Spinner Icon

Rumah Terasa Sempit karena Salah Pilih Penyekat Ruangan

Author Image
Info Terbaru · 2 September 2021
Table of Contents:

Penyekat ruangan adalah papan atau tembok yang digunakan untuk memisahkan satu ruang dengan ruang yang lain. Adanya pemisahan ini ditujukan sebagai pembeda dari fungsi setiap ruangan. Namun, ada kalanya, pada ruang yang sempit tidak memungkinkan untuk diterapkan penyekat yang permanen, sebagai antisipasi atas kebutuhan dengan ruang yang lebih besar. 

Pemilihan fungsi penyekatan ruangan yang berbeda-beda dipengaruhi dari banyak faktor, misalnya seperti fungsi, jumlah anggota keluarga dan luas rumah. Pertimbangan ini harus dilakukan sejak awal pembangunan rumah. Berdasarkan fleksibilitasnya, penyekat ruangan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu permanen, semi permanen dan tidak permanen.


Penyekat Ruangan Permanen 


(Foto oleh Andy Art dari Unsplash)


Tembok merupakan salah satu penyekat ruangan yang permanen. Namun penyekat ruang permanen tidak selalu merujuk pada sesuatu yang tidak transparan, melainkan pada pemasangannya yang tidak dapat dipindahkan sama sekali. Pada contoh dinding kaca, meskipun kamu dapat melihat apa yang terjadi di ruangan sebelah, kamu tetap terpisah secara fungsional.


Penyekat Ruangan Semi Permanen yang Leluasa digerakkan


(www.archdaily.com)


Penyekat ruangan yang semi permanen tidak dapat dipindahkan tempatnya. Penyekat ini dapat digerakkan atau diputar pada arah tertentu, namun titik tumpuannya tidak berpindah. Kamu bisa menerapkan sistem ini misalnya pada ruang musik di rumah yang membutuhkan ruang kedap udara, tetapi dapat membukannya jika ingin membuat pertunjukan kecil-kecilan dari studio di rumah pada teman atau keluarga. 

Solusi penyekat ruangan ini adalah bisa memberikan ruang yang luas ketika kamu membutuhkannya. Jika dalam ruangan kecil dapat menampung kebutuhanmu, kamu dapat menutupnya. Singkatnya, kamu dapat membuka dan menutup sekat ruangan ini sesuai kebutuhanmu. 


Penyekat Ruangan Tidak Permanen yang Leluasa dipindahkan


(www.archdaily.com)


Terakhir adalah penyekat ruangan yang tidak permanen. Jenis penyekatan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki rumah yang tidak cukup luas, sehingga kamu dapat mengaturnya sesuai keinginanmu. Pada dasarnya, sifat yang cenderung membatasi bisa hilang ketika sekat-sekat ini dipindahkan. Kamu bisa menggunakan banyak macam jenis sekat dalam jenis ini, seperti papan kayu, tanaman yang berjajar vertikal, bahkan lemari atau rak buku. Kamu dapat lebih berkreasi dengan sekat-sekat ini tergantung kreativitasmu.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua