(0)


Penggunaan pintu pada suatu rumah sangatlah penting, karena pintu berperan sebagai akses untuk keluar dan juga masuk. Selain berfungsi sebagai akses keluar dan masuk, pintu juga berfungsi untuk menjaga privasi kamu ketika sedang berada di salah satu ruang rumah terutama kamar. Tentunya siapapun tidak ingin ada orang keluar masuk tanpa seizin pemilik ruangan tersebut. Itulah kenapa pintu juga berfungsi untuk menjaga keamanan rumahmu. 

Selain itu, pintu juga berfungsi untuk mengalirkan udara dan cahaya ke dalam rumah. Yang terpenting lagi, desain sebuah pintu juga dapat menambah kesan menarik pada rumahmu. Dengan berbagai macam bentuk pintu, warna, serta material yang digunakan akan menambah kesan cantik dan menawan. Berikut ulasan berbagai macam jenis pintu rumah yang dapat kamu terapkan.


#1 Sliding Door atau Pintu Geser




Pintu yang satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri dan sangat populer di Jepang. Umumnya, pintu geser dibuat dari bahan seperti kayu dan kaca akan tetapi sekarang ini sudah banyak dijual pintu kayu yang menggunakan bahan lain. Kamu bisa menerapkan pintu geser di beberapa bagian rumahmu seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Pintu geser ini juga tidak akan memakan banyak tempat dan dapat memancarkan kesan minimalis dalam sebuah rumah. Jika tertarik menggunakan pintu geser, sebaiknya pintu ini digunakan di dalam rumah agar segala aktivitas yang kamu lakukan di rumah lebih mudah. Untuk pintu masuk, sebaiknya gunakan pintu yang berdesain lebih kokoh agar keamanan rumah kamu lebih terjaga dengan baik.


#2 Glass Door atau Pintu Kaca




Ingin memiliki pintu rumah yang minimalis namun menampilkan kesan yang elegan? Yuk coba untuk memasang pintu kaca seperti ini di rumahmu. Pintu model kaca seperti ini dapat mempercantik ruangan. Perlu kamu ketahui bahwa pintu seperti ini bisa membuat tagihan listrikmu tidak membengkak karena cahaya matahari bisa masuk dari luar sehingga kamu tidak perlu repot menyalakan lampu pada siang hari.

Mengenai privasi dan keamanan, kamu bisa menggunakan kaca anti pecah yang berbahan tebal dan jangan lupa gunakan tirai jika tidak ingin privasimu dalam rumah terganggu. Mengenai penempatannya, pintu dengan desain kaca seperti ini sangat cocok jika menghadap ke arah pekarangan. Dengan begitu, kamu bisa melihat pemandangan di sekitar rumahmu.


#3 Pintu Berdesain Tradisional




Salah satu jenis pintu yang masih diminati hingga sekarang adalah pintu yang berbahan kayu dan berdesain tradisional. Pintu berbahan dasar kayu dapat mempercantik rumah karena menampilkan kesan yang menyatu dengan alam. Selain itu, pintu berbahan dasar kayu biasanya memiliki kekuatan yang lebih baik apalagi jika kayu yang digunakan berkualitas baik. Dengan pola dan tekstur yang unik, rumah kamu akan menampilkan kesan tradisional namun tetap bernilai estetik. Karena kekuatannya, pintu seperti ini sangat cocok untuk dipasang pada pintu utama.

Itulah beberapa jenis pintu yang bisa kamu terapkan pada rumahmu. Perlu diingat, selain untuk menambah nilai artistik pada sebuah rumah, pastikan pintu yang kamu pilih berkualitas baik dan kuat agar keamanan dalam rumah kamu bisa terjaga dengan baik. Pastikan juga corak atau warna pada sebuah pintu memang kamu sukai dan dapat menyatu dengan rumah agar kamu tidak bosan nantinya. Tertarik untuk menerapkan pintu-pintu tersebut di rumahmu?


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 2 April 2020
Tips Membangun Kebiasaan Yang Sehat Di Rumah
Kebutuhan akan kesehatan di dalam rumah saat ini lebih penting dari apapun, terutama melihat situasi dan kondisi yang tengah kita hadapi saat ini. Kesehatan Anda dan keluarga akan sangat terpengaruh oleh kebiasaan hidup sehat yang dibangun dengan baik. Diterpa kesibukan harian yang memakan waktu dan tenaga, terkadang kita justru mengorbankanBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 2 April 2020
7 Tips Maksimalkan Jaringan Internet Di Rumah Selama Masa WFH
Bagi Sahabat BTN yang sudah mulai bekerja dari rumah, kebutuhan internet yang cepat tentu sudah semakin penting. Terutama karena saat ini  dengan semakin banyak yang menggunakan jaringan internet untuk bekerja di rumah pada waktu bersamaan. Hari-hari Anda kini mungkin lebih sering diisi dengan kegiatan seperti video call baik untuk memenuhi kebutuhanBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 31 Maret 2020
5 Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Ketika Masuk Rumah Di Masa Pandemik Corona
Kewaspadaan menjadi sesuatu yang harus diingat dan semakin penting saat ini. Kemungkinannya saat ini Anda tentu akan jarang bepergian keluar rumah. Hal ini juga terjadi untuk beberapa alasan. Meskipun meninggalkan rumah sangat beresiko saat ini, ada perjalanan yang tentunya bagi sebagian orang tidak bisa dihindari. Pada tahap ini, tips berikut menjadiBaca Selengkapnya