior desain kontemporer. Desain ini lebih sering digunakan dibandingkan ornamen-ornamen klasik lainnya.

7. Pengaplikasian teknologi canggih

Berbagai teknologi canggih kini hadir dan dapat kamu gunakan untuk menyempurnakan nuansa kontemporer modern. Misalnya, panel lampu otomatis, penggunaan kulkas dengan konsep tertutup, dan fitur-fitur lainnya. Hal ini membuat rumah kamu terlihat lebih rapi sekaligus futuristik.

8. Tata ruangan dengan sekat yang minim

Mengurangi jumlah sekat merupakan salah satu cara untuk mewujudkan konsep desain interior kontemporer modern. Hal ini terjadi karena sekat yang biasanya terbuat dari tembok, semen, atau bahan permanen lainnya akan menimbulkan kesan sempit.

Agar ruangan terlihat lebih luas dan simpel, maka kamu perlu memilih warna interior yang netral, menggunakan pintu lipat, dan lain-lain.


Baca juga: Ide Tata Letak dan Desain Rumah 1 Lantai


Ide Desain Rumah Kontemporer Modern

Setelah mengenali ciri-cirinya tentu kamu tahu bagaimana rumah kontemporer modern. Rumah dengan kesan yang praktis, minimalis, dan fungsionalis serta terkesan bebas ini membuat banyak masyarakat semakin tertarik untuk membangunnya. Berikut beberapa desain rumah kontemporer yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu:

1. Rumah kontemporer 2 lantai

Dengan warna yang netral dan simpel, rumah dua lantai ini bisa menjadi pilihanmu jika ingin membangun rumah kontemporer. Pemasangan jendela-jendela yang besar bertujuan untuk menimbulkan kesan modern sekaligus membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Rumah dua lantai ini tentu memberikan kamu ruangan yang lebih luas dan banyak. Jika ingin rumah terlihat asimetris, kamu bisa menambahkan model atap standar.

2. Rumah kontemporer tropis

Suasana tropis dapat diciptakan dengan menambahkan material tumbuhan pada beberapa titik. Desain ini juga dapat ditambah dengan penggunaan facade dua lapis yang terbuat dari kayu agar terlihat lebih unik.

3. Rumah kontemporer modern

Menggunakan warna-warna cerah tetapi juga netral dapat menciptakan kesan yang modern. Kamu juga bisa menggunakan bahan aluminium dan benda-benda berwarna hitam untuk memperkuat kesan modern. Biasanya digunakan perabotan yang tergolong cukup besar dengan warna yang senada dengan lantainya. Pembuatan model carport juga bisa kamu tambahkan agar desain terlihat lebih modern.

4. Rumah kontemporer 1 lantai

Rumah yang marak digemari masyarakat akhir-akhir ini yaitu rumah kontemporer berlantai satu. Rumah ini cenderung menggunakan warna netral seperti hitam, abu-abu, dan lain-lain. Selain mengutamakan kenyamanan dan fungsi rumah, desain ini juga hemat dalam pembiayaannya. Kamu juga bisa menggunakan atap dengan bentuk segitiga dengan warna yang senada dengan dinding rumahmu.

5. Rumah kontemporer dengan dek lantai 2

Jika kamu suka bersantai sambil menikmati pemandangan luar, menghirup udara, dan ditemani oleh minuman hangat seperti teh atau kopi, desain ini bisa menjadi pilihanmu. Pada desain ini terdapat dek terbuka di lantai kedua yang dapat kamu gunakan untuk menikmati udara segar walaupun kamu masih berada di sekitar rumah.

Beberapa perabotan juga bisa kamu tambahkan seperti kursi, sofa, meja kecil, dan perabotan lain yang dibutuhkan ketika bersantai.

6. Rumah kontemporer klasik Yunani

Dikarenakan desain kontemporer modern dapat dimodifikasi dengan bebas, muncul rumah bergaya klasik Yunani. Seperti yang kamu sering liat pada film atau gambar, rumah ini berbentuk kuil yang besar. Pintunya juga dilengkapi dengan pilar-pilar besar dan dipadukan dengan bentuk jendela yang klasik.

7. Rumah kontemporer menghadap pemandangan indah

Agar dapat melihat pemandangan di luar kamu bisa menggunakan banyak jendela pada rumah. Rumah kontemporer bisa juga dibangun dengan tembok yang terbuat dari batu untuk menciptakan kesan alami. Teras rumah juga dibuat luas dan menghadap pemandangan indah, seperti pantai, danau, gunung, dan lain-lain.


Baca juga: Modern dan Minimalis, Kenali Rumah Kotak Minimalis!


Kesimpulan

Rumah kontemporer sekilas mirip dengan rumah minimalis. Namun, sebenarnya keduanya berbeda. Rumah kontemporer modern cenderung bebas dimodifikasi sesuai dengan keinginan kamu dan kebutuhanmu. Selain itu, desain kontemporer juga cenderung lebih modern karena dipadukan dengan berbagai desain. Ciri-ciri yang dapat kamu bedakan antara desain kontemporer modern dengan desain lainnya yaitu penggunaan elemen geometris, pengaplikasian teknologi yang canggih, pencahayaan alami yang maksimal, dan lain-lain.

 

Desain rumah kontemporer modern kini telah beragam jenisnya seperti rumah kontemporer 1 lantai, kontemporer bergaya klasik Yunani, menyatu dengan alam, dua lantai, dengan dek terbuka, dan lain-lain.

 

Wujudkan impian kamu untuk memiliki hunian impian bersama BTN. Kunjungi link ini untuk informasi lebih lanjut terkait informasi dan promosi KPR yang kami tawarkan.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua