Segala Hal Tentang KPR Rumah Inden

27 December 2016 09:30:00
KPR rumah Inden adalah sebuah program KPR yang dapat dipakai calon debitur untuk memiliki rumah yang belum sepenuhnya selesai. Jadi misalnya Anda membeli rumah Anda di bulan Desember ini, rumah tersebut bisa saja baru siap dihuni pada tahun 2017 nanti. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda benar-benar hendak mengajukan permohonan KPR untuk rumah inden.

Karena rumah yang Anda beli belum benar-benar selesai, selalu ada kemungkinan bahwa rumah yang Anda beli tadi tidak sesuai dengan harapan Anda. Lebih parah dari hal itu, rumah yang Anda beli tadi bisa jadi tertunda penyelesaiannya atau bahkan gagal selesai.

Risiko dari masalah ini sebenarnya bisa diperkecil jika Anda bisa memastikan bahwa pengembang dari rumah yang hendak Anda beli tadi memiliki rekam jejak yang baik. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mencari informasi dari bagaimana proyek-proyek mereka sebelumnya, apakah hasilnya memuaskan atau tidak?

Anda juga sebaiknya melihat bukti fisik dokumen-dokumen resmi dari rumah yang  hendak Anda beli tadi, agar tidak tersangkut masalah di kemudian. Gunakanlah jasa notaris atau ahli hukum lainnya agar Anda dapat benar-benar yakin bahwa rumah tadi sudah bersih di mata hukum.

Cara lain untuk memperkecil risiko ini dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan pengembang yang sudah dipercaya oleh pihak bank, seperti BTN, karena umumnya kerja sama yang dilakukan antara bank dan pengembang sudah melalui proses uji kelayakan oleh pihak bank tadi (di mana di dalamnya ada ketentuan-ketentuan khusus yang bisa merugikan pihak pengembang jika dilanggar).

Tentunya, di balik risiko tadi ada keuntungan yang bisa didapat oleh konsumen, jika mereka mau mengambil risiko tadi. 

Salah satu keuntungan yang cukup signifikan adalah rumah inden, umumnya ditawarkan dengan harga yang lebih ringan daripada rumah yang sudah jadi. Hal ini akan semakin berpengaruh ketika Anda membeli rumah tadi secara KPR.

Kelebihan lainnya adalah, karena rumah tadi masih belum selesai, masih ada kesempatan untuk Anda menyesuaikan desain rumah tadi sesuai keinginan Anda. Anda bisa menggunakan jasa arsitek atau desain interior pilihan Anda, agar rumah Anda kemudian dibangun dengan desain yang indah dan sesuai dengan keinginan Anda.

Berbicara tentang arsitek dan desain interior, Anda pun dapat menemukan arsitek atau desain interior tepercaya yang dapat membantu Anda merealisasikan rumah impian Anda tadi lewat fitur Komunitas Properti yang dapat Anda temukan di situs BTN Properti.
Tags

Artikel Terkait

Segala Hal Tentang KPR Rumah Inden

KPR rumah Inden adalah sebuah program KPR yang dapat dipakai calon debitur untuk memiliki rumah yang belum sepenuhnya selesai. Jadi misalnya Anda membeli rumah Anda di bulan Desember ini, rumah tersebut bisa saja baru siap dihuni pada tahun 2017 nanti. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda benar-benar hendak mengajukan permohonan KPR untuk rumah inden.Karena rumah yang Anda beli belum benar-benar selesai, selalu ada kemungkinan bahwa rumah yang Anda beli tadi tidak sesuai dengan harapan Anda. Lebih parah dari hal itu, rumah yang Anda beli tadi bisa jadi tertunda penyelesaiannya atau bahkan gagal selesai.Risiko dari masalah ini sebenarnya bisa diperkecil jika Anda bisa memastikan bahwa pengembang dari rumah yang hendak Anda beli tadi memiliki