(0)


KOMPAS.com - Pernahkah Anda bekerja di kantor yang rasanya tidak benar? Pernahkah Anda merasakan suasana kantor Anda berbenturan dengan kepribadian? Atau pernahkah Anda merasa tidak produktif saat berada di kantor?

Jika hal tersebut terjadi, penyebabnya bisa jadi karena warna ruang kerja di kantor.

Melansir Forbes, penelitian menunjukkan warna tidak hanya mengubah suasana hati kita, tetapi benar-benar dapat memengaruhi tingkat produktivitas.

Hal ini dikatakan oleh Lasse Karvinen, kepala produk di Framery, sebuah perusahaan Finlandia yang merancang dan membuat "pod" kerja untuk kantor ruang dengan konsep terbuka.

“Inilah mengapa pengusaha menjadi lebih penuh perhatian, bukan hanya desain tempat kerja secara keseluruhan, tetapi secara khusus cara ruang dilengkapi untuk mendukung efisiensi karyawan serta kebahagiaan,” ujar Karvinen.

Menurut Ben Hamley dari JLL Asia Pacific, otak manusia terhubung untuk memproses cahaya sebagai indikator waktu, dan sebagai barometer untuk mengetahui seberapa fokus atau santai kita.

Dia memprediksi, tempat, desain, warna dan pencahayaan adalah faktor penting dalam menciptakan tempat kerja di masa depan.

"Orang-orang cenderung percaya bahwa merah dan oranye adalah warna yang lebih merangsang, memprovokasi kondisi emosional yang kuat, sementara mereka percaya biru dan hijau lebih santai," katanya.

Meski biru dianggap sebagai warna yang lebih santai, tetapi cahaya yang dipantulkan warna biru sebenarnya lebih baik dalam membuat orang merasa lebih berenergi, atau setidaknya kurang mengantuk.

Hal ini terjadi karena warna biru menekan produksi melatonin alami tubuh, hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian manusia atau bisa dikatakan pola yang menentukan kapan kita secara alami bangun dan tidur.

Selain biru, warna hijau juga dapat meningkatkan produktivitas di ruang kerja. Karvinen mengatakan, warna hijau sangat populer untuk diterapkan di ruang kerja pada tahun lalu.

Baru-baru ini, pendekatan ke tempat kerja telah bergeser. Pengusaha lebih memilih untuk membuat kantor lebih tenang dan lebih menyenangkan.

Mereka sekarang mengundang tempat-tempat yang dalam beberapa kasus secara khusus selaras dengan pencitraan merek.

"Setahu saya, hijau dikatakan menciptakan tingkat kewaspadaan dan sering dimasukkan ke dalam ruang perawatan kesehatan karena alasan ini," ujar Karvinen.

Meski warna-warna itu dianggap dapat memengaruhi produktivitas, namun warna netral seperti krem dan abu-abu muda diperkirakan akan terus eksis di tempat kerja modern.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 29 Juni 2020
Inikah Rumah Impian Anda? Temukan Kejutan di Dalamnya
KOMPAS. com - Seperti inikah rumah impian Anda? Kesan mewah, rapi, dan elegan seketika terpancar begitu melihat rumah ini. Tak hanya fasad yang memikat, rumah modern minimalis ini ternyata menyimpan kejutan istimewa di bagian dalamnya. Terdapat sebuah kolam renang semi-outdoor di dalam rumah, lengkap dengan taman nan hijau! Benar-benar bukan sekadar kolamBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 29 Juni 2020
4 Pilihan Lantai untuk Kamar Mandi Mungil
KOMPAS.com - Memiliki kamar mandi berukuran kecil bukan berarti Anda tak bisa mendekorasi ruang tersebut sebaik mungkin. Salah satunya melalui pemilihan dan penggunaan lantai kamar mandi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui model lantai seperti apa yang menambah estetika kamar mandi. Melansir The Spruce, berikut ini empat pilihanBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 29 Juni 2020
Ini 4 Bahan Pembasmi Cicak
KOMPAS.com - Semua orang mengetahui bahwa cicak bukanlah hewan yang cocok dipelihara di rumah. Kehadiran cicak pun kerap membuat Anda geli dan jijik ketika hewan ini merayap di tembok rumah, terutama jika kotorannya jatuh ke kursi. Selain meninggalkan noda yang sulit dibersihkan, kotoran cicak juga menjadi sumber datangnya penyakit. Salah satu jenisBaca Selengkapnya