(0)


Memiliki rumah tanpa adanya penyejuk ruangan seperti ada yang kurang. Apalagi kita tinggal di negara tropis yang cukup panas setiap harinya. Cuaca panas dan terik pada siang hari dapat masuk ke dalam rumah dan menimbulkan hawa yang cukup panas. Tentunya hawa panas bisa mengganggu saat bersantai atau aktivitas yang kamu lakukan di rumah. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan penyejuk ruangan di ruang rumah yang memang sekiranya diperlukan. Pastinya kamu tahu kalau sekarang ini ada berbagai macam penyejuk ruangan seperti AC, kipas angin, dan air cooler. Akan tetapi, AC dan kipas angin merupakan dua buah alat yang paling diminati. Tentu saja kedunya memiliki perbedaan, ingin tahu? Pastikan untuk terus membaca artikel ini.


#1 Air Conditioner




Pada umumnya masyarakat menggunakan AC (Air conditioning) sebagai pendingin ruangan. AC sendiri berfungsi untuk mengatur udara dalam rumah, dengan begitu udara sejuk bisa kamu dapat. Memasang AC untuk kamar dan ruang tamu merupakan ide terbaik agar menciptakan rumah yang sejuk dan nyaman. Penggunaan AC dapat membantu kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari ketika di rumah. Dengan AC, kamu juga bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik karena tidak terganggu dengan rasa pengap dan gerah. Satu hal harus kamu ingat, aturlah suhu dari AC tersebut agar tidak terlalu dingin atau panas. Kalau bisa, belilah AC yang tidak terlalu memakan banyak daya agar tagihan listrikmu tidak membengkak nantinya.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa menggunakan AC memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan. AC memiliki penyaring udara untuk mencegah masuknya kotoran ke dalam ruangan rumahmu. Otomatis, tingkat keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan AC sangat baik. 

Selalu ingat untuk merawat kebersihan AC dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan serta penyakit nantinya. Cara merawat dan menjaga kebersihan AC yaitu bersihkan penyaring udara yang terdapat di dalam AC. Hal ini penting agar AC dapat terus berfungsi secara optimal. Gunakan AC secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan, usahakan agar pemakaian AC tidak secara berlebihan.


#2 Kipas Angin




Kipas angin merupakan alternatif lain untuk menyejukkan sebuah ruangan. Kipas angin dapat menyegarkan udara dan mengeluarkan udara panas dari ruangan dalam rumahmu. Biasanya, masyarakat memilih menggunakan kipas angin karena daya yang digunakan minim yang secara otomatis tidak akan membebankan tagihan listrik. Kipas angin memiliki beragam jenis yaitu kipas angin lantai, kipas angin meja, kipas angin gantung dan kipas angin berdiri. 

Cara merawat kipas angin sangatlah mudah, ketika baling-baling kipas angin sudah dipenuhi oleh debu, kamu hanya perlu membuka kipas angin. Lalu bersihkan kipas angin milikmu terutama pada bagian baling-baling agar debu kotor tersebut tidak menyebabkan penyakit. Pada dasarnya semua jenis kipas angin sama, yang membedakan hanya tata letak dan penempatan kipas angin untuk suatu ruangan. Gunakanlah kipas angin sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kipas angin, pastikan sirkulasi udara di rumahmu berjalan dengan baik agar udara tidak mengendap dalam rumahmu. Bersihkanlah ventilasi atau gunakan ex-haust bila perlu guna menyedot udara atau debu keluar rumah. Dengan begitu, rumahmu akan terasa sejuk meskipun hanya menggunakan kipas angin.

Mengenai AC atau kipas angin, semua kembali ke selera kamu masing-masing. Menggunakan keduanya juga sah-sah saja. Satu hal penting yang harus diingat adalah, perhatikan kondisi penyejuk ruangan yang kamu miliki agar tetap awet dan bebas dari berbagai penyakit.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Ide Dapur Serba Hitam, Stylish dan Elegan
KOMPAS.com - Tidak banyak yang tertarik untuk memilih warna hitam sebagai warna utama dalam desain interior rumah mereka, terutama dapur. Namun nyatanya, justru kesan warna gelap inilah yang membuat warna hitam mampu menampilkan dapur yang lebih stylish dan elegan. Dapur warna hitam kini kerap dianggap merepresentasikan gayaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Inspirasi Keren Dapur + Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyaman
KOMPAS.com - Pernah membayangkan punya ruang kerja di dekat dapur? Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk memiliki ruang kerja dekat dengan dapur. Beberapa alasannya antara lain keterbatasan ruang, efisiensi multitasking, mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, ataupun karena imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Nah apapunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
Cara Mudah Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo
Bagi Anda yang mengikuti tren dan tips merapikan isi rumah, tentu nama Marie Kondo pernah terdengar. Perempuan asal Jepang ini semakin dikenal karena acaranya yang sangat populer di Netflix, Tidying Up With Marie Kondo. Metode merapikan rumah yang ia miliki mengundang pembicaraan banyak orang, namun keberhasilannya tidak terbantahkan.Marie Kondo dikenalBaca Selengkapnya