(0)


KOMPAS.com - Melewati masa penjajahan yang sangat panjang, masyarakat Indonesia telah terpengaruh warisan kolonial Belanda.

Tidak hanya makanan, arsitektur menjadi salah satu bagian yang masih bisa kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari hingga kini.

Rumah klasik tradisional Belanda yang khas dan unik membuat banyak orang ingin menerapkan desainnya untuk rumah pribadi.

Ciri khas yang paling mudah ditemukan pada rumah bergaya kolonial adalah penggunaan fasad simetris dengan pintu yang berada di tengah atau sisi kanan.

Permainan garis-garis yang tegas serta detail yang rumit membuat gaya kolonial menjadi desain arsitektur dengan ketelitian tinggi.

Salah satu yang bisa kita lihat adalah desain proyek J House. Rumah yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, ini merupakan sebuah rumah peninggalan zaman kolonial yang kemudian direnovasi dan didesain ulang oleh JW Consultant.

Konsep yang ingin ditawarkan oleh sang desainer adalah fokus pada penggabungan antara desain interior tradisional dengan gaya klasik kontemporer.

Seperti apa? Mari kita cermati!

Ciri Khas Gaya Kolonial yang Masih Dipertahankan

Kamar tidur J House karya JW Consultant
Kamar tidur J House karya JW Consultant (www.arsitag.com)

Rumah bergaya Belanda umumnya tidak memasang langi-langit yang tinggi dan jarang dibuat bertingkat.

Hal ini juga tampak pada suasana interior J House. Bagian interiornya memanfaatkan banyak komponen dari kayu yang tidak hanya memberi kesan klasik, tetapi juga membuat atmosfer terasa hangat.

Ruang makan J House karya JW Consultant
Ruang makan J House karya JW Consultant (www.arsitag.com)

Di sisi lain, Anda bisa menemukan sentuhan klasik lain yang tampak dari lampu gantung yang terdapat hampir di setiap ruangan, seperti di kamar tidur, ruang tamu, hingga ruang makan.

Di ruang makan, tempat lilin yang terpasang di atas meja yang dikelilingi kursi-kursi akan mengingatkan Anda pada sebuah setting film klasik.

Unsur Kayu di Berbagai Sudut

Selasar rumah J House karya JW Consultant
Selasar rumah J House karya JW Consultant (www.arsitag.com)

Kemampuan sang desainer membawa kita kembali ke masa lampau. Desainnya semakin menguatkan kesan klasik dengan pemilihan komponen kayu di berbagai sudut ruangan.

Untuk perabotan, JW Consultant memilih kayu dengan warna gelap. Sementara di beberapa ruangan, ada lantai kayu parket dengan motif tulang ikan yang cantik.

Kamar tidur J House karya JW Consultant
Kamar tidur J House karya JW Consultant (www.arsitag.com)

Unsur kayu lain masih bisa Anda temukan dalam pemilihan beberapa perabotan seperti lemari, meja rias, kursi, hingga ranjang.

Semuanya tampak harmonis dan seimbang tanpa membuat tampilan keseluruhan ruangan tampak berlebihan.

Sentuhan Modern yang Menambah Kesan Elegan

Ruang keluarga J House karya JW Consultant
Ruang keluarga J House karya JW Consultant(www.arsitag.com)

Rumah gaya kolonial sendiri sudah memiliki nilai seni tinggi dengan pemilihan perabotan di dalamnya.

Tanpa meninggalkan kesan kekinian, JW Consultant memasukkan juga unsur kontemporer ke dalam desainnya.

Beberapa aksesoris dengan garis tegas yang simpel adalah contoh sederhana yang bisa ditemukan.

Kamar mandi modern J House karya JW Consultant
Kamar mandi modern J House karya JW Consultant(www.arsitag.com)

Kesan modern yang sesungguhnya baru akan Anda rasakan begitu memasuki area kamar mandi.

Dengan warna utama hitam dan putih, desain kamar mandi J House memancarkan kesan modern sekaligus elegan.

Pemilihan material marmer yang mengkilap serta sebuah cermin bundar berbingkai hitam membuat ruangan ini tampil ideal melengkapi keseluruhan rumah.

Bangunan bergaya kolonial Belanda, baik yang merupakan bangunan peninggalan ataupun yang sengaja dibuat dengan gaya kolonial, masih banyak kita temukan hingga kini.

Gaya khas yang ditonjolkan membuat rumah dengan warisan kolonial tampak khas sekaligus memiliki nilai seni tinggi.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 November 2019
Jangan Investasi Properti jika 5 Hal Ini Tak Terpenuhi
KOMPAS.com - Dengan tren dan proyeksi harga yang selalu naik, properti adalah salah satu instrumen investasi yang selalu diminati. Karakteristik properti memang tidak secair instrumen-instrumen lain seperti saham, Surat Utang Negara (SUN), atau logam mulia. Walaupun begitu, properti juga punya daya tariknya tersendiri. Selain bisa ditempati sendiri oleh Anda atau keluarga,Baca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 November 2019
Otentik! Hunian Sekaligus Galeri Seni yang Elegan dan Berkelas
KOMPAS.com - Interior minimalis warna hitam mungkin tidak terdengar begitu menarik. Banyak orang beranggapan bahwa penggunaan warna gelap seperti hitam akan menyerap energi yang ada di sekelilingnya.Padahal kenyataannya, warna gelap yang tegas dapat memberikan atmosfer unik yang berbeda. Dipadu dengan penataan yang pas dan sesuai, karakter warna ini justru akan memberikan kesan modernBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 November 2019
Desain Apartemen untuk Para Pecinta Kucing
KOMPAS.com - Beragam hal, rela dilakukan oleh para pecinta kucing untuk hewan kesayangannya. Salah satunya, membuatkan pintu kucing sebagai akses keluar masuk hewan menggemaskan yang satu ini. Seperti yang terlihat jelas di sebuah apartemen yang berada di Paris. Kali ini kita akan melihat uniknya renovasi apartemen minimalis Sacha yang berlokasiBaca Selengkapnya