Spinner Icon

Satu Ruang Banyak Skenario

Author Image
Info Terbaru · 13 Februari 2017
Housing-Estate.com, Jakarta - Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di apartemen mungil? Banyak. Anda bisa memanfaatkan ruang dengan beragam fungsi layaknya di rumah biasa dengan sedikir leluasa. Sedikitnya ada tiga skenario fungsi ruang yang disiapkan dalam unit apartemen studio seluas sekitar 18 m2 (net) atau 3×6 m2 ini. Yakni, sebagai ruang publik, ruang privat, hingga area servis. Seperti sebuah adegan film, set ruang bisa disesuaikan untuk setiap skenario aktivitas yang ingin dilakukan. Menarik bukan? Berikut ulasannya untuk menjadi inspirasi Anda.


Ruang Tamu. Jika ada tamu berkunjung, area tengah bisa disulap menjadi area publik sebagai ruang tamu dengan memanfaatkan empat buah poeff berukuran 40x40x45 cm dari dekat jendela dan mengeluarkan sebuah coffee table yang tersimpan di sudut ruangan. Meja bisa diset pendek seukuran poeff atau memanjang menjadi berukuran 60x40x50 cm dengan menarik sisi tambahan di kiri dan kanan.


Satu-Ruang-Banyak-Skenario-2


Ruang tidur. Waktu istirahat di sore atau malam hari adalah saatnya menempatkan ranjang di tengah ruang. Furnitur ranjang berukuran 120×200 cm yang terintegrasi ke dinding cukup ditarik ke depan dengan menempatkan kaki di bagian bawah depan. Jika diperlukan, meja makan bisa dialihfungsikan menjadi meja kerja dengan memanfaatkan ranjang sebagai tempat duduknya.


Satu-Ruang-Banyak-Skenario-3


Ruang Makan & Dapur Area meja makan bisa diset untuk pagi hari, siang hari dan malam hari. Daun meja makan dilipat menyatu dengan ranjang dan kabinet untuk kulkas satu pintu di baliknya. Ketika daun meja selebar 70 cm yang terangkai dengan kaki meja dilepaskan dan dijatuhkan ke lantai, maka ruang makan tercipta. Aksen cermin tersingkap di ujung meja memberi efek meluas. Lengkapi meja dengan poeff yang ditarik dari dekat jendela. Dapur di sisi meja makan dilengkapi dengan area penyimpanan di bagian atas dan bawah. Tambahan kabinet fleksibel, bisa ditarik keluar sebagai area ekstra untuk meja dapur.


Ruang Baca-Area Servis Sudut ruang dekat jendela ini menampung dua fungsi sekaligus, sebagai area duduk untuk membaca dan area servis untuk menjemur serta menyetrika. Caranya, tarik sebagian sisi kabinet mengikuti rel di sisi atas, lepaskan bidang lipatan menjadi meja setrika berukuran 40×80 cm, dan pasang tiang besi horizontal di tengah sebagai penguat serta tempat menggantung pakaian. Lemari ramping vertikal di sisi samping difungsikan sebagai gudang untuk menaruh barang-barang yang cukup besar, seperti tangga lipat.


Area Penyimpanan


Lemari pakaian terdiri dari dua kompartemen terpisah untuk pakaian terlipat dan digantung.
Poeff multifungsi sebagai kabinet dan bagian dudukan bisa dilepaskan.
Meja tamu bisa diperpanjang dengan tambahan laci terbuka di sisi kanan dan kiri.
Rak-rak terbuka di balik deretan poeff bisa dimanfaatkan untuk area penyimpanan.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua