Menabung DP Rumah dengan Cermat untuk Kamu yang Berusia 21an

01 February 2017 10:00:00

Berkat program KPR, kini seseorang yang masih berusia 21 tahun atau sudah menikah pun dapat memiliki rumah sendiri. Namun hal ini bukan berarti mudah, apalagi mengingat gairah hidup muda, yang masih suka bersenang-senang, yang umumnya masih dimiliki oleh mereka yang berusia 20andi mana hal ini sering kali mempersulit mereka untuk mempersiapkan diri agar dapat memiliki rumah impiannya.

Mengingat harga rumah yang terus melonjak, lebih cepat memiliki rumah adalah hal yang sangat baik. Oleh karena itu tulisan kali ini khusus dipersembahkan untuk kamu yang masih berusia 20an, agar dapat mewujudkan impian memiliki rumah impian di usia 21 tahun atau sudah menikah.

Khususnya, bagaimana cara memiliki DP yang cukup untuk KPR idaman Anda.

Menabung adalah cara paling dasar dan umum untuk memiliki DP untuk rumah idaman, tetapi keinginan untuk menikmati hidup, yang umumnya masih terasa kuat di usia muda sering menjadi kendala dalam hal ini. Oleh karena itu, selain menguatkan tekad, kamu juga harus mulai menemukan cara menabung cermat yang sesuai dengan kamu.

Kamu bisa menyiapkan satu tabungan khusus untuk DP rumah, yang setiap kali kamu baru gajian, atau mendapat bonus, maka pemasukan tadi harus disetor beberapa persennya ke dalam tabungan ini (misalnya 20% atau seluruhnya jika itu adalah bonus).

Setor di awal gajian adalah hal penting untuk dilaksanakan, karena dengan begini, gaji kamu yang seharusnya menjadi tabungan DP rumah tidak akan habis karena jajan ini dan itu.

Oh iya, jangan lupa kalau tabungan khusus ini sifatnya “sakral,” artinya haram untuk disentuh kecuali untuk DP rumah atau keadaan yang sifatnya emergensi.

Jika kamu merasa tidak mampu komitmen untuk menabung sendiri, kamu juga dapat menerapkan fasilitas autodebet ke tabungan Anda, yang disediakan oleh beberapa bank di Indonesia. Pada fasilitas dasarnya hal ini tak jauh beda dengan investasi, reksadana, atau deposito.

Dengan fasilitas ini, sejumlah tertentu dari tabungan kamu akan ditarik secara otomatis setiap bulannya dan disimpan dalam tabungan khusus lain. Melalui cara ini, kamu akan “dipaksa” untuk disiplin dalam menabung dan menyesuaikan gaya hidupmu sehingga kamu dapat mewujudkan impian untuk memiliki rumah sendiri.

Tags

Artikel Terkait

Menabung DP Rumah dengan Cermat untuk Kamu yang Berusia 21an

Berkat program KPR, kini seseorang yang masih berusia 21 tahun atau sudah menikah pun dapat memiliki rumah sendiri. Namun hal ini bukan berarti mudah, apalagi mengingat gairah hidup muda, yang masih suka bersenang-senang, yang umumnya masih dimiliki oleh mereka yang berusia 20andi mana hal ini sering