Spinner Icon

Smart Home System Untuk Hidup Lebih Nyaman dan Praktis

Author Image
Info Terbaru · 17 September 2021
Table of Contents:

Kecanggihan teknologi semakin memudahkan kehidupan manusia. Setiap perangkat dalam rumah bisa dikontrol dengan mudah melalui integrasi teknologi. Ada berbagai macam cara untuk mengontrol teknologi dalam smart home system, yaitu dengan menggunakan gawai, sensor ataupun perintah suara. Setiap perangkat yang dikontrol memiliki cara yang berbeda-beda. Maka, kamu harus benar-benar memperhatikan kemampuan yang dapat dilakukan setiap perangkat dalam smart home system.


Smart Home System yang Praktis dan Mudah digunakan


(Sebastian Scholz dari Unsplash)

Smart home system memampukan penggunanya untuk mengontrol banyak perangkat di rumah melalui gawai. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan antara lain, mengatur cahaya, suhu ruangan, perabotan rumah, hingga sistem alarm pengaman rumah. Keunggulan ini semakin memanjakan manusia. Misalnya, biasanya jika kamu ingin mematikan tv, kamu harus mencari dimana remote televisi berada. Saat ini, kamu hanya cukup meraih handphone di dekatmu untuk mematikannya. 

Konsep smart home system akan menjamin kamu untuk merasa lebih nyaman karena praktis digunakan. Sistem ini sekaligus merupakan solusi untuk mengatasi keteledoran yang sering kamu lakukan, seperti lupa mematikan lampu atau mengunci pintu. Ketika sudah melakukan pengecekan dalam sistem ini melalui gawai, kamu akan merasa lebih tenang. 

Contoh penerapan smart home system lainnya yang tidak perlu penggunaan perangkat gawai adalah penggunaan lampu LED dengan sensor gerak. Lampu LED akan otomatis menyala jika ada gerak manusia yang menutupi sensornya, dan otomatis kembali mati ketika tidak ada gerakan yang ditangkap sensor.


Smart Home System dengan menggunakan Robot


(Kowon VN dari Unsplash)

Kegiatan membersihkan dapat dilakukan dengan satu sentuhan. Tidak lagi menggunakan sapu, melainkan dengan robot pembersih ruangan. Robot ini dapat beroperasi sendiri tanpa dikendalikan secara terus menerus oleh manusia. Ketika daya baterai akan habis, maka robot ini akan otomatis langsung kembali ke stasiun pengisian baterainya sendiri. 

Setiap robot pembersih memiliki ukuran dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikannya sebelum membeli agar tidak terjadi salah pembelian. Kepraktisan ini membantumu untuk menjaga rumahmu agar tetap rapi meskipun tetap harus menyelesaikan banyak pekerjaan. 

Selain pembersih lantai, terdapat juga robot pembersih kolam renang. Pada prinsipnya, robot ini memiliki kesamaan untuk bersih-bersih. Hanya tempat yang dibersihkan yang membedakannya. Kabel yang digunakan dapat berputar 360 derajat, maka tidak akan mungkin kusut. Sehingga kamu tidak perlu khawatir. 

Meskipun smart home system merupakan alat yang sangat canggih yang berkaitan erat dengan energi listrik dan jaringan internet. Kamu harus tetap mempersiapkan resiko yang mungkin terjadi ketika terjadi masalah.





Referensi:

www.99.co/id

www.dekoruma.com


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua