(0)

Ingat, Jangan Terlalu Lama Menyalakan
Info Terbaru | 11 Maret 2019

KOMPAS.com - Tidak mudah mendapatkan kenyamanan hanya bermodal cekak. Hal ini juga berlaku bagi produk air coolerjika dibandingkan dengan produk air conditioning (AC).

"Untuk sirkulasi udara, AC menggunakan freon,sedangkan air coolermenggunakan air yang didinginkan oleh batu es. Tentu tingkat dinginnya berbeda," kata Rudy Atmanegara, Assistant Sales Manager PT Soerjo Fadjar.

Berbeda dengan AC, air coolermemiliki kipas kecil, selayaknya kipas angin mini, untuk mengembuskan angin. Beda dari kipas angin biasa, air coolerdilengkapi dengan filter saringan debu sehingga udara yang disemburkan bebas dari debu.

Bicara keunggulannya, air coolerjauh lebih hemat dalam penggunaan listrik ketimbang AC. Pada tipe standar, untuk pemakaian awal, biasanya daya yang dipakai sekitar 60 watt.Tapi, setelah berjalan atau dalam posisi stand by,daya yang dibutuhkan hanya sekitar 55 watt.Bandingkan dengan AC yang minimal butuh 300 watt beroperasi.

Air coolerbiasanya menggunakan air sebagai penyejuk yang dimasukkan ke dalam tangki bervolume 5 liter dengan perbandingan 2,5 liter air dan 2,5 liter batu es. Untuk mengaktifkan tangki itu, cukup menekan tombol. Karena ada air es ini, angin yang diembuskan air coolermemberikan hawa sejuk.

Beberapa air coolerterbaru juga memberikan beberapa fitur lebih, seperti fungsi ionizeruntuk menyaring bakteri. Menurut Suganda Kurnia, Sales Manager PT Sanyo Indonesia, meski air coolerbisa dipakai di semua ruangan, tapi lebih cocok bila ditempatkan di ruangan berukuran 3 meter x 3 meter.

Ia menyarankan, perangkat ini sebaiknya diletakkan di ruangan tidak terlalu tertutup. Artinya, masih ada udara terbuka.

"Manfaat air cooleruntuk sirkulasi udara belum teruji secara klinis. Sebaiknya, tidak mengaktifkan air coolerdi ruang yang tertutup," tuturnya.

Suganda juga menyarankan untuk tidak menyalakan air coolerterlalu lama lantaran kurang baik untuk kesehatan. Sebab, ada anggapan kelembaban yang ditimbulkannya menyebabkan paru-paru basah.

"Air coolersebaiknya diaktifkan antara 3 jam-4 jam," ujarnya.

Dalam jangka waktu tertentu, ice boxyang semula berisi es batu akan mencair. Alhasil, Anda harus rajin mengisi air dan es batu untuk mendapatkan kesejukan. Jika tidak, fungsi perangkat itu tak ada bedanya dengan kipas angin biasa.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 20 Mei 2019
8 Cara Membuat Rumah Lebih Rapi
KOMPAS.com - Rumah yang tertata rapi akan membuat Anda betah. Selain itu, kerapian juga identik dengan kebersihan, sehingga rumah menjadi nyaman untuk dihuni. Namun, bagi sebagian orang, menjaga rumah agar tetap terlihat rapi bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Rasa malas menjadi penyebab utama rumah terlihat berantakan dan tidak terurus. Dari rasa malasBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 20 Mei 2019
Inspirasi Desain Ruang Makan yang Menggugah Selera
KOMPAS.com - Mendengar kata desain minimalis akan memunculkan gambaran ruangan yang bersih, rapi, dan menawan dengan garis dan sudut yang tegas serta minim akan pernak-pernik. Desain minimalis dapat diterapkan dalam semua ruangan di rumah Anda termasuk ruang makan. Ruang makan minimalis membawa keuntungan tersendiri, bukan hanya dari segi kenyamanan, namun juga sebagaiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 13 Mei 2019
8 Inspirasi Menata Taman Cantik di Rumah Mungil
KOMPAS.com - Luas tanah yang terbatas jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan area hijau atau taman di rumah. Karena taman tidak hanya dapat memberikan keindahan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan diri dan menjaga keseimbangan lingkungan. Ketika Anda merasa lelah setelah berkutat dengan komputer atau gawai selama berjam-jam, pemandangan hijau dari taman rumahBaca Selengkapnya