(0)


Sebagian dari kamu pasti memiliki tanaman hias entah di pekarangan rumah atau di dalam rumah. Ternyata, tanaman hias yang berada pada rumahmu menyimpan segudang manfaat untuk tempat tinggalmu di antaranya adalah dapat membuat rumah lebih cantik dan sejuk. Dengan meletakkan tanaman hias tadi di beberapa tempat yang cocok, serta memberikan pot dengan ukuran yang sesuai, tanaman hiasmu akan memancarkan pesona yang menawan. Tapi tahukah kamu, selain menambah nilai estetik pada rumah, beberapa dari tanaman hias juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatanmu. Penasaran? Pastikan untuk terus baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.


#1 Kaktus



Tanaman yang satu ini sering dijadikan dekorasi interior pada rumah. Tidak lain dikarenakan bentuknya yang unik dengan ukurannya yang beragam, tanaman ini juga kerap dijadikan hiasan untuk sebuah ruangan. Tidak banyak yang mengetahui bahwa tanaman kaktus memiliki beberapa manfaat seperti mengusir bakteri dan polusi yang terdapat pada ruangan. Uniknya lagi, duri yang terdapat pada kaktus memiliki kegunaan dalam menangkap debu ruangan. Merawatnya pun sangatlah mudah, hanya dengan meletakkannya di dalam ruangan rumahmu yang terkena sinar matahari, serta melakukan penyiraman satu kali dalam seminggu untuk menjaga kelembapan. Perhatikan juga potnya agar tidak membuat rumahmu tampak berantakan.


#2 Monstera



Untuk kamu yang menyukai tanaman unik dengan warna kehijauan, tanaman yang satu ini mungkin bisa kamu miliki untuk mendekorasi interior rumahmu. Yap, tanaman Monstera bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan nuansa alami pada rumah. Tanaman Monstera sendiri memiliki dua jenis, namun gambar di atas merupakan contoh dari tanaman Monstera Deliciosa sedangkan jenis lainnya bernama Monstera Obliqua. Kedua jenis tanaman ini sama saja, yang membedakannya adalah dari segi bentuk daunnya.

Monstera Deliciosa memiliki daun yang lubangnya membelah helai daun dengan pola memanjang sedangkan Monstera Obliqua memiliki lubang pada daunnya sendiri. Keduanya sangat cocok diletakkan di kamar maupun ruang tamu yang bernuansa alam atau bertema hutan. Jangan salah, tanaman hias ini juga memiliki manfaat yang positif yaitu dapat menghasilkan oksigen pada malam hari. Jadi sangat tepat jika kamu meletakkannya di kamar.

Mengenai perawatannya, tanaman yang satu ini hanya membutuhkan tempat yang lembab dan pastikan cahaya yang menyinarinya cukup. Kalau terlalu banyak terkena sinar matahari atau air, bisa-bisa daunnya menjadi menguning atau berwarna hijau pekat. Untuk itu disarankan agar lebih berhati-hati dalam merawat tanaman yang satu ini.


#3 Lidah Buaya



Pastinya kamu sudah tahu kalau tanaman lidah buaya yang satu ini sudah sejak lama dikenal banyak orang. Selain dapat memperindah ruangan di rumahmu, lidah buaya juga sudah terkenal sejak dulu akan khasiatnya yang baik untuk tubuh. Di beberapa negara, aloe vera atau lidah buaya dimanfaatkan sebagai penghilang bekas luka dan dijadikan bahan dasar untuk kosmetik. Tak jarang aloe vera dibuat untuk dikonsumsi sebagai minuman atau makanan berbentuk agar-agar. Bentuknya yang unik dan kaku juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman hias pada rumah. Perawatannya juga sangat mudah, letakkan lidah buaya pada pot berukuran sedang lalu letakkan di sudut rumah atau di bawah jendela agar lidah buaya mendapatkan cahaya yang cukup dari sinar matahari.


