(0)


JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang baru-baru ini melanda kawasan Jabodetabek perlahan kian surut.

Dampak dari banjir tak hanya melenyapkan barang-barang berharga namun juga membuat rumah kotor dipenuhi lumpur.

Sebagian dari Anda mungkin akan sulit membersihkan kotoran lantai pasca banjir. Namun, Anda tak perlu khawatir. 

Melansir dariReader's Digest, berikut rangkuman tiga cara mudah membersihkan lantai kotor pasca banjir.

1. Gosok lantai dengan larutan pembersih

Jika permukaan lantai sangatlah kotor seperti dipenuhi dengan lumpur, Anda bisa menambahkan deterjen dan seperempat cangkir amonia ke dalam ember berisi air hangat.

Kemudian, gosok kedua larutan tersebut di permukaan lantai dan sikat menggunakan kain nilon kaku.

Sebaiknya, jangan pernah menggunakan sikat logam seperti serat logam yang bisa menempel pada lantai dan mengakibatkan lantai justru berkarat.

Jika masih belum bisa menghilangkan lumpur tersebut, Anda dapat menambahkan trisodium fosfat atau TSP ke dalam air pencuci. Setelah itu, bilaslah dengan air dan biarkan sampai kering. 

2. Gunakan pemutih pada lantai

Setelah menggunakan larutan pembersih, gunakanlah pemutih pada lantai yang terkena lumpur.

Hal tersebut harus dilakukan karena, setelah membersihkan lantai yang terkena lumpur belum sepenuhnya bersih, masih ada banyak jamur yang menempel.

Untuk menghilangkan pertumbuhan jamur di lantai rumah, Anda bisa campurkan satu sampai dua sendok cairan pemutih pada seliter air dan masukkan pada botol semprot.

Setelah itu, semprotkan lantai maupun dinding dengan larutan dan gosok dengan sikat berbulu nilon.

3. Tambahkan bubuk pemutih lantai

Setelah menambah pemutih pada lantai dari kotornya lumpur akibat banjir, Anda juga perlu menambahkan bubuk pemutih lantai.

Karena, setelah Anda membersihkan, lantai masih berbau. Untuk itu, taburkan kapur klorinasi.

Kemudian, biarkan bubuk pemutih lantai saja menyerap selama sehari penuhi. Esoknya, sapu lantai dan buang sisa kotoran di lantai rumah Anda.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 17 Februari 2020
4 Ide Dekorasi Percantik Dinding Rumah
KOMPAS.com - Salah satu elemen dalam interior rumah yang paling mendapat perhatian adalah dinding. Dinding menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai sekat tiap sudut rumah serta pembatas antara rumah Anda dan rumah tetangga. Tak sekadar jadi pembatas, dinding juga memiliki fungsi estetika yang tinggi, dan memungkinkan Anda dapatBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Februari 2020
3 Jurus Ciptakan Interior Rumah Wabi-Sabi
KOMPAS.com - Sebagian orang pasti memiliki ide unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa. Ada beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru ada " Wabi-sabi". "Wabi-sabi" merupakan istilah Jepang yang pada dasarnya memiliki arti "menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan". "Wabi" mengacu pada hidup dengan kerendahan hatiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 13 Februari 2020
9 Cara Mudah Untuk Membawa Keberuntungan Ke Rumah Anda
(sumber: https://unsplash.com/photos/QtQVSWvsUBw )1. Warna Pembawa KeberuntunganHijau, ungu dan merah adalah warna-warna yang baik untuk digunakan dalam desain rumah Anda. Hijau adalah warna kemakmuran dan akan menambah pertumbuhan dan kesehatan. Ungu adalah warna yang mewah dan megah, menambah percaya diri, menambah percaya diri, energi, dan gairah dalam hidup Anda. Sementara merahBaca Selengkapnya