(0)

Keramik Bekas, Indahnya Terus Membekas
Info Terbaru | 18 Februari 2019

KOMPAS.com - Memasang keramik untuk lantai dengan pola grid sudah biasa. Bagaimana jika Anda sedikit berimprovisasi dengan menggunakan pecahan keramik sisa?

Bahan untuk mempercantik lantai kali ini bukan dari keramik mozaik, melainkan potongan keramik yang disusun ulang sehingga membentuk mozaik. Potongan keramik ini benar-benar limbah atau sisa pakai proyek. Jadi, ada unsur penghematan dan ramah lingkungan disini.

Untuk mendapatkan keramik sisa, Anda dapat mendatangi proyek rumah dan menanyakan soal limbah keramik bila masih ada. Cara lainnya, Anda dapat datang ke toko bangunan yang menjual keramik sisa akibat cacat produksi.

Tentu, alangkah serunya bila potongan keramik yang Anda koleksi terdiri dari warna dan corak berbeda. Maka, hasilnya nanti bakal lebih unik dan berkarakter.

Kemudian, saat pembuatannya, Anda bisa memulainya dengan menggambar pola-pola yang Anda inginkan pada sebuah kertas. Lalu, gambar pola tersebut pada lantai yang hendak dipasangi keramik sisa.

Selanjutnya, tuangkan adonan semen di atas pola, kemudian susun keramik di atasnya. Supaya semen tidak cepat mengering, tuangkan semen secara bertahap dengan kelipatan 1 meter persegi. Pilihan semen instan lebih baik karena memiliki waktu kering sampai 30 menit. Waktu ini bisa Anda manfaatkan untuk menyesuaikan dan mengolah potongan keramik sisa.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 24 Juni 2019
Pilihan Warna Kamar Tidur yang Mencerahkan Pagi Anda
KOMPAS.com - Memilih warna untuk kamar tidur tak boleh sembarangan karena masing-masing warna mempunyai efek psikologis. Warna kamar tidur dapat memengaruhi emosi, pikiran, tubuh, dan keseimbangan. Dengan memilih warna yang tepat, Anda akan lebih bersemangat. Berikut ini inspirasi warna-warna kamar tidur elegan yang dijamin akan membuat pagi Anda menjadi cerah. Warna Hijau Menenangkan www.arsitag.comBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut
KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan. Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru. Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan. PertimbanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Rumah Pertama Pengantin Baru, Beli atau Sewa?
KOMPAS,com - Banyak riset yang meramalkan milenial tak akan sanggup membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya Rumah123 yang memprediksi hanya ada 5 persen kalangan milenial yang bisa memiliki rumah pada tahun 2022. Ketidakselarasan antara kenaikan harga rumah (17 persen) dengan peningkatan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR) 10 persen per tahunBaca Selengkapnya