(0)


Selain ruang tamu atau pekarangan rumah, meja makan juga bisa menjadi tempat paling asyik untuk berkumpul bersama kerabat atau keluarga yang tersayang. Menikmati hidangan lezat bersama keluarga tentunya dapat menambah cita rasa makanan ditambah lagi nuansa hangat yang terpancar.

Masalahnya, kerap kali terjadi penempatan meja makan di rumah yang tidak sesuai. Biasanya dengan ruang rumah yang terbatas, memiliki ruang makan beserta satu set meja makan rasanya mustahil. Terutama untuk kamu yang baru saja menikah, biasanya pengantin baru tinggal di rumah minimalis yang memiliki ruang terbatas. Lalu bagaimana mensiasatinya? Berikut beberapa tips ruang makan minimalis.


#1 Perhatikan Ukurang Ruang Sebelum Meletakkan Meja Makan




Dengan ukuran yang tidak cukup luas, kamu bisa memanfaatkan sedikit ruang agar memiliki ruang makan yang nyaman. Meja persegi panjang dengan bahan dasar kayu yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaikmu. Tidak perlu meja panjang dan besar, asal cukup untuk menaruh beberapa hidangan di atasnya. Tambahkan 2-4 kursi kecil kamu sudah bisa memiliki ruang makan dengan satu set meja makan minimalis.


#2 Meja Makan untuk Berdua




Mengenai yang satu ini, disarankan untuk memilih meja berbentuk bundar sebagai meja makan. Kenapa? Khusus untuk ruangan kecil, meja berbentuk bundar lebih cocok dan akan membuat ruangan tidak terlihat penuh. Desain seperti ini cocok untuk kamu yang baru memulai bahtera rumah tangga. Cukup menambahkan 2 buah kursi, kamu sudah bisa memiliki meja makan yang nyaman untuk menyantap hidangan lezatmu.


#3 Meja dan Kursi Multifungsi




Tenang saja, tidak memiliki lahan luas bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkan ruang makan idamanmu. Dengan meja bundar dan kursi panjang berbentuk L ini, kamu bisa mengubahnya menjadi meja makan sekaligus ruang tamu. Menarik bukan?


#4 Buat Meja Makan di Tengah Ruangan




Coba untuk meletakkan meja makan berbentuk bulat kecil di tengah ruangan. Desain seperti ini akan terasa efektif untuk berkumpul bersama keluarga ketika waktu jam makan tiba. Jika kamu memiliki ruangan sempit, dekorasi ini akan mempermudah kamu untuk tetap menikmati makan tanpa merasakan sempit dan cukup lega dalam memposisikan diri pada meja makan maupun kursi. Berikan pencahayaan yang cukup terang untuk mendukung aktivitas ketika makan bersama. 


#5 Menyatukan Dapur dengan Meja Makan Praktis




Ide terbaik untuk rumah minimalis yaitu dengan menyatukan dapur dan meja makan.  Selain praktis, kamu dapat memanfaatkan ruang sedikit untuk keduanya. Setelah selesai memasak, kamu tidak perlu repot-repot lagi menyajikannya di ruang yang berbeda. Langsung saja hidangkan di meja makan persis di samping dapurmu. Mudah bukan?

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang memiliki ruang terbatas namun ingin memiliki ruang makan. Perlu diingat ya, selain penempatan meja makan, material meja dan kursi juga harus diperhatikan. Kamu bisa memilih meja dan kursi yang terbuat dari kayu. Material berbahan dasar kayu ini mudah dibersihkan serta kuat dan tahan lama. Kamu nggak mau dong mengeluarkan lebih banyak biaya karena barang yang kamu beli kualitasnya tidak baik? Dari segi harga, umumnya meja dan kursi makan berbahan dasar kayu akan jauh lebih mahal, tetapi kualitasnya sangat bagus dan terbukti tahan lama. Bagaimana? Tertarik untuk mengikuti beberapa saran di atas?


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Ide Dapur Serba Hitam, Stylish dan Elegan
KOMPAS.com - Tidak banyak yang tertarik untuk memilih warna hitam sebagai warna utama dalam desain interior rumah mereka, terutama dapur. Namun nyatanya, justru kesan warna gelap inilah yang membuat warna hitam mampu menampilkan dapur yang lebih stylish dan elegan. Dapur warna hitam kini kerap dianggap merepresentasikan gayaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Inspirasi Keren Dapur + Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyaman
KOMPAS.com - Pernah membayangkan punya ruang kerja di dekat dapur? Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk memiliki ruang kerja dekat dengan dapur. Beberapa alasannya antara lain keterbatasan ruang, efisiensi multitasking, mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, ataupun karena imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Nah apapunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
Cara Mudah Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo
Bagi Anda yang mengikuti tren dan tips merapikan isi rumah, tentu nama Marie Kondo pernah terdengar. Perempuan asal Jepang ini semakin dikenal karena acaranya yang sangat populer di Netflix, Tidying Up With Marie Kondo. Metode merapikan rumah yang ia miliki mengundang pembicaraan banyak orang, namun keberhasilannya tidak terbantahkan.Marie Kondo dikenalBaca Selengkapnya