(0)


Jurus Jitu Naikkan Harga Jual Rumah
Info Terbaru | 10 Februari 2020

KOMPAS.com - Banyak orang mencoba merenovasi rumah sebelum memutuskan untuk menjualnya. Cara ini disebut mampu meningkatkan harga jual tempat tinggal.

Akan tetapi, ada beberapa jenis perbaikan yang dapat menurunkan nilai jual rumah. Banyak pemilik rumah yang cenderung berlebihan ketika menciptakan ruang impian mereka.

Hal ini terjadi lantaran para penjual sering merasa tidak percaya diri kala memasarkan rumahnya.

Untuk itu, sebelum memperbaiki rumah, perhatian hal-hal yang dapat mengurangi nilai jual seperti mengurangi ruangan hingga kustomisasi berlebihan.

Lalu renovasi apa yang menawarkan dampak terbesar pada nilai rumah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Better Homes and Gardens:

1. Penambahan ruang

Seiring dengan berkembangnya keluarga pertimbangkan untuk menambah ruang-ruang khusus.

Segala penambahan fisik seperti kamar tidur, perluasan ruang tamu atau ruangan lainnya dapat memberikan nilai tambah.

2. Renovasi kamar mandi utama

Kamar mandi menjadi salah satu ruangan penting di rumah. Betapa tidak, seluruh penghuni rumah melakukan aktivitas membersihkan diri di ruangan ini.

Selain itu, kamar mandi yang telah diperbaiki atau direnovasi dengan penambahan khusus dapat meningkatan nilai jual rumah Anda.

Jika Anda memiliki beberapa buah kamar mandi, fokuskan perbaikan pada kamar mandi utama.

Setiap pemilik rumah biasanya cenderung memilih untuk membersihkan diri di kamar mandi utama. Mereka juga biasanya tidak ingin berbagi kamar mandi dengan orang lain.

Untuk itu, Anda bisa menambah beberapa perabot atau peralatan kamar mandi terbaru. Namun ingat, jangan mendekorasi kamar mandi dengan hal-hal yang berlebihan, seperti poster atau koleksi benda-benda aneh yang Anda miliki.

Ilustrasi kamar mandi dengan tirai terlalu panjang. Ilustrasi kamar mandi dengan tirai terlalu panjang.(Shutterstock)

3. Perbarui dapur

Sama seperti kamar mandi, memperbarui dapur dengan peralatan baru mungkin tampak sepele, tetapi hal ini suatu keharusan.

Saat ini banyak fitur dapur yang menjadi tren seperti mesin pencuci piring, microwave dengan bentuk laci dan sebagainya.

4. Dekorasi halaman

Tidak ada yang bisa menolak opsi untuk memiliki rumah dengan halaman. Halaman rumah juga bisa menjadi salah satu faktor untuk menari calon pembeli.

Jika rumah Anda memiliki halaman baik di depan, samping, atau belakang, manfaatkan ruang tersebut sebaik mungkin.

Anda bisa mendekor ulang halaman dengan menempatkan kursi dan meja taman untuk bersantai.

Selain itu, jika dapur dan halaman rumah terletak di belakang, Anda bisa membuat semacam jendela untuk menyambungkan kedua ruangan tersebut.

Memiliki dapur yang terbuka ke halaman merupakan impian banyak orang.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Ide Dapur Serba Hitam, Stylish dan Elegan
KOMPAS.com - Tidak banyak yang tertarik untuk memilih warna hitam sebagai warna utama dalam desain interior rumah mereka, terutama dapur. Namun nyatanya, justru kesan warna gelap inilah yang membuat warna hitam mampu menampilkan dapur yang lebih stylish dan elegan. Dapur warna hitam kini kerap dianggap merepresentasikan gayaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Inspirasi Keren Dapur + Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyaman
KOMPAS.com - Pernah membayangkan punya ruang kerja di dekat dapur? Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk memiliki ruang kerja dekat dengan dapur. Beberapa alasannya antara lain keterbatasan ruang, efisiensi multitasking, mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, ataupun karena imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Nah apapunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
Cara Mudah Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo
Bagi Anda yang mengikuti tren dan tips merapikan isi rumah, tentu nama Marie Kondo pernah terdengar. Perempuan asal Jepang ini semakin dikenal karena acaranya yang sangat populer di Netflix, Tidying Up With Marie Kondo. Metode merapikan rumah yang ia miliki mengundang pembicaraan banyak orang, namun keberhasilannya tidak terbantahkan.Marie Kondo dikenalBaca Selengkapnya