Spinner Icon

Ternyata Alasan Sepele Ini Membuat Orang Enggan Mengajukan KPR

Author Image
Info Terbaru · 3 November 2017
Proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini memang semakin mudah. Karena pemerintah sudah bekerja sama dengan bank dan pengembang properti untuk program KPR rumah subsidi. Hasilnya, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pun bisa memiliki rumah pribadi tanpa beban cicilan yang terlalu besar.


Kendati demikian, masih banyak orang yang enggan mengajukan KPR karena alasan-alasan sepele. Padahal alasan tersebut belum tentu tepat sesuai dengan realita proses KPR.


Tidak Memahami Proses Pengajuan KPR


Tak dapat dipungkiri bahwa pemahaman MBR tentang proses pengajuan KPR masih terbilang rendah. Hal inilah yang membuat penyaluran rumah subsidi tidak berjalan sesuai target. Faktanya, justru banyak MBR yang belum memanfaatkan program tersebut. Karena tak sedikit masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas yang membeli rumah subsidi dengan tujuan investasi.


Uang Muka KPR Terlalu Besar


Uang muka atau Down Payment (DP) KPR juga kerap menjadi keluhan utama masyarakat. Padahal sebenarnya uang muka KPR rumah subsidi hanya berkisar di angka 1% hingga 7,5% dari total harga rumah. Bantuan uang muka KPR sebesar 1% bisa diperoleh oleh MBR yang sudah memenuhi syarat pengajuan KPR. Kalau Anda berniat mengajukan KPR dalam waktu dekat, gunakan sistem simulasi KPR untuk menghitung perkiraan uang muka dan jumlah cicilan yang wajib dibayar.


Pekerja Informal Kekurangan Informasi


Dahulu, proses KPR memang membutuhkan slip gaji dan surat keterangan kerja sebagai salah satu syarat utama. Karena persyaratan tersebut mengindikasikan bahwa pihak pengaju KPR mampu membayar cicilan secara lancar. Namun kini pekerja informal juga mendapat kesempatan yang sama untuk memiliki rumah pribadi. Para pekerja informal dapat membentuk asosiasi satu profesi dan memenuhi syarat minimal pendapatan per bulan. Maka pihak bank pun bisa memproses pengajuan KPR secara praktis dan cepat.


Lokasi Rumah Subsidi yang Kurang Strategis


Beberapa tahun yang lalu, pembangunan rumah subsidi memang lebih banyak difokuskan di daerah terpencil. Tetapi hal tersebut kini semakin membaik. Daerah-daerah penyangga ibu kota dan berbagai kota besar di Indonesia mulai dibidik sebagai lokasi pembangunan rumah subsidi. Sehingga Anda lebih leluasa mengajukan KPR rumah subsidi di sekitar daerah tempat tinggal atau tempat bekerja Anda.


Bila Anda berniat untuk mengajukan KPR, jangan tunda lagi keinginan tersebut. Siapkan semua syarat pengajuan KPR agar prosesnya berlangsung cepat dan lancar. Supaya Anda bisa segera memenuhi kebutuhan untuk memiliki hunian pribadi. Mari manfaatkan program KPR rumah subsidi untuk masa depan yang lebih cemerlang.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua