(0)


KOMPAS.com - Apakah Anda sedang mencari ide desain kamar anak remaja? Ketika anak beranjak dewasa, kebutuhannya yang tak kalah penting adalah kamar tidur yang menyenangkan.

Bagi mereka, kamar tidur bukanlah sekadar tempat untuk tidur, melainkan tempat terbaik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk dunia yang penuh tuntutan dan aturan.

Karena itu, untuk mendesain kamar anak remaja, para orangtua perlu menggali hal-hal yang disukai, dan memandang kamar tidur dari perspektif mereka.

Bisa jadi orangtua akan menemukan bahwa ternyata ada banyak hal yang disukai anak remaja. Bahkan beberapa di antaranya terbilang aneh.

Namun dengan kreativitas, semua itu bisa disatukan dan membuahkan sebuah kamar yang kreatif dan nyaman.

1. Dekorasi Unik, Headboard Ukiran

Kamar anak remaja dengan headboard unik Kamar anak remaja dengan headboard unik (www.home-designing.com) Anak remaja biasanya betah berlama-lama di kamar yang menyenangkan dan kreatif. Akan tetapi, memang tak mudah menciptakan kamar seperti ini.

Cara yang dapat Anda coba adalah dengan menghadirkan dekorasi yang unik. Misalnya saja dengan memasang headboard berukir dengan bentuk yang menarik.

Headboard ukiran berbentuk pohon ini dibuat dari bahan kayu dengan mempertahankan tekstur dan warna natural.

Tak diragukan lagi, dekorasi headboard ukiran ini membuat kamar tampak indah, unik, dan kreatif. Anak remaja pasti suka!

2. DesainKamarAnakRemajaMultifungsi

Kamar anak remaja multifungsi bernuansa pink, hitam, dan putih Kamar anak remaja multifungsi bernuansa pink, hitam, dan putih (www.home-designing.com)Sekali lagi, kamar tidur anak remaja lebih dari sekadar tempat untuk beristirahat. Anak remaja membutuhkan kamar sebagai tempat untuk belajar, berkumpul bersama teman-teman, berekspresi, hingga menghabiskan waktu.

Semua itu bagi mereka sama pentingnya dengan tidur. Karena itulah, desain kamar anak remaja sebaiknya multifungsi.

Seperti yang dapat Anda lihat, kamar tidur ini berfungsi pula sebagai tempat untuk belajar dengan menempatkan sebuah meja yang menghadap jendela.

Ruang kosong antara ranjang dan meja belajar pun terbilang luas, sehingga bisa menjadi tempat berkumpul bersama teman-teman maupun tempat berekspresi.

Fasilitas yang modern juga disediakan agar anak Anda bisa menghabiskan waktu dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan menonton film.

Tak harus pergi ke bioskop, sebuah proyektor ditempatkan di langit-langit untuk memudahkan menikmati film favorit di kamar.

Sementara itu, suasana yang menyenangkan dihadirkan dengan pilihan warna pink yang disukai oleh hampir semua anak remaja putri.

Warna pink dipadukan dengan warna putih dan warna hitam yang kontras. Warna hitam tampak menonjol di antara dua warna yang terang dan memberi kesan ketegasan.

3. Memadukan Beberapa Gaya Desain

Kamar anak remaja yang memadukan gaya kontemporer dan rustic Kamar anak remaja yang memadukan gaya kontemporer dan rustic (www.hgtv.com)Tak ada keharusan untuk menggunakan gaya desain tertentu yang dianggap cocok untuk desain kamar anak remaja.

Anda bebas memadukan beragam gaya desain untuk mendapatkan kamar remaja yang menyenangkan.

Seperti pada inspirasi ini, gaya desain kontemporer bertemu dengan gaya rustic. Sentuhan rustic dihadirkan lewat tempat tidur kanopi, rak buku, dan meja belajar.

Ditambah dinding horizontal dengan teknik shiplap menjadi aksen interior membuat kamar semakin keren.

Sementara itu, kursi gantung menjadi elemen yang menyenangkan dan sekaligus sudut favorit untuk anak remaja.

4. Style Boho untukDesain KamarAnak RemajaPutri

Style boho dengan sentuhan warna biru Style boho dengan sentuhan warna biru (www.hgtv.com)Jika anak remaja putri Anda tak suka dominasi warna pink di kamar tidurnya, style boho bernuansa warna biru telur asin ini bisa menjadi pilihan.

Warna terang di dinding kamar menciptakan atmosfer nan rileks yang mendukung kegiatan membaca atau berkreasi.

Selain itu, sentuhan style boho dihadirkan melalui hiasan print daun palem di dinding, ottoman dengan bahan lembut dan efek warna pink gradasi, serta kain tenun di atas tempat tidur.

5. Inspirasi Dari Hobi Anak Remaja

Kamar anak remaja dengan nuansa musik Kamar anak remaja dengan nuansa musik (www.hgtv.com)Apa hobi anak remaja Anda? Mungkin saat ini ia sedang menyukai dunia musik. Hobi tersebut bisa menjadi inspirasi desain kamar anak Anda lho.

Nuansa musik dihadirkan lewat sebuah gitar yang digantung di atas headboard, papan tulis bertuliskan not-not balok, dan rak dinding yang memajang koleksi kepingan musik favorit.

Lalu, ada pula sebuah sofa abu-abu modern yang nyaman sebagai tempat santai untuk bermain musik.

Senada dengan lantai kayu, tempat tidurnya juga dipilih dari bahan kayu yang dibalut benderaJack.

6. Dekorasi di Dinding Kamar

Mural fotografi bertema binatang Mural fotografi bertema binatang (www.eazywallz.com)Sebagian anak remaja menyukai binatang. Anda bisa menciptakan focal point di kamar tidur dari salah satu binatang kesukaan mereka.

Contohnya dengan menempatkan mural fotografis di dinding. Anda bisa memilih objek mural fotografis bergambar dua kuda putih berukuran besar.

Nuansa hitam putih pada mural fotografis dipadukan dengan cover tempat tidur warna abu-abu dan karpet yang senada. Hasilnya, kombinasi yang serasi!

7. Permainan Warna-warna Pastel yang Lembut

Warna-warna pastel berpadu dengan pola-pola yang cantik Warna-warna pastel berpadu dengan pola-pola yang cantik(www.overstock.com)Nuansa kamar untuk anak di masa awal remaja, tentu berbeda dengan ketika anak menjelang akhir remaja atau ketika menjelang dewasa.

Mendekati usia dewasa, nuansa yang lembut terasa lebih cocok. Terinspirasi dari nuansa padang pasir yang kering dan warna-warna pastel saat matahari tenggelam, menciptakan atmosfer kamar yang terasa lebih lembut dan dewasa.

Karpet, seprai, dan bantal tak ada yang menggunakan warna mencolok, melainkan warna pastel yang kalem.

Bahan-bahan tenun menjadi pilihan karena pola-polanya yang menghidupkan suasana.

Sementara itu, warna dinding dibuat polos sehingga menonjolkan nuansa pastel, pola tenun, dan hiasan dindingnya.

Nah, merancang kamar tidur anak remaja ternyata tak sesulit yang dibayangkan, bukan?

Berbekal sederet inspirasi desain kamar anak remaja ini, temukan desain yang cocok untuk buah hati Anda.

Ingat, pandanglah dari perspektif anak Anda agar desain kamarnya menyenangkan bagi mereka.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 12 Agustus 2020
Wabi-sabi, Inspirasi Desain Interior Jepang yang Makin Digandrungi
KOMPAS.com - Anda mungkin punya ide unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa. Ada beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru adalah " Wabi-sabi". Inspirasi desain asal Jepang ini makin digandrungi karena mengakomodasi kepraktisan, kesederhanaan, dan tidak terlalu teratur. Lantas, apa itu "Wabi-sabi"? "Wabi-sabi"Baca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Agustus 2020
Setelah Pandemi, Desain Hunian Sekaligus Ruang Kerja Bakal Ngetren
KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat pemilik rumah mengubah tata letak hunian mereka. Beberapa memanfaatkan sisa ruangan di dalam rumah menjadi ruang kerja pribadi. Bahkan ada yang membuat ruang kerjanya sendiri di ruangan khusus. Pada awalnya orang-orang melihat kebutuhan akan ruang kerja di rumah hanya bersifat sementara sampai pandemi usai. NamunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Agustus 2020
Penting, 7 Tips Renovasi Ruang Kerja di Rumah Biar WFH Makin Nyaman
KOMPAS.com - Keberadaan ruang kerja di rumah mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang karena jarang berada dalam kondisi harus mengerjakan pekerjaan di rumah. Akan tetapi, semenjak kemunculan wabah Covid-19, belakangan ruang kerja berangsur dianggap penting. Bahkan, kebutuhan semakin terasa semenjak diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam rangka mengurangi penyebaranBaca Selengkapnya