(0)

Inilah 9 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Cerah
Info Terbaru | 14 Januari 2019
Bisnis.com, JAKARTA – Menghias kamar yang letaknya tidak mudah terkena sinar alami dari cahaya matahari karena terletak di lantai dasar, tidak berjendela, atau berukuran sempit memang tidak mudah. Namun, dengan dekorasi yang tepat bisa membuat kamar lebih nyaman dan menyenangkan.

Dikutip dari curbed.com, Minggu (13/1), penggunaan lampu hias yang dihadapkan ke cermin bisa membuat kamar yang sempit dan gelap lebih cerah dan bercahaya. Ini dia sembilan tipsnya.

Gunakan Lampu Besar
Jika ruangan tidak terlalu kecil dan masih bisa meletakkan hiasan berukuran besar, jangan ragu untuk menggunakan lampu besar seperti lampu gantung yang berdesain unik. Lampu tersebut nantinya tidak hanya menerangkan ruangan, tapi juga membuat ruangan terkesan lebih ceria.

Pintar Memilih Lampu
Tidak ada yang lebih menyedihkan dari lampu kamar yang redup, apalagi saat sedang ingin bersiap mengganti baju dan pergi. Agar cahaya di kamar lebih terang, pasang lamou berdekatan dengan cermin dan gunakan hiasan lampu yang tidak menghalangi cahaya agar kamar tidak terasa redup.

Pilih Lokasi Pemasangan Lampu yang Tepat
Selain lampu utama yang ada di langit-langit kamar, tambahkan lampu ekstra di beberapa titik strategis di sekitar kamar supaya kamar lebih terang. Alih-alih menggunakan lampu hias yang diletakkan di lantai, coba tambahkan lampu hias di dekat Kasur atau meja kerja.

Coba Gunakan Lampu Lengkung
Jika tidak ingin melubangi bagian plafon kamar, coba gunakan lampu busur yang bisa membuat cahaya terasa lebih dekat dan bisa membaut seluruh ruangan makin terang dan cerah.

Gunakan Hiasan Lampu Berbahan Selain Kain
Jika Anda menggunakan lampu gantung atau lampu hias yang dikelilingi kain, itu justru akan membuat cahaya terpusat menerangi satu titik saja. Selain itu, pelindung kain juga akan membuat cahaya lebih redup. Coba gunakan gantungan atau lampu hias berbahan kaca yang tidak menghalangi cahaya untuk berpendar, ini cara yang ampuh untuk membuat kamar lebih cerah.

Gunakan Cermin Besar
Desainer interior Chicago Olga Ratajski mengatakan bahwa menggantungkan cermin di ruangan yang redup bisa membuat ruangan tersebut lebih terang.

“Cermin memantulkan cahaya dan membuat ilusi kamar yang lebih luas,” kata Ratajski. Jika punya jendela di kamar, gantungkan cermin berhadapan dengan jendela supaya cahaya yang masuk dair jendela bisa terpantul di cermin.

Cat Langit-langit Kamar dengan Cat Glossy
Cat yang hasil akhirnya glossy atau mengkilap akan membuat cahaya lebih mudah memantulkan cahaya dari luar dibandingkan dengan menggunakan cat yang berhasil akhir matte.

Berani Mendekorasi Ruangan
Desainer interior Edyta & Co., Edyta Czajkowska menuturkan bahwa salah satu hal yang bisa membuat kamar yang redup agar lebih cerah adalah dengan menggabungkan beberapa aksen arsitektur atau warna supaya kamar lebih menarik dan cerah.

“Lampu hias yang diletakkan di langit-langit kamar atau rak buku yang dicat dengan warna terang akan memberikan kesan ruangan yang lebih cerah. Begitu pula dengan penggunaan wallpaper bercorak warna-warni yang membuat ruangan terasa lebih ceria dan nyaman,” paparnya.

Senada, desainer interior Agam Riadi mengatakan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk lebih kreatif dalam mendekorasi kamar. Gabungkan beberapa gaya seperti modern dengan vintage yang menimbulkan kesan unik dan tetap cerah.

Gabungkan Gaya
Jangan membatasi diri dengan hanya menaruh satu lampu gantung atau lampu hias di kamar. Jika punya lebih banyak variasi lampu hias selain lampu utama, kamar akan terasa lebih nyaman.

“Jika ingin menghilangkan rasa suram dalam kamar yang cahayanya redup, gunakan pencahayaan dari berbagai sumber, seperti lampu sconce, lampu lantai, lampu meja, dan lampu hias lainnya,” kata Czajkowska.

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 22 April 2019
Mulai Sekarang, Tinggalkan Kertas Koran untuk Bersihkan Jendela
KompasProperti - Membersihkan jendela bisa menjadi tantangan tersendiri, jika Anda tidak mengetahui trik-triknya. Beberapa peralatan yang bisa Anda siapkan adalah vakum, squeegee atau alat dengan pelat datar dari karet, dan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. 1. Hisap debu Tahap pertama membersihkan jendela Anda adalah dengan menggunakan vakum bersama sapuan upholstery tool. VakumBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 April 2019
Hindari Sembilan Hal Ini Saat Menggelar Pesta di Rumah
KompasProperti - Berkumpul bersama rekan sejawat di rumah pada saat liburan akhir tahun, mungkin dapat menjadi pilihan menyenangkan. Tentu, Anda berharap agar waktu bersama rekan-rekan Anda di rumah dapat berjalan sempurna. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, cobalah Anda hindari sembilan kesalahan yang terkadang tak sadar dilakukan ketika menjadi tuan rumah, seperti dikutipBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 15 April 2019
Generasi Milenial, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Rumah
KompasProperti - Sulit dipungkiri bila harga properti dari waktu ke waktu terus merangkak naik. Bagi generasi milenial dengan penghasilan pas-pasan, tentu harus berpikir ekstra keras saat hendak membeli rumah pertama. Ada beberap tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Seperti yang dirangkum KompasProperti dari Appartmenttherapy berikut: 1. Gambarkan di manaBaca Selengkapnya