Spinner Icon

Tips Renovasi Rumah Anti Gagal

Author Image
Info Terbaru · 9 September 2021
Table of Contents:

Pandemi secara tidak langsung memaksa sebagian banyak orang untuk banyak beraktivitas di dalam rumah. Oleh karena periode yang lama ketika berada di rumah, kamu mungkin menyadari bahwa ada bagian-bagian di rumahmu yang perlu diperbaiki. Perbaikan ringan mungkin dapat kamu lakukan sendiri, tetapi mungkin ada perbaikan yang mungkin dilakukan dengan skala yang lebih besar. 

Melakukan renovasi rumah pada masa pandemi harus direncanakan dengan matang. Sehingga, biaya yang dikeluarkan bisa tepat guna dan efektif. Perencanaan yang asal-asalan akan berdampak pada pemborosan anggaran dan waktu yang terulur lama.


Mulai Renovasi Rumah dengan Perencanaan yang Matang


(Foto oleh Daniel McCullough dari Unsplash)

Tahap perencanaan adalah langkah awal yang penting dalam pembangunan atau renovasi rumah. Perencanaan terkait dengan desain dan biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah hunian. Perencanaan yang dilakukan dengan matang akan berpengaruh pada ketepatan waktu penyelesaian dan anggaran pengeluaran yang relatif lebih aman dari pembengkakan. 

Dalam tahapan perencanaan, sebaiknya kamu memilih arsitek yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik. Sehingga, ia dapat memberikan alternatif solusi terbaik yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Kalau biro arsitek yang kamu pilih memiliki jaringan kontraktor bangunan yang biasa diajak bekerja sama, itu akan menguntungkanmu. Ikatan kerjasama yang baik antara arsitek dan developer akan memperlancar proses renovasi rumah yang kamu rencanakan.


Hindari Renovasi Rumah pada Musim Hujan

(Foto oleh Anna Atkins dari Unsplash)

Kebocoran rumah karena hujan merupakan hal yang dikhawatirkan banyak orang. Lakukan pengecekan dan segera lakukan perbaikan rumah jika diperlukan, segera sebelum musim hujan tiba. Mungkin ketika musim hujan datang, kamu baru menyadari titik-titik mana saja yang perlu diperbaiki. Tidak perlu pusing, renovasi rumah di musim hujan tetap dapat dilakukan, dengan strategi tertentu. Supaya jika hujan tiba ketika proses renovasi, air tidak masuk ke dalam rumah.


Renovasi Rumah Secara Bertahap

(Foto oleh Kelly Lacy dari Pexel)

Jangan terburu-buru melakukan renovasi rumah tanpa perencanaan yang matang. Kamu harus menyesuaikan anggaran dengan kondisi keuanganmu. Kalau memang renovasi rumah harus dilakukan sekarang dengan anggaran yang terbatas, kamu bisa melakukannya secara bertahap. Pembangunan secara bertahap akan membantumu untuk menghindari proyek yang mangkrak karena kehabisan dana. Pertimbangkan penggunaan bahan yang berkualitas sehingga bangunan bisa lebih tahan lama. 

Lakukan pembangunan secara bertahap dengan mempertimbangkan prioritas. Misalnya, kamu ingin merenovasi seluruh kamar mandi di rumahmu. Kamu tidak mungkin melakukannya secara bersamaan, karena kamar mandi masih digunakan untuk keperluan primer.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua