(0)


KOMPAS.com - Mengatur furnitur merupakan tugas yang sulit. Apalagi jika Anda menginginkan tatanan yang nyaman dan indah dipandang.

Di lain sisi, menata furnitur juga harus sesuai dengan kondisi setiap ruangan, yang pastinya berbeda.

Agar perabot yang Anda tata sesuai dengan kondisis penghuni rumah, maka terapkan tips menghindari kesalahan umum dalam menata perabot, dan buat rumah Anda lebih menarik dan bergaya, seperti dilansir dari laman Reader's Digest.

1. Meletakkan perabot menempel pada dinding

Berikan furnitur Anda sedikit ruang bernafas dan jangan pernah mendorongnya ke dinding.

Menurut The Budget Decorator, memberikan sedikit ruang antara furnitur dan dinding malah membuat ruangan terlihat lebih besar.

2. Tidak ada kesempatan bercakap antar penghuni

Pemilik rumah terkadang mengatur furnitur terlalu jauh. Kursi dan sofa diletakkan berhadapan dan berasa di sisi ruang yang berbeda.

Jika ruangan rumah memiliki ukuran minimalis, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Tapi jika ukuran ruangan terlalu besar, maka penempatan tersebut membuat orang yang duduk harus mengeluarkan suara ekstra agar setiap obrolan dapat didengar oleh seluruh orang.

"jadi atur furnitur duduk Anda dengan cara yang menginspirasi kesempatan untuk mengobrol akrab dan akrab," kata Dan Interiors.

3. Tidak ada titik fokus

Biasanya seluruh perabot pada ruangan diletakkan sembarangan tanpa memperhatikan titik fokus ruangan. Hal ini akan membuat tampilan ruangan menjadi tidak menarik.

Tidak masalah apakah itu kamar tidur atau ruang tamu, setiap kamar harus memiliki titik fokus. Anda bisa menggunakan benda-benda tertentu seperti televisi atau lukisan berukuran besar.

4. Terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan

Jika Anda memiliki terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan maka hal ini bisa membuat tatanan terlihat sangat ramai.

Menggunakan lebih sedikit barang akan membuat ruangan terasa lebih luas. Alih-alih meja rias lebar, cobalah lemari rias lebih tinggi yang akan memberi ruang penyimpanan yang sama tetapi memakan lebih sedikit ruang.

Amatir, Intip 3 Desain Interior Mudah Untukmu Amatir, Intip 3 Desain Interior Mudah Untukmu(apartmenttherapy.com)

5. Menitikberatkan pada satu sudut ruangan

Kesalahan umum lain yang cenderung dilakukan kebanyakan orang adalah meletakkan semua furnitur di satu sisi atau sudut tertentu. Ketika mengatur furnitur, jangan meletakkan semua potongan besar di satu sisi dan potongan kecil di sisi lainnya.

6. Menggunakan karpet yang salah

Jika Anda ingin menggunakan karpet pada ruangan, pastikan memilih ukuran yang tepat. Tidak masalah jika beberapa sisi lantai di sekitar tepi karpet terekspos, tetapi pastikan beberapa furnitur tetap masuk ke dalam area karpet.

7. Tidak ada ruang berjalan

Kesalahan lain yang perlu dihindari adalah saat pemilik rumah meniadakan ruang untuk berjalan.

Furnitur-furnitur berukuran besar dapat menghalangi jalan penghuni rumah dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Maka, selalu pertimbangkan ruang untuk berjalan saat menata perabot. Pastikan setiap orang bisa berjalan melintasi ruang tanpa tersandung furnitur atau orang lain di ruangan itu.

8. Mengabaikan kepraktisan

Jika Anda senang mengangkat kaki atau makan sambil menonton televisi, pastikan Anda meletakkan furnitur yang memungkinkan Anda melakukannya.

Jika Anda menyelenggarakan pesta menonton pertandingan, pastikan orang memiliki tempat untuk menaruh minuman dan piring mereka. Pastikan setiap penghuni rumah merasa nyaman dengan kebiasaannya.

9. Jendela tertutupi

Ada kalanya ketika orang ingin memasukkan semua perabot ke dalam rumah malah mengesampibgkan keberadaan jendela.

Biasanya, agar furnitur bisa masuk, jendela yang ada di dalam ruangan terpaksa tertutupi oleh perabot.

Tetapi jika Anda menginginkan ruangan yang sehat, pastikan cahaya alami dapat masuk ke ruangan. Jangan sekali-kali menutup jendela hanya agar perabot kesayangan bisa masuk ke rumah.

Memblokir jendela di ruangan dengan furnitur malah membatasi jumlah cahaya, yang membuat ruangan terlihat kecil dan sempit


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 September 2020
Ventilasi Udara Rumah dan Kegunaannya
Ventilasi Udara Rumah sangat penting demi kenyamanan di dalam hunian. Seperti yang sudah diketahui, Ventilasi Udara Rumah berfungsi mengalirkan udara dari dalam ke luar atau dari luar rumah ke dalam ruangan. Lalu, terjadilah pergantian udara yang sehat dan baik untuk dihirup sehari-hari. Selain itu Ventilasi Udara Rumah memiliki kegunaan sebagai penyaluran keluarnya polusi tidak baikBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 23 September 2020
Rumah Subsidi yang Cocok untuk Milenial
Rumah Subsidi adalah rumah dengan pembeliannya tidak dikenakan pajak dan suku bunga rendah sehingga akan terjangkau bagi kaum Milenial yang ingin memiliki hunian sendiri. Hunian idaman kamu nantinya dapat dicicil dengan KPR bersubsidi atau Kredit Pemilikan Rumah. Rumah subsidi sendiri bisa didapat dengan harga yang terjangkau berkat adanya program dari Pemerintah karena tidak dikenakan PPN.Rumah SubsidiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 September 2020
Mau Rumah Anti Maling? Gunakan Sistem Keamanan Ini
Rumah Anti Maling merupakan rumah yang menjadi tempat berlindung serta aman dan jauh akan kejahatan. Saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong kamu pasti pernah merasa was-was iya bukan? Apalagi jika harus bepergian ke luar kota untuk hal penting seperti masalah pekerjaan atau berkunjung ke rumah kerabat.Belum lagi modus pencurian yang semakin beragam akan membuat kamuBaca Selengkapnya