#4 Tanaman Lidah Mertua


(images from:i.pinimg.com)


Kalau dari bentuknya pasti kalian pernah melihatnya, namun pasti sebagian dari kalian baru tahu kalau tanaman ini bernama lidah mertua atau Sansevieria. Tanaman ini memiliki ciri daun yang memanjang dan berwarna hijau dengan sentuhan warna agak kekuningan di pinggirnya. Tanaman hias ini sangat terkenal dikalangan pecinta tanaman hias lho. Jadi kalau kamu pecinta tanaman hias sudah pasti tidak asing dengan tanaman yang satu ini.

Jika diletakkan dalam rumah, tanaman ini dapat memberikan manfaat positif karena helai daun tanaman ini memiliki kekuatan untuk menyerap berbagai polutan yang terdapat pada ruangan di rumahmu. Cara merawatnya juga cukup mudah yaitu dengan meletakkan tanaman hias ini di tempat yang kamu inginkan dan menyiram tanaman tersebut setidaknya seminggu 2 kali. Agar tetap hidup, jangan lupa untuk disinari oleh cahaya matahari selama 2 jam. Selain dapat mempercantik rumah, tanaman lidah mertua ternyata menyimpan manfaat yang baik ya!


#5 Peace Lily


(images from:i.pinimg.com)


Dari gambar di atas, kita bisa merasakan pesona yang mengagumkan dari tanaman hias ini dan bisa dibilang, Peace Lily merupakan tanaman yang paling menarik hati. Bagaimana tidak? Warna dan bentuk daun dari tanaman Peace Lily ini sangat cantik apalagi bentuk daunnya yang kecil dan mengkilap dihiasi dengan bunga berwarna putih yang manis, merupakan perpaduan yang luar biasa indah dan cocok sebagai penghias ruangan. 

Tanaman Peace Lily ini merupakan tanaman yang dapat diletakkan di luar rumah maupun di dalam rumahmu. Jadi, semua kembali lagi ke selera masing-masing ingin menempatkannya di mana. Jangan salah, Peace Lily juga menyimpan manfaat yang sangat positif yaitu dapat menyerap gas beracun serta polutan dalam rumah. Dengan kemampuan tersebut, tentu saja tanaman ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di Ibu kota.

Di balik penampilannya yang menawan, ternyata Peace Lily dapat menyerap polutan tersebut. Lalu, secara tidak langsung Peace Lily ini dapat membersihkan udara ruangan secara alami. Untuk merawat Peace Lily juga cukup mudah, yaitu dengan menyiramnya setiap hari dan meletakkannya pada tempat yang memiliki cahaya yang cukup. Bagaimana tertarik memiliki Peace Lily ini?

Setelah membaca artikel ini, ternyata selain berfungsi untuk memperindah ruangan tanaman hias juga bisa memberikan manfaat pada rumah. Kalau ingin rumahmu selalu dalam kondisi segar, yuk mulai hias rumahmu dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat seperti di atas.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Ide Dapur Serba Hitam, Stylish dan Elegan
KOMPAS.com - Tidak banyak yang tertarik untuk memilih warna hitam sebagai warna utama dalam desain interior rumah mereka, terutama dapur. Namun nyatanya, justru kesan warna gelap inilah yang membuat warna hitam mampu menampilkan dapur yang lebih stylish dan elegan. Dapur warna hitam kini kerap dianggap merepresentasikan gayaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Inspirasi Keren Dapur + Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyaman
KOMPAS.com - Pernah membayangkan punya ruang kerja di dekat dapur? Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk memiliki ruang kerja dekat dengan dapur. Beberapa alasannya antara lain keterbatasan ruang, efisiensi multitasking, mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, ataupun karena imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Nah apapunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
Cara Mudah Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo
Bagi Anda yang mengikuti tren dan tips merapikan isi rumah, tentu nama Marie Kondo pernah terdengar. Perempuan asal Jepang ini semakin dikenal karena acaranya yang sangat populer di Netflix, Tidying Up With Marie Kondo. Metode merapikan rumah yang ia miliki mengundang pembicaraan banyak orang, namun keberhasilannya tidak terbantahkan.Marie Kondo dikenalBaca Selengkapnya