(0)


JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain interior memang cukup sulit, terutama bagi Anda yang baru pertama kali memiliki rumah. 

Tak hanya kesulitan menentukan konsep desain yang cocok, tapi juga terkendala soal biaya yang terbatas.

Karena hal itulah membuat beberapa dari Anda akhirnya tak puas dengan desain interior yang Anda ciptakan sendiri. 

Melansir dari Home Addict, berikut 5 kesalahan yang biasa dilakukan dalam mendesain interior rumah. 

1. Mencoba melakukan semuanya sendiri

Mendekorasi rumah merupakan suatu hal yang menyenangkan, tetapi bisa juga terasa sangat sulit. Terutama bagi Anda yang belum memiliki pengalaman mumpuni.

Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah di tengah jalan. Baik dari mengecat rumah, memasangkan aliran listrik, atau membangun sesuatu di dalam rumah.

Anda disarankan tidak melakukan seluruh pekerjaan tersebut sendirian. Mintalah bantuan maupun saran dari orang terdekat seperti keluarga, teman, maupun kerabat.

Dengan meminta bantuan maupun saran dari orang di sekitar Anda akan membuat pekerjaan terasa lebih cepat selesai.

Tak hanya itu, jangan pernah ragu menanyakan kepada orang sekitar tentang keperluan kebutuhan di dalam rumah apa saja yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki anggaran berlebih, pertimbangkan mempekerjakan kontraktor atau seseorang yang profesional di bidangnya untuk membantu Anda menyelesaikan kebutuhan interior rumah.

2. Khawatir memilihfurnituryang sesuai 

Ketika Anda pergi ke toko-toko furnitur atau perabotan rumah tangga, Anda pasti ditawari satu set lengkap furnitur yang memang sudah dipasangkan satu sama lain.

Pada kenyataannya, Anda tak harus membeli satu set peralatan furnitur. Anda bisa mengambil beberapa perabotan saja yang dinilai benar-benar sangat Anda butuhkan.

Memang, mempunyai satu set furnitur akan terlihat sangat rapi. Namun, dari sudut pandang desain interior hal tersebut bukanlah cara yang tepat. 

Sebaliknya, ada beberapa furnitur yang tidak cocok akan terlihat sangat keren asalkan Anda pintar dalam menatanya dengan benar.

3. Lupa tujuan awal

Banyak orang memiliki konsep minimalis untuk diaplikasikan pada desain interior rumah ketika dirinya mengunjungi tempat perabotan rumah tangga.

Ketika melihat katalog, Anda merasa bahwa desain interior tersebut terlihat keren sehingga Anda menginginkan untuk mendesain interior rumah sesuai katalog. 

Akhirnya, Anda justru tidak puas dengan hasilnya karena berbeda dengan tujuan Anda yang mengiginkan rumah minimalis sehingga dirancang berlebihan.

Jika ke toko perabotan rumah tangga, pastikan beli apa pun yang Anda butuhkan yang memang sesuai dengan konsep desain interior rumah.

4. Terlalu mengikuti tren

Setiap tahun, memang akan selalu ada tren desain rumah baru, baik dari segi interior maupun eksterior.

Mengikuti tren memang dianggap sangat tepat, terutama bagi kaum milenial. Namun, pikirkan matang-matang apakah tren tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu lama?

Jika tidak, Anda akan terjebak dan terus menginginkan desain interior rumah dengan mengikuti tren setiap tahunnya.

Daripada terus mengikuti tren, cobalah fokus pada konsep desain interior yang Anda sukai untuk waktu lama.

5. Melakukan semuanya pekerjaan dalam satu waktu

Ketika menonton televisi, Anda disuguhi dengan acara renovasi rumah yang bisa dikerjakan dalam satu hari sekaligus.

Karena itu, Anda langsung terpengaruh dan ingin menerapkan hal tersebut di rumah dalam satu waktu.

Hal tersebut tidaklah normal. Anda harus merencanakan langkah-langkah apa saja yang harus disiapkan per hari untuk mendesain interior rumah.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya Anda tidak salah jalan atau menyesal dengan konsep desain rumah yang telah Anda kerjakan.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 September 2020
Ventilasi Udara Rumah dan Kegunaannya
Ventilasi Udara Rumah sangat penting demi kenyamanan di dalam hunian. Seperti yang sudah diketahui, Ventilasi Udara Rumah berfungsi mengalirkan udara dari dalam ke luar atau dari luar rumah ke dalam ruangan. Lalu, terjadilah pergantian udara yang sehat dan baik untuk dihirup sehari-hari. Selain itu Ventilasi Udara Rumah memiliki kegunaan sebagai penyaluran keluarnya polusi tidak baikBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 23 September 2020
Rumah Subsidi yang Cocok untuk Milenial
Rumah Subsidi adalah rumah dengan pembeliannya tidak dikenakan pajak dan suku bunga rendah sehingga akan terjangkau bagi kaum Milenial yang ingin memiliki hunian sendiri. Hunian idaman kamu nantinya dapat dicicil dengan KPR bersubsidi atau Kredit Pemilikan Rumah. Rumah subsidi sendiri bisa didapat dengan harga yang terjangkau berkat adanya program dari Pemerintah karena tidak dikenakan PPN.Rumah SubsidiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 September 2020
Mau Rumah Anti Maling? Gunakan Sistem Keamanan Ini
Rumah Anti Maling merupakan rumah yang menjadi tempat berlindung serta aman dan jauh akan kejahatan. Saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong kamu pasti pernah merasa was-was iya bukan? Apalagi jika harus bepergian ke luar kota untuk hal penting seperti masalah pekerjaan atau berkunjung ke rumah kerabat.Belum lagi modus pencurian yang semakin beragam akan membuat kamuBaca Selengkapnya