(0)

Segala Hal Tentang KPR Rumah Inden
Tips Pengajuan KPR | 27 Desember 2016
KPR rumah Inden adalah sebuah program KPR yang dapat dipakai calon debitur untuk memiliki rumah yang belum sepenuhnya selesai. Jadi misalnya Anda membeli rumah Anda di bulan Desember ini, rumah tersebut bisa saja baru siap dihuni pada tahun 2017 nanti. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda benar-benar hendak mengajukan permohonan KPR untuk rumah inden.

Karena rumah yang Anda beli belum benar-benar selesai, selalu ada kemungkinan bahwa rumah yang Anda beli tadi tidak sesuai dengan harapan Anda. Lebih parah dari hal itu, rumah yang Anda beli tadi bisa jadi tertunda penyelesaiannya atau bahkan gagal selesai.

Risiko dari masalah ini sebenarnya bisa diperkecil jika Anda bisa memastikan bahwa pengembang dari rumah yang hendak Anda beli tadi memiliki rekam jejak yang baik. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mencari informasi dari bagaimana proyek-proyek mereka sebelumnya, apakah hasilnya memuaskan atau tidak?

Anda juga sebaiknya melihat bukti fisik dokumen-dokumen resmi dari rumah yang  hendak Anda beli tadi, agar tidak tersangkut masalah di kemudian. Gunakanlah jasa notaris atau ahli hukum lainnya agar Anda dapat benar-benar yakin bahwa rumah tadi sudah bersih di mata hukum.

Cara lain untuk memperkecil risiko ini dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan pengembang yang sudah dipercaya oleh pihak bank, seperti BTN, karena umumnya kerja sama yang dilakukan antara bank dan pengembang sudah melalui proses uji kelayakan oleh pihak bank tadi (di mana di dalamnya ada ketentuan-ketentuan khusus yang bisa merugikan pihak pengembang jika dilanggar).

Tentunya, di balik risiko tadi ada keuntungan yang bisa didapat oleh konsumen, jika mereka mau mengambil risiko tadi. 

Salah satu keuntungan yang cukup signifikan adalah rumah inden, umumnya ditawarkan dengan harga yang lebih ringan daripada rumah yang sudah jadi. Hal ini akan semakin berpengaruh ketika Anda membeli rumah tadi secara KPR.

Kelebihan lainnya adalah, karena rumah tadi masih belum selesai, masih ada kesempatan untuk Anda menyesuaikan desain rumah tadi sesuai keinginan Anda. Anda bisa menggunakan jasa arsitek atau desain interior pilihan Anda, agar rumah Anda kemudian dibangun dengan desain yang indah dan sesuai dengan keinginan Anda.

Berbicara tentang arsitek dan desain interior, Anda pun dapat menemukan arsitek atau desain interior tepercaya yang dapat membantu Anda merealisasikan rumah impian Anda tadi lewat fitur Komunitas Properti yang dapat Anda temukan di situs BTN Properti.

Baca Artikel Terkait
Tips Pengajuan KPR | 5 Oktober 2017
6 Cara Jitu Mengumpulkan DP Rumah Dalam Waktu Singkat
Pemerintah menyediakan rumah subsidi di Jakarta untuk warga Ibukota. Ini ada 7 rumah subsidi di Jakarta terbaru hadir dengan harga terjangkau untuk anda.Sejak beberapa tahun terakhir, proses kepemilikan rumah pribadi menjadi semakin mudah. Bahkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk memiliki rumah. Karena pemerintah sudah mencanangkanBaca Selengkapnya
Tips Pengajuan KPR | 5 Oktober 2017
Persyaratan yang Wajib Dipenuhi Saat Mengajukan KPR Subsidi
Rumah subsidi diberikan oleh pemerintah bagi masyarakat kecil mempunyai rumah dengan mudah. Ini Daftar Rumah Subsidi Jabodetabek Terbaru Tahun Ini.Hunian pribadi merupakan salah satu kebutuhan primer yang tak selalu bisa diwujudkan semua orang. Faktanya, beberapa tahun lalu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) masih sulit memiliki hunian pribadi yang layak. Sebagian besarBaca Selengkapnya
Tips Pengajuan KPR | 3 Oktober 2017
Lakukan Hal-Hal Ini Agar Pengajuan KPR Lekas Disetujui Bank
Beragam perumahan di pinggiran Jakarta masih menjadi pilihan banyak orang untuk beli rumah. Ini daftar harga rumah subsidi Tangerang, Bekasi, dan Bogor.Baca Selengkapnya